Manfaatkan Promo Pemeriksaan Hepatitis untuk Kesehatan Anda!

Manfaatkan Promo Pemeriksaan Hepatitis untuk Kesehatan Anda!

Hepatitis adalah peradangan pada hati atau liver. Hepatitis bisa disebabkan oleh infeksi virus, bisa juga disebabkan oleh kondisi atau penyakit lain, seperti kebiasaan mengonsumsi alkohol, penggunaan obat-obatan tertentu, atau penyakit autoimun. Jika disebabkan oleh infeksi virus, hepatitis bisa menular. Hepatitis B merupakan salah satu masalah kesehatan yang masih banyak ditemukan di Indonesia. Hepatitis merupakan penyakit yang cukup berbahaya sehingga diperlukan pemeriksaan yang lebih detail. Anda bisa mendapatkan promo pemeriksaan hepatitis dari Laboratorium Cahayasaga.

Promo pemeriksaan hepatitis ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh terkhususnya mengenai indikasi penyakit hepatitis. Hepatitis bisa disebabkan oleh beragam kondisi dan penyakit. Namun, penyebab yang paling sering adalah infeksi virus. Berikut adalah beberapa jenis hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus.

  • Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A (HAV). Hepatitis A ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi feses penderita hepatitis A yang mengandung virus hepatitis A.

  • Hepatitis B

Hepatitis B disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B dapat  ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita hepatitis B. Cairan tubuh yang dapat menjadi sarana penularan hepatitis B adalah darah, cairan vagina, dan air mani.

  • Hepatitis C

Hepatitis C disebabkan oleh infeksi virus hepatitis C (HCV). Hepatitis C juga ditularkan melalui cairan tubuh. Penularan bisa terjadi saat berhubungan seksual tanpa kondom atau menggunakan jarum suntik bekas penderita hepatitis C. Jika ibu hamil menderita hepatitis C, bayinya dapat tertular penyakit ini saat melewati jalan lahir ketika persalinan.

  • Hepatitis D

Hepatitis D disebabkan oleh infeksi virus hepatitis D (HDV). Hepatitis D merupakan jenis hepatitis yang jarang terjadi, tetapi bisa bersifat serius. Virus hepatitis D tidak bisa berkembang biak di dalam tubuh manusia tanpa adanya hepatitis B. Hepatitis D ditularkan melalui darah dan cairan tubuh lainnya.

  • Hepatitis E

Hepatitis E disebabkan oleh infeksi virus hepatitis E (HEV). Hepatitis E mudah menular pada lingkungan yang memiliki sanitasi yang buruk. Salah satunya melalui kontaminasinya pada sumber air.

Hepatitis B merupakan jenis hepatitis yang paling banyak penderitanya, sehingga pemeriksaan hepatitis B ini lebih banyak tersedia di Laboratorium Klinik maupun rumah sakit. Pemeriksaan hepatitis B biasanya dimulai dengan wawancara tentang keluhan atau gejala yang dirasakan, faktor risiko penularan, faktor keluarga atau orang sekitar yang menderita hepatitis, dan sebagainya. Setelah itu, pemeriksaan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik untuk mengecek adanya demam, kekuningan pada kulit maupun mata, nyeri perut, atau organ hati yang membesar. Bila kedua hasil pemeriksaan di atas mengarah ke hepatitis B, dokter akan merekomendasikan untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

  1. Pemeriksaan darah

Pemeriksaan darah yang dilakukan, yaitu pemeriksaan enzim hati, pemeriksaan antibodi terhadap virus hepatitis, dan juga pemeriksaan apakah ada bagian virus di darah seperti protein atau materi genetik virus. Pemeriksaan darah ini dapat menentukan apakah Anda sudah pernah terinfeksi virus hepatitis B, sudah pernah divaksinasi, menderita hepatitis B akut, menderita hepatitis B kronis, serta tingkat keparahan penyakit.

  1. Pemeriksaan radiologi

Terkadang, Anda juga diminta untuk melakukan pemeriksaan USG hati. Tujuannya untuk melihat kondisi organ hati Anda, termasuk kemungkinan adanya kerusakan hati dan apakah sudah terjadi komplikasi serius berupa sirosis hati atau kanker hati.

  1. Biopsi hati

Bila dianggap diperlukan, maka akan dilakukan juga biopsi hati. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara mengambil sedikit jaringan hati dengan jarum, kemudian dikirim ke laboratorium untuk diperiksa sejauh mana kerusakan hati sudah terjadi.

Itulah beberapa jenis hepatitis dan rangkaian pemeriksaan hepatitis yang harus Anda pahami. Promo pemeriksaan hepatitis yang disediakan oleh SehatQ tentunya akan membantu untuk memantau kesehatan Anda. Promo pemeriksaan hepatitis ini bisa Anda dapatkan di Laboratorium Cahayasaga dengan potongan 27% dari harga normal. Jadi, jangan lewatkan promo ini, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *