Temukan 10 Vitamin Bemanfaat Ini di Dalam Sayur Brokoli

Sayur dan buah  merupakan makanan sehat yang wajib dikonsumsi harian untuk memenuhi asupan nutrisi seimbang. Brokoli merupakan salah satu jenis sayur dengan kandungan vitamin yang lengkap serta aneka ragam nutrisi yang baik bagi tubuh. Berbagai nutisi yang terdapat dalam brokoli yaitu air, serat, protein, mineral, dan karbohidrat kompleks. Sedangkan vitamin brokoli sendiri mencakup vitaimin C, A, E, K, dan B yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.  

  1. Vitamin C

Kandugan vitamin dalam brokoli yang cukup tinggi adalah vitamin C. Pada setiap 100 gram brokoli mengandung setidaknya 89,2 miligram vitamin C. Kadar tersebut mampu memenuhi 99% kebutuhan vitamin C harian Anda. Manfaat dari vitamin C sendiri cukup banyak seperti membantu pemulihan luka, menjaga kesehatan kulit, baik bagi kesehatan pembuluh darah, serta mengandung antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. 

  1. Vitamin A

Selain vitamin C, terdapat pula kandungan vitamin A dalam brokoli. Berbagai manfaat vitamin A yaitu dapat menjaga fungsi mata dan membantu sistem imun menghalau patogen penyebab penyakit. Tedapat sebanyak 623 IU vitamin A dalam 100 gram brokoli.

  1. Vitamin E

Vitamin brokoli lainnya yang juga mengandung antioksidan adalah vitamin E. Pada setiap 100 gram brokoli memiliki kandungan vitamin E sebanyak 0,78 miligram. Kandungan vitamin E di dalam brokoli memang tidak sebanyak jenis vitamin lain namun tetap beranfaat bagi tubuh seperti untuk pemeliharaan mata, kulit, dan sistem imun. 

  1. Vitamin K

Kandungan vitamin K dalam brokoli cukup tinggi. Setiap 100 gram brokoli mengandung sebanyak 101,6 mikrogram vitamin K. Dengna mengonsumsi 100 gram brokoli saja, maka Anda akan mencukupi kebutuhan vitamin K harian sebanyak 85%.  Manfaat vitamin K bagi tubuh adalah untuk membantu mekanisme pembekuan darah dan menopang kesehatan tulang. 

  1. Viatmin B1

Brokoli mengandung berbagai jenis vitamin B di dalamnya, salah satunya adalah vitamin B1 atau tiamin. Vitamin B1 dalam brokoli tidak sebanyak vitamin lain. Kandungan vitamin B1 hanya sebanyak 0,071 miligram dalam setiap 100 gram brokoli. 

  1. Vitamin B2

Kandungan vitamin B2 juga terdapat dalam brokoli. Vitamin B2 atau riboflavin bermanfaat untuk memlihara sistem saraf, mata, kulit, serta vital untuk penggunaan energi dari makanan. Dalam setiap 100 gram brokoli terdapat sebanyak 0,117 miligram vitamin B. 

  1. Vitamin B3

Vitamin brokoli lainnya adalah niasin atau vitamin B3. Brokoli hanya mengandung vitamin B3 sebanyak 0,639 miligram dalam setiap 100 gram. Peran vitamin B3 mirip seperti vitamin B1 yaitu untuk tubuh yaitu memelihara kesehatan saraf dan mata. 

  1. Vitamin B5

Brokoli juga memiliki kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat. Tedapat kandungan vitamin B5 sebanyak 0,573 miligram dalam setiap 100 gram brokoli. Dengan mengonsumsi brokoli sebanyak 100 gram maka tubuh telah mencukupi kebutuhan vitamin B5 harian sebanyak 11%. Vitamin B5 berperan dalam penggunaan energi dari makanan yang dikonsumsi. 

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 disebut juga sebagai piridoksin terkandung dalam brokoli dengan kadar sebanyak 0,175 miligram dalam setiap 100 gramnya. Beberapa fungsi vitamin B6 bagi tubuh yaitu membantu menyimpan energi dari protein dan karbohidrat serta membantu pembentukan hemoglobin. 

  1. Vitamin B9

Vitamin B9 disebut juga sebagai folat. Terdapat kandungan folat sebanyak 63 mikrogram dalam setiap 100 gram brokoli. Folat dikenal sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebab mengurangi risiok kelahiran bayi cacat. 

Agar vitamin brokoli dan nutrisi lainnya terserap dengan baik oleh tubuh serta bisa memberi manfaat maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi sayuran ini secara teratur setiap hari. Anda dapat memadukan brokoli dengan bahan lain untuk menambah citarasa seperti jus brokoli yang dikombinasikan dengan buah dan sayur lain, atau tumis brokoli dengan ayam serta jamur. Apabila Anda masih ingin mengetahui seputar vitamin brokoli serta berbagai seluk beluknya, tanyakan langsung pada dokter secara gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *