mastin obat kesehatan

Selain Mastin, Antioksidan Bisa Diperoleh dari Makanan

Kita sudah mengetahui bersama bahwasanya antioksidan merupakan zat yang penting bagi tubuh. Sebab, antioksidan sendiri berfungsi untuk melawan radikal bebas. Apabila radikal bebas itu tidak ditangkal, maka bisa menyebabkan penyakit, seperti kanker. Nah, dalam memperoleh antioksidan dari luar tubuh, selain mengonsumsi Mastin, kita juga bisa mendapatkannya dari makanan. 

Dalam memperoleh antioksidan dari luar tubuh kita, mendapatkannya dari makanan memang bagus. Oleh karena itu, artikel ini akan menjabarkan jenis makanan dan buah apa saja yang mengandung antioksidan. Mari simak bersama-sama. 

  • Bayam 

Yup, jenis sayuran yang akrab dengan Popeye ini amat dianjurkan untuk dikonsumsi. Sebab, bayam memang dikenal memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Untuk antioksidan sendiri, dikutip dari berbagai sumber, dalam 100 gram bayam mengandung 0,9 mmol antioksidan. Adapun jenis antioksidan yang ada di dalam bayam adalah lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk kesehatan mata kita. 

  • Kangkung 

Orang Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan jenis sayuran yang satu ini. Selain murah, mudah didapatkan, ternyata kangkung juga mengandung antioksidan yang bagus untuk tubuh kita. Dari penelusuran yang dilakukan, ternyata kangkung ini mengandung kadar antioksidan jenis fenolik. Oleh karena itu, tentu saja kangkung bisa menjadi alternatif bagi kita untuk memperoleh antioksidan selain dari mengonsumsi mastin. 

  • Brokoli 

Selain bayam dan kangkung, ternyata brokoli juga punya antioksidan. Jika kita perhatikan bersama, dari ketiga jenis sayuran itu ada satu persamaan, yakni sama-sama sayuran hijau! Sehingga, bisa jadi jenis sayuran hijau memang mengandung antioksidan. Namun, pembaca sangat disarankan mencari tahu lebih lanjut karena itu baru dugaan awal saja. 

  • Kacang merah 

Untuk memperoleh antioksidan selain dari sayuran, kita bisa juga mendapatkannya dari kacang-kacangan, seperti kacang merah. Untuk diketahui, kacang merah ini mengandung antioksidan jenis flavonoid dan anthocyanin yang bagus untuk menangkal radikal bebas. Oleh sebab itu, kacang merah bisa kita jadikan sebagai alternatif pengganti mastin. 

  • Cengkih 

Siapa yang menyangka bila cengkih ternyata mengandung antioksidan yang tinggi? Hal itu diketahui berdasarkan keterangan dari berbagai sumber yang menyatakan, jenis rempah yang satu ini dapat dikatakan sebagai makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Namun untuk tata cara mengonsumsinya, kita masih perlu mencari tahu lebih lanjut. 

  • Strawberry 

Selain mastin dan sayur, antioksidan juga bisa didapat dari buah-buahan, seperti strawberry. Sebagai informasi, buah yang satu ini disebut-sebut sudah dikenal dapat melawan zat penyebab kanker. Di samping itu, anthocyanin yang merupakan jenis antioksidan dalam strawberry, dikatakan cukup bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  • Blueberry 

Sudah bukan rahasia umum lagi apabila blueberry didapuk sebagai buah yang mengandung antioksidan tinggi. Berdasarkan keterangan yang diperoleh, blueberry ini memiliki konsentrasi antioksidan paling banyak dibandingkan dengan jenis buah atau sayuran lainnya. Tentu ini menjadi kabar baik karena bisa menambah pilihan kita dalam memperoleh antioksidan selain mengonsumsi mastin. 

  • Jeruk 

Buah yang mudah ditemukan ini sudah dikenal mengandung vitamin C yang bagus bagi tubuh. Di samping itu, dihimpun dari berbagai sumber, jeruk juga memiliki antioksidan. Oleh karena itu, kita bisa memasukkan jeruk ke dalam daftar buah yang mengandung antioksidan. 

Akhirnya, itulah yang bisa disampaikan mengenai jenis makanan yang mengandung antioksidan. Baik buah dan sayur yang disebutkan di atas, secara umum bisa kita dapatkan dengan mudah dan harganya yang terjangkau. Tentu ini merupakan kabar baik karena pilihan kita untuk mendapatkan antioksidan selain dari mastin semakin banyak. Namun demikian, selain menjaga asupan makanan yang mengandung antioksidan, untuk tetap kesehatan kita juga perlu rutin berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *