Sayur Organik: Apakah Lebih Sehat Dari Sayur Biasa?

Untuk sayur organik, perbedaan utamanya ada pada proses penanaman, panen, serta pendistribusian kepada pembeli.

Banyak orang ingin mengkonsumsi makanan organik dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu makanan organik yang dapat dikonsumsi termasuk sayur organik. Orang-orang ingin mengkonsumsi makanan organik karena makanan jenis tersebut lebih sehat, aman dan memberikan kenyamanan di mulut. Meskipun demikian, harga makanan organik cenderung lebih mahal dibandingkan dengan makanan biasa.

Meskipun diklaim lebih sehat dari makanan biasa, para peneliti belum menemukan bukti yang menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan organik dapat membuat manusia lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

Selain itu, tidak semua makanan organik dapat memberikan kesehatan bagi tubuh manusia. Untuk sayur organik, perbedaan utamanya ada pada proses penanaman, panen, serta pendistribusian kepada pembeli. Untuk makanan organik lainnya, masih ada jenis makanan organik yang memiliki kandungan gula, lemak, dan sodium.

Cara Mengetahui Sayur Organik

Pada saat berbelanja, Anda pasti akan merasa bingung untuk memilih antara sayur organik dan sayur biasa. Kedua jenis sayur tersebut memang memberikan manfaat bagi tubuh. Selain itu, kedua sayur tersebut bernutrisi dan mengandung serat.

Kata “organik” mengacu pada cara petani menanam dan memproses produk-produk agrikultur seperti sayur organik sebelum didistribusikan ke pasaran. Makanan yang disebut sebagai organik tentunya harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Proses makanan tersebut tidak menghasilkan polusi.
  • Menyediakan habitat yang sehat dan aman.
  • Dapat meningkatkan kualitas air dan tanah.
  • Memiliki siklus berkelanjutan pada sumber daya yang tersedia di perkebunan.

Selain itu, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika memproses sayur organik:

  • Pupuk sintetis untuk menyuburkan tanah.
  • Pestisida sintetis untuk mengendalikan hama.
  • Pemaparan radiasi untuk mengusir hama atau membuat hasil panen awet.
  • Antibiotik atau hormon pertumbuhan pada ternak.

Yang dimaksud dengan pernyataan tersebut adalah perkebunan yang menanam bahan pangan organik tidak boleh melibatkan jenis pupuk atau pestisida sintetis. Semua bahan yang digunakan harus secara alami, untuk memastikan adanya kelanjutan pada siklus di perkebunan.

Perbedaan Antara Sayur Biasa dan Sayur Organik

Untuk membedakan antara sayur biasa dengan sayur organik, berikut adalah kriteria yang dapat Anda perhatikan ketika Anda membeli jenis sayur tersebut:

  • Nutrisi

Sayur organik memiliki jumlah nutrisi lebih sedikit dibandingkan dengan sayur biasa, khususnya pada jumlah flavonoid yang memiliki sifat antioksidan.

  • Metal beracun

Zat metal beracun yang ada di tanah secara alami dan dapat diserap tanaman adalah cadmium. Sebuah penelitian menyatakan bahwa jumlah cadmium yang terdapat pada makanan organik lebih sedikit dan tidak ada pada buah atau sayuran.

  • Residu pestisida

Jumlah residu pestisida yang ada pada sayur organik lebih sedikit dibandingkan dengan sayur biasa, karena tidak menggunakan pestisida sintetis. Meskipun demikian, para peneliti belum menemukan adanya dampak yang berbeda bagi kesehatan.

  • Harga

Harga makanan organik, termasuk sayur organik, cenderung lebih mahal dibandingkan dengan makanan biasa. Hal tersebut disebabkan karena proses pertanian organik memerlukan biaya yang tinggi untuk memproduksi makanan seperti ini.

Meskipun kedua jenis sayur tersebut memiliki perbedaan, Anda bisa membeli dan mengkonsumsi kedua jenis sayur tersebut. Kedua sayur ini dapat memberikan kesehatan bagi tubuh, meskipun secara ilmiah belum ada pernyataan terkait dengan jenis sayur mana yang lebih baik untuk dikonsumsi.

Cara Memilih Kualitas Makanan

Baik sayur biasa maupun sayur organik, kedua sayur tersebut aman untuk dikonsumsi. Meskipun demikian, ketika Anda membeli makanan biasa atau makanan organik, Anda sebaiknya perhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Memilih dari sumber beragam

Semakin beragam sumber makanan yang Anda pilih, semakin banyak nutrisi Anda dapatkan.

  • Beli sesuai musim

Anda sebaiknya beli makanan sesuai musim, karena makanan yang dijual ketika sedang ada pada musim tertentu, makanan tersebut terlihat segar.

  • Mencuci sayur dan buah

Sebelum mengkonsumsi, Anda sebaiknya mencuci sayur atau buah yang Anda beli. Mencuci makanan dapat membantu melindungi tubuh kotoran, bakteri, atau residu zat kimia di permukaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *