Sinusitis Sering Kambuh? Begini Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Sinusitis merupakan peradangan atau pembengkakan pada sinus, yaitu rongga berisi udara yang letaknya di sekitar dahi, hidung, tulang pipi, dan di antara mata. Sinusitis bisa terjadi akibat adanya infeksi virus ataupun alergi. Gejalanya yang mirip dengan flu biasa membuat orang sulit membedakan dengan sinusitis, yaitu hidung tersumbat, demam, batuk, keluar lendir berwarna kuning dari hidung, demam, nyeri tenggorokan, dan menurunnya indera penciuman. Jika sedang kambuh, gejala sinusitis terkadang bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan gejala sinusitis,di antaranya:

Cara Mengatasi Sinusitis

Lakukan Bilas Hidung

Membilas hidung dengan air hangat yang dicampur garam bisa membantu membersihkan sinus dari lendir dan mengurangi pembengkakan akibat sinusitis. Caranya:

  • Campurkan 1 liter air hangat, 1 sendok teh garam, dan ½ sendok teh baking soda agar larutan tidak terlalu asin
  • Masukkan larutan garam tersebut ke dalam neti pot bersih yang bisa Anda beli di apotek
  • Bersandar pada wastafel, miringkan kepala Anda lalu tuang larutan garam ke salah satu lubang hidung. Gunakan mulut untuk bernapas selama larutan mengalir di dalam hidung
  • Biarkan larutan garam mengalir keluar melalui lubang hidung yang lainnya

Konsumsi Makanan Ini

  • Buah Nanas, memiliki kandungan bromelain, yaitu protein yang bisa meredakan bengkak pada saluran pernapasan, meredakan batuk, dan mengencerkan lendir di tenggorokan. Buah nanas juga bermanfaat sebagai antiinflamasi dan terapi sinusitis
  • Jahe, bisa memberikan rasa hangat pada tenggorokan dan melegakan saluran pernapasan. Meminum teh yang dicampur dengan jahe bisa meredakan hidung mampet karena flu dan sinusitis.
  • Madu, dipercaya bisa meredakan sakit tenggorokan yang biasanya juga dialami pengidap sinusitis. namun, harus madu asli yang dikonsumsi, tanpa campuran bahan pengawet dan pemanis buatan.

Jaga Kelembapan Udara

Udara kering yang dihirup bisa menyebabkan iritasi pada sinus. Sedangkan menghirup udara yang lembap bisa mengurangi keluhan hidung tersumbat. Anda bisa memasang alat pelembap udara atau humidifier di ruangan rumah Anda untuk meredakan gejala sinusitis.

Perbanyak Air Putih

Air mineral dan jus buah kaya cairan bisa membantu mengencerkan lendir dan memudahkannya keluar dari rongga sinus yang sedang membengkak. Hindari konsumsi alkohol dan kafein karena bisa menyebabkan dehidrasi dan membuat pembengkakan pada sinus semakin parah. Cukupi kebutuhan cairan tubuh harian, sekurang-kurangnya yaitu 2 liter perhari untuk menghindari kambuhnya sinusitis.

Kompres Air Hangat

Mengompres menggunakan handuk yang telah direndam dalam air hangat di bagian hidung dan dahi bisa meringankan gejala sinusitis yang membuat tidak nyaman serta melembabkan rongga hidung. Selain menggunakan kompres, Anda juga bisa menghirup uap hangat dari mangkuk untuk melegakan hidung.  Hindari menghirup uap dari air yang masih dimasak di kompor.

Tinggikan Posisi Kepala

Saat ingin tidur, tambahkan bantal untuk menopang kepala agar lebih tinggi dari biasanya. Tujuannya yaitu untuk mengurangi tekanan di sekitar sinus dan mengurangi gejala hidung tersumbat. Perhatikan juga apakah posisi Anda sudah nyaman untuk tidur sehingga bisa mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman akibat sinusitis.

Konsumsi Pereda Nyeri

Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol yang banyak dijual di apotek jika merasakan gejala nyeri di area pipi, mata, dan dahi akibat sinusitis.

Minum Dekongestan Tablet

Obat ini bisa mengurangi pembengkakan dan mengurangi penyumbatan pada sinus

Memakai Semprotan Dekongestan

Manfaat yang dimiliki sama seperti dekongestan tablet, tetapi jika digunakan lebih dari satu minggu, bisa menyebabkan penyumbatan sinusitis bertambah buruk

Cara Mencegah Sinusitis

  • Hindari pemicu alergi seperti bulu binatang atau serbuk sari tanaman
  • Jika Anda punya hewan peliharaan, pastikan untuk memandikannya secara rutin
  • Tidak merokok dan menghirup asap rokok dari orang lain (perokok pasif)
  • Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan gunakan sabun, terutama jika Anda sedang flu. Hindari kebiasaan menyentuh wajah sebelum mencuci tangan
  • Anda bisa menggunakan masker untuk menghindari penyebab alergi seperti debu masuk ke hidung

Jika Anda kembali mengalami sinusitis dengan gejala seperti hidung tersumbat dan meler, kepala nyeri, serta disertai demam dan batuk yang berlangsung selama lebih dari satu minggu, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut agar tidak menyebabkan sinusitis kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *