Mengenal Chlorpheniramine, Antihistamine Dalam Pimtrakol

Pimtrakol adalah sebuah obat yang digunakan untuk mengatasi demam, hidung tersumbat, sakit kepala, bersin-bersin, dan batuk. Kandungan utama dalam pimtrakol adalah paracetamol (dikenal pula dengan nama acetaminophen), dan chlorpheniramine. Chlorpheniramine adalah sebuah antihistamine yang digunakan untuk meringankan alergi dan demam, dengan gejala seperti ruam kulit, mata berair, mata/hidung/tenggorokan/kulit yang gatal, batuk, hidung meler, dan bersin-bersin. Chlorpheniramine bekerja dengan cara menghambat zat alami tertentu (yang bernama histamine) yang dibuat oleh tubuh saat reaksi alergi terjadi. Dengan menghambat zat alami lain yang dibuat oleh tubuh (aetylcholine), chlorpheniramine membantu mengeringkan beberapa cairan tubuh untuk meringankan gejala seperti mata berair dan hidung meler. 

Peringatan

Produk demam dan batuk tidak menunjukkan efektif atau aman digunakan untuk anak berusia kurang dari 6 tahun. Sehingga, jangan menggunakan produk chlorpheniramine apapun, termasuk pimtrakol, untuk mengatasi gejala demam pada anak usia di bawah 6 tahun kecuali direkomendasikan oleh dokter. Beberapa produk (seperti tablet atau kapsul yang bertindak lambat) tidak direkomendasikan penggunaannya untuk anak berusia kurang dari 12 tahun. Diskusikan dengan dokter perihal bagaimana menggunakan produk yang mengandung chlorpheniramine dengan aman. 

Produk chlorpheniramine tidak akan menyembuhkan atau memperpendek durasi sakit demam yang diderita, dan dapat menyebabkan efek samping yang serius. Untuk mengurangi risiko efek samping tersebut, ikuti petunjuk pemberian dosis dengan hati-hati. Dan jangan menggunakan produk chlorpheniramine seperti pimtrakol untuk membuat anak merasa mengantuk. Anda juga tidak boleh memberikan atau mengonsumsi obat batuk dan demam lain yang mengandung bahan sama atau serupa karena dapat menyebabkan interaksi obat yang dapat mengurangi efektivitas obat atau membuatnya berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

Efek samping

Penting untuk diingat apabila dokter meresepkan obat yang mengandung chlorpheniramine, ia telah menimbang dan memutuskan bahwa manfaat yang didapat dari obat lebih besar dari risiko efek samping yang dibawanya. Selain itu, banyak orang tidak menderita efek samping serius apapun terhadap chlorpheniramine yang ada di dalam pimtrakol. Meskipun demikian, chlorpheniramine dapat menyebabkan efek samping bagi beberapa orang, seperti menyebabkan kantuk, pusing, konstipasi, sakit perut, pandangan yang kabur, dan mulut/hidung/tenggorokan yang kering. Apabila gejala efek samping tersebut berubah menjadi lebih parah atau tidak kunjung sembuh, hubungi dokter secepatnya. Anda juga perlu menghubugi dokter apabila menderita efek samping serius, seperti perubahan suasana hati/mental (misalnya gelisah dan bingung), kesulitan buang air kecil, dan detak jantung yang cepat atau tidak teratur. Cari bantuan medis secepatnya apabila Anda memiliki efek samping serius seperti kejang. 

Sebelum menggunakan obat apapun yang mengandung chlorpheniramine, beritahu dokter apabila Anda memiliki alergi terhadap zat tersebut, atau ketika Anda memiliki alergi apapun. Produk ini dapat mengandung bahan tidak aktif yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau gangguan kesehatan lainnya. Sebelum menggunakan obat, beritahu dokter seputar riwayat medis yang dimiliki, terutama apabila Anda atau keluarga memiliki gangguan pernapasan (seperti asma atau emphysema), glaucoma, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, penyakit hati, kejang, sulit buang air kecil, dan hyperthyroidism. 

Pimtrakol dan obat-obatan lain yang mengandung chlorpheniramine berbentuk cairan dapat mengandung aspartame, gula, dan atau alkohol. Berhati-hatilah dalam menggunakannya terutama apabila Anda menderita diabetes, ketergantungan alkohol, penyakit hati, phenylketonuria, dan kondisi lain yang membutuhkan Anda untuk membatasi atau menghindari zat-zat tersebut dalam diet Anda. Diskusikan dengan dokter tentang bagaimana menggunakan obat ini dengan benar dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *