Penyebab Hidung Bengkak dan Cara Mengatasinya

wanita asia itu melukai hidungnya karena dia kedinginan. - swollen nose potret stok, foto, & gambar bebas royalti

“Jika Anda mengalami hidung bengkak, bisa saja itu menunjukkan bahwa ada indikasi suatu penyakit di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu perhatikan penyebab hidung bengkak dan bagaimana cara mengatasinya.”

Hidung bengkak adalah kondisi di mana hidung menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran hidung biasanya. Biasanya ketika hidung mengalami pembengkakan, maka akan diiringi dengan kemerahaan di area sekitar hidung.

Pembengkakan pada hidung ini biasanya merupakan salah satu gejala dari suatu penyakit yang Anda alami. Maka dari itu, hidung bengkak yang muncul umumnya akan menimbulkan rasa sakit pula.

Secara umum, ketika Anda mengalami hidung bengkak maka bisa dibedakan menjadi dua, bengkak pada bagian luar atau bagian dalam.

  • Hidung bengkak bagian luar

Bila bengkak di hidung terjadi pada bagian luar, maka bengkak akan lebih mudah terlihat dan tidak perlu melakukan pemeriksaan khusus. Bengkak bagian luar ini biasanya terjadi di area batang hidung, pucuk hidung, atau sekitar permukaan hidung.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan hidung bengkak bagian luar adalah, gigitan serangga, jerawat di hidung, reaksi alergi, cedera di hidung, rosacea, dan banyak lainnya.

  • Hidung bengkak bagian dalam

Sedangkan bila pembengkakan terjadi di area dalam hidung akan sulit terlihat oleh mata sehingga diperlukan pemekrisaan dokter agar bisa mengetahui apa penyebab hidung bengkak tersebut.

Ketika hidung bengkak bagian dalam ini terjadi, Anda hanya bisa merasakan sakit di are rongga hidung, rasa tidak nyaman, dan gejala lainnya.

Penyebab bengkak hidung bagian dalam dan cara mengatasinya

Beberapa gejala penyakit bisa membuat hidung Anda menjadi bengkak. Di bawah ini beberapa penyebab terjadinya hidung bengkak di bagian dalam.

1.Cedera hidung

Pada saat anak bermain, sangat memungkinkan untuk mengalami jatuh, terbentur, dan kondisi lainnya yang menyebabkan terjadinya cedera pada hidung. Bila cedera ini terjadi, biasanya hidung bengkak akan disertai dengan rasa sakit dan warna memar.

Perawatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengompres menggunakan air dingin dan meminum obat untuk membantu menghilangkan rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi.

2.Rhinitis

Rhinitis merupakan peradangan atau iritasi yang terjadi pada lapisan di dalam hidung, sehingga terjadilah hidung bengkak yang disusul dengan hidung gatal, tersumbat, dan juga bersin-bersin.

Rhinitis atau yang lebih sering dikenal dengan pilek dapat diredakan dengan cara melembapkan suhu udara sekitar menggunakan pelembap udara agar mencegah udara yang terlalu kering dan gejala ranitis teratasi.

3.Polip hidung

Polip hidung merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya iritasi dan pembengkakan pada saluran hidung, serta sinus yang berlangsung selama lebih dari 12 minggu.

Masih banyak orang yang belum menyadari bahwa dirinya memiliki polip hidung, padahal pada saat polip hidung menjadi lebih besar, akan menimbulkan beberapa gejala berikut ini:

  • Hidung bengkak
  • Rasa sesak terus menerus
  • Pilek
  • Menurunnya fungsi indera penciuman
  • Sering mimisan
  • Sakit wajah dan juga sakit kepala

Bila polip hidung terjadi, cara perawatan yang terbaik adalah dengan melakukan konsultasi kepada dokter sehingga akan mendapatkan cara penanganan yang tepat.

4.Sinus kronis

Penyebab hidung bengkak dari dalam selanjutnya adalah kaarena terjadi sinusitis kronis di dalam hidung. Kondisi kronis ini akan menimbulkan bengkak dan radang selama 3 bulan ataupun lebih.

Kondisi sinus kronis bisa dialami oleh orang dewasa hingga anak-anak yang bisa ditandai dengan gejala berikut ini:

  • Hidung bengkak dan terjadi peradangan
  • Hidung tersumbat
  • Ada cairan yang mengalir di belakang tenggorokan
  • Nyeri dan bengkak di area sekitar mata, hidung, dan pipi
  • Menurunnya indera penciuman dan juga indera perasa

Ada beberapa cara mengobati yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala sinusistis kronis ini, yaitu:

  • Mencuci hidung menggunakan cairan Natrium klorida (NaCl) untuk mengurangi dan mengeluarkan cairan yang tersumbat di dalam hidung
  • Kortikosteroid minum untuk meredakan gejala hidung bengkak dan peradangan
  • Obat alergi, jika sinusitis terjadi karena faktor alergi
  • Obat anti jamur, bila sinus terjadi karena adanya jamur
  • Obat antibiotik, jika infeksi ini terjadi akibat adanya bakteri

Cara perawatan ini bisa berbeda sesuai dengan saran dari dokter yang disesuaikan dengan kondisi Anda.

Itulah beberapa penyebab hidung bengkak dan cara penanganannya, khususnya pada bagian dalam yang lebih sulit untuk diketahui penyebabnya secara kasat mata. 

Tetap disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan diagnosis yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *