Tak Perlu Biaya Mahal, Ini 5 Pelurus Rambut Alami

Rambut yang lurus dan lembut menjadi dambaan sebagian perempuan.  Untuk mendapatkannya, kamu bisa melakukan beragam perawatan sesuai kebutuhan. Salah satunya menggunakan pelurus rambut dengan bahan alami. 

Di era modern saat ini memang sudah banyak perawatan instan dengan menggunakan bahan kimia. Namun jika rambut terlalu sering terpapar bahan kimia atau alat pemanas akan rentan merusak kesehatan rambut. 

Dengan begitu, memilih pelurus rambut alami merupakan langkah tepat. Selain tak perlu biaya mahal, menggunakan pelurus rambut alami di rumah juga bisa menjaga kesehatan rambut. Bahkan bahan – bahan alami ini pun mampu menutrisi rambut sehingga makin sehat dan terjaga keindahannya. 

Pelurus rambut alami ini sangat mudah didapat karena tersedia di sekitar kita. Selain itu menggunakannya pun kita bisa sambil santai di rumah. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa membantu meluruskan rambut.

Minyak zaitun dan telur

Sudah menjadi rahasia umum jika minyak zaitun memiliki segudang manfaat untuk merawat kecantikan tubuh, termasuk rambut. Begitu juga dengan telur. Kedua bahan ini mampu menutrisi rambut dan juga memberikan kehalusan pada tiap helai rambut. 

Meluruskan rambut dengan minyak zaitun dan telur caranya sangat mudah. Langkah pertama ambil satu kuning telur dan campur dengan lima sendok makan minyak zaitun. Aduk kedua bahan tersebut hingga merata. 

Lalu pakai masker dari dua bahan alami ini pada rambut secara merata hingga ke bagian dalam. Kemudian tutup rambut yang sudah diberi masker dengan handuk bersih dan diamkan selama 20 menit. Jika sudah, bilas dengan air hingga rambut bersih dari masker. 

Lidah buaya

Bahan alami yang satu ini terkenal dengan khasiatnya untuk merawat kecantikan tubuh. Lidah buaya juga bisa membantu rambut lurus alami. 

Hal ini karena lidah buaya memiliki kandungan enzim yang dapat menjaga kesehatan pada rambut. Untuk membuat rambut lurus, cukup campur lidah buaya dengan seperempat cangkir minyak kelapa atau zaitun. 

Aduk kedua bahan ini secara merata kemudian oleskan pada rambut. Diamkan rambut yang sudah diberi masker selama 40 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Untuk hasil maksimal, gunakan perawatan ini seminggu sekali. 

Susu dan madu

Susu dan madu memiliki kandungan protein yang dibutuhkan rambut. Kedua bahan Alami ini bisa membuat rambut lurus alami. 

Caranya cukup campurkan susu dan madu secukupnya. Lalu oleskan masker pada seluruh permukaan rambut. Bungkus rambut dengan handuk dan diamkan 2 hingga 3 jam. Terakhir cuci rambut dengan air hangat. Kita bisa menggunakan masker dengan dua bahan alami ini satu minggu sekali. 

Santan dan lemon

Salah satu cara untuk meluruskan rambut dengan bahan alami yakni dengan menggunakan santan dan perasan lemon. 

Caranya campurkan santan dan air lemon lalu dinginkan kedua bahan tersebut di dalam lemari es selama semalam. Jika sudah dingin aplikasikan campuran kedua bahan ini pada akar rambut hingga ke ujung. Lalu diamkan sekitar 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. 

Yoghurt

Untuk meluruskan rambut dengan bahan alami, gunakan masker yang dibuat dari yoghurt. 

Caranya campurkan yoghurt dengan 3 butir telur dan aduk hingga merata. Lalu oleskan masker pada rambut. Tutup rambut dengan handuk atau shower cap dan diamkan sekitar 1 jam. 

Jika sudah cuci rambut hingga bersih, jangan lupa gunakan shampoo. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya rutin lakukan perawatan satu minggu sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *