komix obh untuk obat batuk

Tidak Hanya Komix Obh, Bahan Alami Juga Bisa Redakan Batuk Berdahak

Batuk merupakan penyakit sederhana yang bisa datang kapan saja dan dialami oleh siapa pun, terlebih pada musim pancaroba seperti sekarang. Batuk sendiri yang umumnya menyerang adalah batuk kering dan batuk berdahak. Jika Anda mengalami batuk berdahak, bisa diatasi dengan mengkonsumsi Komix OBH sebagai langkah pertama pertolongan. 

Baik batuk berdahak dan batuk kering memang awalnya tidak termasuk dalam penyakit berbahaya. Tetapi jika dalam waktu dua minggu tidak kunjung membaik, segeralah periksa diri Anda ke dokter karena dikhawatirkan akan muncul penyakit lain yang lebih berbahaya seperti TBC.

Anda bisa melakukan pengobatan dengan cara medis atau pengobatan tradisional menggunakan bahan – bahan alami. Jika Anda ingin mengatasi dengan mengonsumsi obat – obatan dengan atau tanpa resep dokter, perlu memerhatikan jenis obat batuk yang dikonsumsi. Berikut ini jenis obat batuk yang umum dikonsumsi guna mengatasi batuk berdahak Anda.

  • Ekspektoran. Jenis obat batuk ini akan membuat dahak Anda lebih mudah untuk dikeluarkan. Jenis obat ekspektoran akan membuat dahak menjadi lebih cair karena mampu menekan produksi mucin yaitu protein yang terdapat pada dahak.
  • Mukolitik. Tujuan dari obat batuk jenis mukolitik adalah untuk mengencerkan dahak sehingga membuat Anda lebih mudah mengeluarkannya batuk. 

Selain pengobatan dengan menggunakan medis, ada pula yang lebih menggunakan pengobatan tradisional untuk mengatasi batuk berdahak. Berikut ini bahan – bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai pengobatan tradisional.

  1. Air garam

Anda bisa berkumur dengan air garam untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menginfeksi tenggorokan dan juga mampu membantu mengencerkan dahak sehingga batuk menjadi lebih cepat reda.

  1. Madu

Manfaat madu bagi kesehatan tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Madu dapat menyembuhkan banyak penyakit termasuk batuk berdahak. Madu memiliki kandungan yang efektif dalam menyembuhkan batuk jika dikonsumsi secara rutin. Hal ini sesuai dengan penelitian yang sudah dibuktikan dalam jurnal Canadian Family Physician.

  1. Jahe

Jika ingin mengatasi batuk berdahak dengan jahe, Anda bisa melarutkannya dengan air hangat atau dicampurlan ke dalam teh manis hangat. Jahe memiliki kandungan antibakteri dan antivirus yang mampu mencegah perkembangan virus dan bakteri baru sehingga sangat ampuh melawan infeksi yang terjadi dalam saluran pernapasan yang menjadi penyebab dari batuk.

  1. Lemon

Lemon termasuk dalam salah satu buah yang mampu dijadikan sebagai obat alami dalam mengatasi batuk. Tidak hanya batuk saja, bahkan lemon mampu mengurangi radang yang terjadi pada tenggorokan sekaligus memberikan nutrisi vitamin C untuk meningkatkan kekuatan daya tahan tubuh. Jadi tidak heran jika mengonsumsi lemon dapat meredakan batuk yang Anda derita.

  1. Kunyit

Selain sebagai bahan – bahan utama dalam masakan, nyatanya kunyit dapat dijadikan sebagai obat batuk alami, terutama untuk Anda yang mengalami batuk kering. Kunyit memiliki antiradang yang berperan melawan partikel asing penyebab infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan yang jadi penyebab batuk. 

  1. Bawang putih

Selain kunyit, bahan masakan lain yang bisa dijadikan sebagai obat batuk alami adalah bawang putih. Sifat antimikroba yang dimiliki bawang putih mampu untuk menghentikan infeksi atau iritasi yang membuat produksi dahak menjadi berlebih. Hal ini karena di dalam bawang putting terkandung senyawa allicin yang membantu melawan virus dan bakteri yang ada di dalam tenggorokan.

  1. Sari cuka apel

Cuka apel bisa diolah menjadi obat batuk alami karena mengandung asam asetik yang bersifat antibakteri. Gumpalan lendir yang pecah dan matinya bakteri yang menyerang saluran pernapasan Anda adalah manfaat yang dirasakan dengan mengonsumsi cuka apel. anda bisa mencarikan 1 hingga 2 sendok sari cuka apel yang dicampurkan dalam satu gelas air kemudian minumlah atau pun berkumur dengan campuran tersebut. Anda bisa melakukannya maksimal dua kali dalam satu jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa pengobatan alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi batuk berdahak selain mengonusmi Komix OBH. Jika Anda ingin berkonsultasi tentang batuk yang diderita sebelum memutuskan ingin menggunakan pengobatan yang mana, bisa dilakukan secara daring melalui aplikasi kesehatan SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *