Manfaat Terapi Psoriasis

Terapi psoriasis adalah perawatan yang dilakukan jika pasien mengalami psoriasis. Psoriasis merupakan penyakit kulit dimana penyakit tersebut menimbulkan bercak bersisik merah pada kulit dan membuat orang merasa gatal. Psoriasis dapat menyebar ke bagian kulit mana saja, namun kulit pada bagian lengan dan kaki lebih sering terjadi.

Para peneliti belum dapat menentukan dengan pasti penyebab psoriasis. Meskipun demikian, para peneliti menduga bahwa psoriasis berhubungan dengan faktor genetik dan kelemahan sistem kekebalan tubuh.

Seseorang yang mengalami psoriasis juga dapat mengalami tingkat keparahan yang berbeda pada kulit mereka. Sebagian orang berpikir bahwa psoriasis adalah gangguan yang ringan pada tubuh, namun sebagian orang juga berpikir bahwa psoriasis adalah gangguan yang serius pada tubuh.

Untuk mengatasi psoriasis, setiap orang sangat dianjurkan untuk melakukan terapi psoriasis. Ada berbagai kategori terapi psoriasis yang dapat dilakukan, antara lain terapi topikal, terapi cahaya, dan penggunaan obat.

Meskipun ada berbagai kategori yang dapat dilakukan, salah satu kategori terapi psoriasis mungkin efektif bagi sebagian orang. Oleh karena itu, Anda sebaiknya konsultasikan pilihan tersebut dengan dokter jika Anda mengalami psoriasis dan ingin melakukan terapi psoriasis.

Mengapa Perlu Melakukan Terapi Psoriasis?

Pasien perlu melakukan terapi psoriasis untuk mencegah berbagai gejala akibat psoriasis seperti bercak merah dan gatal. Tidak hanya itu, terapi psoriasis juga dapat mencegah sel-sel kulit agar tidak tumbuh terlalu cepat.

Terapi Psoriasis

Jika Anda mengalami psoriasis dan ingin melakukan terapi psoriasis, Anda dapat melakukannya. Anda tidak perlu mempersiapkan apapun, namun Anda sebaiknya pahami manfaat dan risiko mengenai terapi psoriasis.

Ada tiga kategori yang dapat dilakukan dokter untuk mencegah gangguan pada kulit, antara lain terapi topikal, terapi cahaya, dan penggunaan obat. Berikut adalah penjelasan mengenai ketiga cara tersebut:

  1. Terapi topikal

Terapi topikal adalah terapi psoriasis yang dilakukan dokter dengan menggunakan obat oles berupa kortikosteroid, analog vitamin D, retinoid, penghambat kalsium, asam salisilat, coal tar, dan anthralin.

  • Terapi cahaya

Terapi cahaya adalah terapi psoriasis yang diterapkan jika pasien mengalami kondisi sedang hingga berat pada tubuh. Terapi cahaya dilakukan melalui penyinaran sejumlah cahaya alami atau buatan yang diaplikasikan ke kulit yang terdampak. Ada berbagai pilihan terapi cahaya yang dapat dilakukan, antara lain sinar matahari, UVB broadband, UVB narrowband, dan laser excimer.

  • Penggunaan obat

Penggunaan obat juga merupakan terapi psoriasis lain yang dapat dilakukan jika terapi topikal atau cahaya tidak memberikan hasil yang bagus. Terapi ini dapat dilakukan oleh penderita sedang hingga berat.

Pasien yang melakukan terapi psoriasis melalui penggunaan obat, dapat menggunakan obat baik melalui obat minum maupun obat injeksi. Contoh obat yang dapat dikonsumsi adalah steroid, retinoid, dan siklosporin. Contoh obat injeksi yang dapat digunakan adalah infliximab, adalimumab, ustekinumab, dan secukinumab.

Risiko Dari Terapi Psoriasis

Pasien yang melakukan terapi psoriasis akan membaik. Meskipun kondisi kulit akan pulih, pasien juga perlu pahami bahwa terapi psoriasis dapat memicu risiko berupa kulit kemerahan dan melepuh, sakit kepala, lelah, sakit perut, mual, gatal-gatal, luka bakar, infeksi, dan kanker kulit.

Kesimpulan

Terapi psoriasis merupakan terapi yang dapat mengatasi masalah pada bagian kulit. Ada berbagai cara untuk mengatasi gangguan tersebut. Meskipun demikian, Anda sebaiknya pahami manfaat dan risiko yang mungkin terjadi jika Anda ingin melakukan terapi psoriasis. Oleh karena itu, Anda dapat konsultasikan persoalan ini dengan dokter, dan dokter akan membantu Anda untuk memilih terapi psoriasis yang tepat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *