Penggila Makanan Pedas, Ketahui Cara Mengatasi Perut Panas!

Salah satu rasa dominan dalam sebagian besar masakan khas Indonesia adalah pedas. Banyak pula masyarakat kita yang menggandrungi makanan pedas. Masalahnya, rasa pedas potensial membuat perut terasa panas. Bagi Anda yang senang makan makanan pedas, perlu sekali mengetahui cara mengatasi perut panas. 

Dengan mengetahui cara mengatasi perut panas, si penyuka pedas bisa tetap menjalani aktivitasnya seperti biasa. Pasalnya, perut panas mungkin sekali membuat aktivitas terganggu karena satu atau lebih masalah turunannya. 

Kondisi ini kerap terjadi karena makanan pedas akan merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan suhu tubuh. Sebenarnya, sensasi ini disebabkan oleh zat capsaicin yang terkandung dalam cabai. Jadi, saat capsaicin bersentuhan dengan lapisan lambung, saraf yang ada di bagian tersebut langsung mengirimkan sinyal rasa sakit dan panas.

Selain perut terasa panas, mungkin sekali perut juga mengalami mulas setelah makan pedas. Akan tetapi, perlu diingat pula bahwa ada sebagian orang yang tidak merasakan apa-apa karena kondisi organ pencernaan mereka sudah terbiasa dengan zat-zat “pembuat masalah” tersebut. Walau demikian, buat berjaga-jaga, tiada salahnya Anda mengetahui cara mengatasi perut panas setelah makan pedas di bawah ini:

  • Makan buah dan sayur

Untuk mencegah dan mengatasi perut panas akibat makan pedas, disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur sebelum dan sesudah makan makanan pedas.

Hal ini karena buah dan sayur dapat meluruhkan capsaicin yang terdapat pada cabai, yaitu kandungan yang bisa menyebabkan rasa panas pada perut pasca-mengonsumsi makanan pedas.

  • Jeruk

Buah-buahan yang dapat Anda pilih untuk meredakan perut panas setelah makan pedas adalah jeruk limau atau lemon. Perasan jeruk limau atau lemon juga memiliki fungsi meluruhkan capsaicin si penyebab rasa pedas dengan cepat dan efektif.

  • Susu

Susu sudah terkenal ampuh mengatasi perut panas akibat makan pedas. Hal ini menjadj mungkin karena susu dapat menetralkan asam dari makanan pedas yang Anda konsumsi.

Namun perlu dicatat, jangan mengonsumsinya terlalu banyak karena hal tersebut bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Cukup minum setengah cangkir susu dan duduk dalam posisi tegak selama 30 menit.

  • Yogurht

Produk olahan susu ini juga dapat dikonsumsi sebagai salah satu cara mengatasi perut panas akibat makanan pedas. Hal ini karena yogurt mampu membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus yang mampu membantu melepaskan suhu panas dan membantu memperlancar pencernaan.

  • Teh pappermint

Kendati kurang populer di Indonesia, peppermint dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, termasuk perut panas akibat makan pedas. Peppermint memiliki zat antinyeri yang dapat mengurangi rasa nyeri perut dan perut panas. Selain menggunakan teh, Anda bisa segera hirup aromaterapi peppermint.

  • Jahe

Jahe sudah terkenal sebagai tanaman herbal yang punya banyak fungsi. Salah satu fungsi yang bisa dilakukan jahe adalah menjaga kesehatan dan kondisi pencernaan. Sensasi panas yang ditimbulkan makanan pedas bisa pula diatasi dengan mengonsumsi jahe–utamanya air rebusan atau sari jahe. 

Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi organ pencernaan, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan Anda. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

***

Makanan pedas memang menggugah selera dan menambah nafsu makan. Namun, Anda perlu untuk waspada dan berhati-hati karena makanan pedas juga punya efek samping negatif bagi kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Perut terasa panas mungkin hanya salah satunya. 

Ketika suatu saat Anda merasakan sensasi perut panas setelah mengonsumsi masakan pedas, Anda bisa memilih satu atu beberapa cara mengatasi perut panas di atas. Namun, jika dalam waktu tertentu kondisi Anda tak kunjung membaik, disarankan untuk segera mencari bantuan medis. Dikhawatirkan ada masalah pencernaan serius yang sedang Anda derita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *