Tes di Prodia Karawang dan Tips Mencegah Hepatitis

Mengetahui suatu penyakit sedari awal membuat peluang kesembuhan menjadi lebih besar. Hal ini terjadi pula pada kondisi hepatitis alias peradangan hati. Karena itu, melakukan screening hepatitis sangat penting apabila Anda melakukan kontak erat dengan penderita hepatitis yang bersifat menular ataupun ketika merasakan gejala yang mengarah ke peradangan hati, seperti kulit menguning, kehilangan selera makan, juga letih yang tidak berujung. Untuk kawasan Karawang, Anda bisa melakukan screening ini di Prodia Karawang

Namun selain mengantisipasi tingkat keparahan dengan melakukan screening hepatitis, pencegahan sedari awal juga perlu dilakukan. Bagaimanapun, pencegahan merupakan obat terbaik untuk segala penyakit, tidak terkecuali hepatitis. 

Mencegah hepatitis menimpa diri Anda sebenarnya tidak terlalu sulit. Beberapa langkah di bawah ini bisa sangat ampuh menjadi benteng untuk menghindarkan Anda dari masalah peradangan hati yang tidak berkesudahan. 

Jaga Kebersihan 

Menjaga kebersihan adalah kunci utama mencegah hepatitis menyerang Anda, khususnya hepatitis yang disebabkan oleh virus. Yang dimaksud dengan menjaga kebersihan dalam hal ini bukan hanya rajin mencuci tangan. Anda juga perlu menjaga kebersihan dengan tidak mengonsumsi makanan atau minuman secara sembarangan. Pasalnya, virus hepatitis bisa bertahan hingga beberapa di luar inang. Artinya, bisa jadi makanan dan minuman yang tidak terjaga kehigienitasannya mengandung virus hepatitis yang siap menyerang dan membuat peradangan di hati Anda. 

Tidak Berbagi Barang Personal 

Berbagi memang baik, namun tidak untuk barang-barang personal Anda. Pemakaian barang personal secara bersama memungkinkan penyebaran virus hepatitis lebih mudah terjadi. Jadi mulai sekarang, stop memakai barang-barang, seperti handuk, baju, ataupun peralatan make-up dari orang lain. Jangan pula meminjamkan barang-barang personal tersebut kepada orang lain. 

Melakukan Hubungan Seksual yang Aman 

Virus penyebab hepatitis juga bisa menyebar lewat aktivitas seksual penderita hepatitis dengan yang tidak. Karena itu, pastikan selalu melakukan hubungan seksual yang aman. Jangan bergonta-ganti pasangan serta memakai kondom bisa menjadi pencegahan hepatitis yang efektif. Jika memang telanjur terbiasa melakukan hubungan seksual yang berisiko dan mengalami gejala yang mengarah ke peradangan hati, segeralah mengontak Prodia Karawang untuk membuat jadwal screening hepatitis. 

Mendapatkan Vaksinasi 

Cara terbaik untuk mencegah hepatitis adalah dengan mendapatkan vaksin. Tindakan pencegahan ini sudah bisa dilakukan sejak kecil. Bayi sebaiknya mendapatkan vaksin hepatitis di awal kehidupan mereka. Ornag dewasa yang kerap bepergian ke Afrika, Asia, Eropa Timur, dan Amerika Tengah juga disarankan mendapatkan suntikan vaksin hepatitis tambahan untuk pencegahan. 

Menghindari Konsumsi Alkohol 

Peradangan hati bukan hanya bisa terjadi akibat infeksi virus. Peradangan hati alias hepatitis juga bisa menjadi akibat dari pengonsumsian alkohol yang berlebihan. Bagaimanapun, alkohol memang mudah memicu peradangan di berbagai area tubuh Anda. Jika peradangan terjadi hati, inilah yang berkembang menjadi hepatitis akut jika tidak ditangani. Idealnya, menghindari konsumsi alkohol menjadi cara terbaik untuk tindakan pencegahan. Jika belum bisa, mulai kurangi pengonsumsian alkohol maksimal hanya satu gelas tiap hari. 

Pertimbangkan Tato dan Tindik 

Membuat tato atau tindikan mungkin terlihat artsy. Namun, Anda mesti selektif karena bisa jadi pembuatan tato dan tindikan tersebut yang memicu peradangan hati akibat infeksi virus. Infeksi tersebut dapat terjadi apabika jarum yang digunakan pada tindakan tato maupun tindik tidak steril. Karena itu jika memang sangat ingin membuat tato dan tindikan, lakukan di tempat yang terpercaya dan pastikan jarum yang digunakan benar-benar steril bahkan jika perlu baru. 

*** 

Pencegahan dan screening hepatitis di Prodia Karawang sangat diperlukan sebab penyakit ini bisa berkembang sangat parah dan mematikan. Jika tidak ditangani dengan tepat, hepatitis dapat berkembang menjadi fibrosis, sirosis, sampai kanker hati. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *