Seputar Plester & Luka Sayatan Di Jari

plester luka

Dari semua jenis cedera jari, luka sayatan atau goresan jari merupakan kondisi yang paling sering dialami oleh anak. Jenis cidera ini dapat terjadi dengan cepat. Saat kulit jari pecah, darah dapat keluar dengan cepat. Mengetahui apa yang perlu Anda lakukan ketika hal ini terjadi merupakan kunci memastikan luka tersebut sembuh dengan aman. Kebanyakan jenis luka dapat dirawat di rumah. Anda hanya perlu memakai plester & luka akan sembuh setelah beberapa hari. Akan tetapi, apabila luka tersebut panjang dan dalam, hubungi dokter segera mungkin guna memastikan apakah jahitan diperlukan untuk menutup luka. Pada umumnya, luka yang cukup besar sehingga masing-masing ujungnya tidak dapat direkatkan kembali dengan mudah membutuhkan jahitan. 

Merawat jari yang terluka

Anda bisa menggunakan plester & luka sayatan akan sembuh. Namun, pertama bersihkan dulu luka tersebut sebelum menutupnya dengan menggunakan plester. Ikuti langkah-langkah berikut ini agar Anda bisa melakukan cara merawat luka sayatan atau goresan dengan baik dan benar. 

  • Bersihkan luka. Bersihkan luka dengan perlahan dan hati-hati dengan cara mengusap darah atau kotoran menggunakan sedikit air dan sabun cair antibakteri yang telah diencerkan. 
  • Rawat menggunakan salep antibiotik. Dengan perlahan oleskan krim antibiotik over-the-counter (OTC), misalnya bacitracin, untuk luka sayatan atau goresan yang minor atau kecil. Apabila luka sayatan tersebut terlalu dalam atau terlalu lebar, hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan kegawatdaruratan secepatnya. 
  • Tutupi luka. Tutup luka menggunakan plester. Jangan ikat jari terlalu kencang agar aliran darah tidak terputus secara menyeluruh. 
  • Angkat jari. Cobalah untuk menjaga jari yang terluka berada di atas jantung sesering mungkin hingga pendarahan berhenti. 
  • Berikan sedikit tekanan. Tempatkan kain bersih atau perban pada jari yang terluka. Secara perlahan berikan tekanan yang lembut (sebagai tambahan mengangkat jari) hingga pendarahan benar-benar berhenti. 

Komplikasi

Luka sayatan minor atau kecil yang dibersihkan dan diperban dengan cepat akan sembuh dengan segera. Namun, jika luka tidak diberi plester & luka menjadi infeksi, kondisi ini akan menyebabkan beberapa komplikasi yang mengganggu. Beberapa komplikasi tersebut di antaranya adalah:

  • Infeksi. Apabila jari Anda menjadi terinfeksi, hubungi dokter dan penyedia layanan kesehatan secepatnya. Perawatan tambahan, seperti pemberian antibiotik, dapat dibutuhkan. Tanda-tanda adanya jari atau luka yang terinfeksi di antaranya adalah daerah di sekitar luka berubah warna menjadi lebih merah, jari terus membengkak 48 jam setelah cedera terjadi, nanah keluar dari daerah luka, dan rasa nyeri terus berubah menjadi lebih parah beberapa hari setelah cedera terjadi. 
  • Pendarahan. Luka yang terus berdarah  setelah Anda mengangkat jari atau daerah luka lain di atas jantung dan memberikan tekanan yang konstan dapat menjadi tanda bahwa pembuluh darah Anda cedera. Hal ini juga dapat menjadi tanda adanya gangguan pendarahan atau efek samping dari konsumsi obat-obatan, misalnya pengencer darah, untuk kondisi gangguan kesehatan jantung tertentu. 

Beberapa jenis luka membutuhkan lebih dari sekedar plester & luka sembuh dengan sendirinya. Beberapa jenis luka membutuhkan perawatan medis khusus misalnya jahitan. Apabila Anda percaya luka yang diderita jauh lebih serius dan tidak bisa dirawat di rumah dengan efektif, hubungi layanan kegawatdaruratan. Dengan melakukan hal ini secepatnya dapat mencegah Anda terkena komplikasi kesehatan yang tidak diinginkan, misalnya komplikasi atau pendarahan. Luka ringan akan sembuh dengan sendirinya setelah Anda memakai plester & luka dijaga kebersihannya. Jika tidak kunjung sembuh dan menunjukkan tanda-tanda infeksi, hubungi dokter segera. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *