Mengenal Perdarahan Subarachnoid

Perdarahan subarachnoid adalah pendarahan di ruang antara otak Anda dan membran sekitarnya (ruang subarachnoid). Gejala utamanya adalah sakit kepala parah yang tiba-tiba. Sakit kepala kadang-kadang dikaitkan dengan mual, muntah, dan kehilangan kesadaran singkat.

Ruang subarachnoid adalah area antara otak dan tengkorak, yang diisi dengan cairan serebrospinal (CSF), yang bertindak sebagai bantalan mengambang untuk melindungi otak Anda. Ketika darah dilepaskan ke ruang subarachnoid, hal itu akan mengiritasi lapisan otak, meningkatkan tekanan pada otak, dan merusak sel-sel otak. Pada saat yang sama, area otak yang sebelumnya menerima darah kaya oksigen dari arteri yang terkena sekarang kekurangan darah, sehingga menyebabkan stroke. 

Jika Anda atau orang yang dicintai mengalami gejala perdarahan subarachnoid, Anda harus segera mengunjungi UGD atau berkonsultasi dengan dokter. Berikut gejala dari perdarahan subarachnoid:

  • Tiba-tiba sakit kepala parah (sering digambarkan sebagai “sakit kepala terparah dalam hidup saya”)
  • Mual dan muntah
  • Leher kaku
  • Kepekaan terhadap cahaya (fotofobia)
  • Penglihatan kabur atau ganda
  • Hilang kesadaran
  • Kejang

Perdarahan subarachnoid sering kali merupakan tanda pecahnya aneurisma. Untuk mendiagnosis perdarahan subarachnoid, dokter Anda kemungkinan besar akan merekomendasikan:

  • CT scan. Tes pencitraan ini dapat mendeteksi pendarahan di otak Anda. Dokter Anda mungkin menyuntikkan pewarna kontras untuk melihat pembuluh darah Anda secara lebih rinci (CT angiogram).
  • MRI. Tes pencitraan ini juga dapat mendeteksi pendarahan di otak Anda. Dokter Anda mungkin menyuntikkan pewarna ke dalam pembuluh darah untuk melihat arteri dan vena secara lebih rinci (angiogram MR) dan untuk menyoroti aliran darah.
  • Angiografi serebral. Dokter Anda memasukkan tabung tipis dan panjang (kateter) ke dalam arteri di kaki Anda dan memasukkannya ke otak Anda. Pewarna disuntikkan ke dalam pembuluh darah otak Anda untuk membuatnya terlihat di bawah pencitraan sinar-X. Dokter Anda mungkin merekomendasikan angiografi serebral untuk mendapatkan gambar yang lebih detail atau jika diduga ada perdarahan subarachnoid tetapi penyebabnya tidak jelas atau tidak muncul pada pencitraan lain.

Hingga 22% dari perdarahan subarachnoid aneurysmal tidak muncul pada tes pencitraan awal. Jika tes awal Anda tidak menunjukkan perdarahan, dokter Anda mungkin merekomendasikan:

  • Pungsi lumbal. Dokter Anda memasukkan jarum ke punggung bawah Anda untuk menarik sejumlah kecil cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang (cairan serebrospinal). Cairan diperiksa untuk mengetahui adanya darah, yang dapat mengindikasikan perdarahan subarachnoid.
  • Pencitraan berulang. Tes mungkin diulang beberapa hari setelah pengujian awal.

Pengobatan untuk perdarahan subarachnoid bervariasi, tergantung pada penyebab perdarahan dan tingkat kerusakan otak. Perawatan mungkin termasuk tindakan penyelamatan nyawa, pengurangan gejala, perbaikan pembuluh darah, dan pencegahan komplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *