Seberapa Efektifkah Oxytetracycline Mengobati Jerawat?

Jerawat bisa jadi musuh bagi hampir semua orang. Bagaimana tidak, sebuah benjolan kecil yang muncul di wajah bisa sangat mengganggu penampilan siapa pun. Dan, tidak sedikit orang yang merasa tidak percaya diri dengan banyaknya jerawat di wajah mereka. 

Mungkin berbagai cara dan obat telah Anda coba untuk menghilangkan jerawat pada wajah atau bahkan punggung Anda. Nah, obat oxytetracycline dikatakan bisa untuk mengobati jerawat Anda. Obat jenis apakah itu dan kira-kira seberapa efektifkah obat tersebut? Ini penjelasannya!

Apa itu Oxytetracycline

Oxytetracycline adalah antibiotik oral yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk digunakan mengobati jerawat, serta rosacea dan infeksi bakteri lainnya. Bahan aktif yang terdapat pada obat tersebut, termasuk dalam kelompok obat yang disebut antibiotik tetrasiklin. 

Oxytetracycline merupakan obat yang paling sering diresepkan untuk mengobati jerawat. Antibiotik spektrum luas ini aktif dalam melawan berbagai macam bakteri, menjadikannya pengobatan jerawat yang sangat efektif, serta mengurangi peradangan dan melawan bintik dan jerawat. 

Oxytetracycline bekerja dengan membantu mencegah bakteri menghasilkan protein penting yang dibutuhkan bakteri untuk berkembang biak, tumbuh dan bertambah jumlahnya. Akibatnya, ini akan menghentikan penyebaran infeksi; di mana setiap bakteri yang tersisa akan dibunuh oleh sistem kekebalan Anda atau mati dengan sendirinya, pada akhirnya. 

Bagaimana Oxytetracycline mengobati jerawat dan efektifkah?

Tetrasiklin bekerja dengan cara memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Ini juga akan bertindak sebagai anti-inflamasi, sehingga membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. 

Oxytetracycline digunakan untuk mengobati jerawat sedang hingga parah, meskipun kadang-kadang diresepkan untuk perawatan jerawat ringan yang sangat membandel. Antibiotik oral lain yang digunakan untuk mengobati jerawat termasuk klindamisin dan eritromisin. Namun, pada beberapa orang mungkin perlu minum antibiotik ini untuk jangka waktu yang lebih lama untuk mencegah munculnya jerawat. 

Kemungkinan efek samping

Semua obat jerawat dapat menyebabkan efek samping, termasuk Oxytetracycline. Untuknya, kebanyakan orang yang minum obat ini tidak memiliki efek samping. Tetapi, beberapa orang lainnya memiliki efek samping tetrasiklin yang umum termasuk, sakit perut, muntah, diare, sakit tenggorokan, infeksi jamur vagina dan atau sariawan, ruam, pusing, dan yang lebih jarang lagi adalah sensitivitas terhadap matahari. 

Siapa saja yang boleh dan tidak mengonsumsi Oxytetracycline?

  • Jika Anda hamil dan menyusui, antibiotik ini bukanlah pilihan pengobatan jerawat yang tepat untuk Anda. Oxytetracycline dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang bayi Anda dan juga menyebabkan gigi bayi ternoda. 
  • Anak kecil juga tidak boleh mengonsumsi tetrasiklin karena dapat menyebabkan noda permanen pada gigi mereka. Meskipun sumber umumnya mengatakan tetrasiklin tidak boleh digunakan oleh anak-anak muda kurang dari12 tahun.
  • Tetrasiklin tidak dapat dikonsumsi dengan isotretinoin (Accutane) karena obat-obat ini dapat berinteraksi satu sama lain. 
  • Tetrasiklin terkadang dapat menyebabkan perubahan warna gigi pada anak-anak yang lebih tua dan dewasa muda juga, tetapi ini biasanya bersifat sementara. Dan, antibiotik ini telah diketahui dapat menurunkan efek kontrasepsi dari pil KB oral. 

Oxytetracycline paling efektif pada perut kosong tetapi dapat dikonsumsi bersama makanan jika menyebabkan gangguan lambung. Antibiotik ini akan bekerja paling baik bila ada jumlah konstan dalam aliran darah Anda. Cobalah untuk mengonsumsi pada waktu yang sama setiap harinya dan teratur. Mengonsumsi pada waktu yang sama setiap harinya akan membuat Anda lebih mudah mengingatnya. 

Minumlah segelas penuh air saat mengonsumsi antibiotik ini. Hal tersebut dapat membantu mencegah dari iritasi esophagus. Berbaring tepat setelah mengonsumsi Oxytetracycline juga dapat menyebabkan iritasi esophagus, jadi jangan langsung tidur setelah minum, ya. 

Jadi, intinya Oxytetracycline adalah antibiotik yang sangat efektif untuk pengobatan jerawat, terutama jerawat persisten ringan sampai sedang. Antibiotik ini akan membantu membersihkan jerawat yang membandel dengan membunuh bakteri di kulit yang bertanggung jawab untuk menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *