Selain Dextral Syrup, Cara Alami Ini Juga Bisa Mengatasi Batuk Kering

Batuk merupakan reaksi tubuh akibat adanya benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan atau bisa juga sebagai indikasi adanya penyakit serta bisa juga terjadi karena alergi yang kambuh. Batuk sendiri terbagi menjadi batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering ini biasanya diiringin dengan rasa gatal di tenggorokan yang tentunya akan mengganggu kenyamanan Anda. Dextral Syrup hadir sebagai solusi untuk mengatasi batuk kering yang Anda alami.

Dextral Syrup ini merupakan obat yang sangat ampuh untuk mengatasi batuk kering yang disertai dengan pilek. Dekstrometorfan HBr dan guaifenesin yang terdapat di dalam Dextral Syrup berperan untuk mengatasi batuk kering disertai pilek. Cara kerja dari kedua kandungan ini adalah dengan mengurangi frekuensi batuk serta mengurangi dahak yang terdapat di paru – paru. 

Tidak hanya kedua kandungan itu saja, di dalam satu kemasan Dextral Syrup juga terdapat klorfeniramin maleat dan fenilpropanolamin HCI. Kedua kandungan tersebut mampu mengatasi gejala dan alergi serta juga dapat mengatasi hidung tersumbat.

Batuk kering dapat terjadi karena adanya penyakit bawaan yang menjadi penyebab utamanya. Berikut ini beberapa keadaan yang menjadi penyebab dari batuk kering, yaitu

  • Infeksi saluran napas. Biasanya terjadi setelah Anda sembuh dari penyakit pilek dan flu. Di mana kondisi saluran pernapasan menjadi lebih sensitif sehingga rentan terkena iritasi dan menjadi penyebab terjadinya batuk kering. Kondisi seperti ini sering disebut sebagai post infectious cough.
  • Cough variant asthma. Salah satu gangguan pernapasan jangka panjang dan sering dialami oleh banyak orang, yaitu asma. Asma menyebabkan terjadinya penyempitan pada saluran udara di paru – paru. 
  • Gastroesophageal reflux disease (GERD). Kondisi ini merupakan naiknya asam lambung di dalam tubuh yang megakibatkan iritasi di bagian kerongkonan dan pada akhirnya merangsang terjadinya batuk kering.
  • Batuk rejan. Batuk ini bisa terjadi hingga 3 bulan dan paling sering menyerang anak – anak. Biasanya jika Anda mengalami batuk jenis ini, saat bernapas akan terdengar suara yang melengking.
  • Kanker paru. Batuk kering yang terjadi karena kanker paru akan disertai dengan keluarnya darah. Pada awalnya, batu kering yang tidak kunjung membaik bisa menjadi gejala dari tumbuhnya sel kanker di paru – paru.

Batuk kering dapat diobati dengan pengobatan medis maupun pengobatan secara alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai pengobatan batuk kering.

  1. Madu

Memiliki kandungan antiradang dan antibakteri yang tinggi, membuat madu menjadi bahan alami paling efektif untuk mengurangi iritasi yang terjadi di tenggorokan dan mengurangi peradangan. Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung ataupun dicampurkan dengan perasan lemon, air hangat sampai teh hangat.

  1. Air garam

Berkumur dengan menggunakan air garam dapat mengatasi pembengkakan yang terjadi di tenggookan akibat batuk kering. Tidak hanya itu, kumur air garam juga bisa membunuh bakteri yang terdapat di tenggorokan dan mulut. Cara membuatnya sangat mudah. Anda cukup mencampurkan air hangat dengan satu sendok teh garam.

  1. Kunyit dan Jahe

Kedua kandungan ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, termasuk batuk kering. Tidak hanya itu, kunyit dan jahe juga bisa mengobati asma, meredakan bronkitis, hingga infeksi saluran pernapasan akut. Hal ini karena kunyit dan jahe memiliki kandungan antiradang, antivirus, dan antibakteri. 

  1. Uap 

Menghirup uap hangat ini akan membuat saluran hidung yang awalnya kering dan teritasi menjadi lembap. Kondisi ini tentunya dapat mengatasi batuk kering yang Anda alami. Tidak hanya itu dengan menghirup uap hangat, Anda juga data meredakan sakit tenggorokan dan batuk yang disebabkan alergi atau infeksi.

  1. Bawang putih

Memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiradang membuat bawang putih menjadi bahan alami yang dapat meredakan batuk kering. Tidak hanya itu, dengan rutin mengonsumsi bawang putih, Anda akan mendapatkan manfaat lain yang baik untuk kesehatan yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah.Jika Anda ingin melakukan pengobatan secara alami, maka mengonsumsi makanan atau minuman seperti di atas. Tetapi jika ingin mengonsumsi obat batuk seperti Dextral Syrup atau yang lainnya, Anda bisa membelinya di SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *