Tips Menggunakan Glitter Eyeshadow Agar Terlihat Menawan

Sebagai pecinta makeup, tentu Anda tidak asing lagi dengan eyeshadow. Ada beragam jenis eyeshadow, masing-masing akan menghasilkan makeup look yang berbeda. Ada glitter eyeshadow, matte, shimmer, cream, hingga satin eyeshadow. 

Untuk mengenal masing-masing jenis eyeshadow ini, simak artikel ini hingga akhir ya!

Jenis-jenis Eyeshadow Berdasarkan Hasil Akhirnya

  1. Matte eyeshadow

Matte eyeshadow ini cukup penting dalam dunia permakeup-an. Sebab, fungsinya sebagai warna transisi. Selain itu, warnanya tidak terlalu mencolok sehingga disukai banyak orang.

  1. Cream eyeshadow

Eyeshadow bertekstur cream ini biasanya punya kelebihan dari sisi ketahanan karena bisa lebih lama dan bisa untuk semua jenis kulit, kering maupun berminyak. Cream eyeshadow juga praktis saat diaplikasikan karena mudah di blend, bahkan dengan jari sekalipun. Apalagi buat pemula, cream eyeshadow ini cocok digunakan.

  1. Glitter eyeshadow

Glitter eyeshadow biasanya punya partikel glitter yang besar, sangat mudah fall out saat digunakan. Agar glitter eyeshadow menempel dengan mudah, maka perlu menggunakan primer sebelumnya.

  1. Satin eyeshadow

Eyeshadow satin biasanya memiliki hasil akhir antara shimmer dan matte eyeshadow. Bahkan bila terkena sinar lampu, akan terlihat glossy eye look. Eyeshadow satin finish bisa digunakan di kelopak mata dan tulang alis sehingga membuat mata Anda lebih berdimensi. 

  1. Shimmer eyeshadow

Shimmer eyeshadow merupakan tipe eyeshadow yang bisa dibilang cocok untuk hampir semua tampilan makeup. Apalagi jika dipakai untuk menghadiri acara spesial. 

Tekstur dari glitter eyeshadow ini lembut dengan adanya kelip glitter yang memukau. Tipsnya, Anda bisa menggunakan shimmer eyeshadow berwarna cerah agar tampil secara natural dengan kesan manis. Bisa juga menggunakan warna gelap untuk tampilan yang mewah dan lebih berani.

Tips Menggunakan Eyeshadow Glitter

  • Gunakan primer sebelum menggunakan glitter eyeshadow

Sebelum mengaplikasikan glitter eyeshadow, maka perlu untuk menggunakan primer di area wajah agar eyeshadow yang dipakai lebih menempel dan tahan lama. Apalagi buat Anda yang punya area kelopak mata yang mudah berminyak. 

Anda perlu menggunakan eyeshadow primer khusus untuk glitter jika glitter eyeshadow yang digunakan bersifat crumbly. 

  • Gunakan base eyeshadow dengan warna senada

Jika masih bingung mengaplikasikan glitter eyeshadow, Anda bisa mulai dengan mengaplikasikan loose glitter. Untuk meratakan, sebaiknya gunakan eyeshadow berwarna senada untuk base sebelum menggunakan bubuk glitter.

Penggunaan base dengan warna senada ini untuk membuat tampilan Anda tanpa celah bila penggunaan bubuk glitter tidak merata. Sehingga nantinya warna kulit asli tidak terlihat karena tertutup base berwarna sama. 

  • Gunakan perekat

Eyeshadow glitter bubuk ini biasanya berbeda dari eyeshadow biasa yang akan langsung menempel di kelopak mata. Sehingga akan diperlukan perekat sehingga bubuk glitter menempel di kulit. 

Anda bisa mencoba menggunakan eye primer khusus untuk glitter sehingga tampilan makeup Anda untuk area mata jadi lebih cantik. 

  • Gunakan kuas yang sudah dibasahi

Untuk mengaplikasikan eyeshadow glitter bubuk, bisa dengan menggunakan synthetic flat eyeshadow brush. Basahi kuas terlebih dahulu akan bubuk glitter lebih menempel saat diambil.

Bila kuas tidak dibasahi, akan membuat bubuk glitter sulit menempel, justru membuat bubuk glitter jadi berhamburan. Setelah itu, aplikasikan ke area kelopak mata dan baurkan secara merata.

  • Gunakan warna eyeshadow yang netral untuk pemula

Untuk mengurangi tingkat kesalahan, sebaiknya Anda menggunakan warna-warna yang aman seperti silver atau gold untuk tampilan yang natural. Warna netral ini tidak akan terlalu terlihat jika tidak rapi saat membaurkan. 

  • Selesaikan makeup di area mata terlebih dahulu

Saat ingin menggunakan glitter eyeshadow, maka selesaikan eye makeup terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke makeup bagian lainnya. Ini untuk menghindari glitter yang digunakan tidak berjatuhan di pipi atau bawah mata. 

Setelah selesai makeup di bagian mata, maka area wajah yang terkena jatuhan glitter bisa dibersihkan dengan micellar water atau cleansing wipes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *