Manfaat Layanan Pemeriksaan TORCH di Kimia Farma Jambi

Pemeriksaan TORCH yang merupakan salah satu layanan di Kimia Farma Jambi merupakan sebuah tes yang digunakan mendeteksi infeksi pada wanita hamil. Pemeriksaan perlu dilakukan karena infeksi dapat ditularkan ke janin selama kehamilan. Deteksi dini dan pengobatan infeksi dapat mencegah komplikasi pada bayi baru lahir.

TORCH merupakan akronim dari infeksi yang tercakup dalam pemeriksaan seperti toksoplasmosis

  • other atau lainnya (HIV, virus hepatitis, varicella, parvovirus )
  • rubella (campak Jerman)
  • sitomegalovirus
  • herpes simpleks
  • sipilis.

Dokter pada umumnya melakukan beberapa komponen pemeriksaan TORCH secara rutin ketika seorang wanita melakukan kunjungan prenatal pertamanya. Dokter bisa melakukan komponen pemeriksaan lain jika seorang wanita menunjukkan gejala penyakit tertentu selama kehamilan. Hal ini karena penyakit tersebut dapat melewati plasenta dan menyebabkan cacat lahir pada bayi yang baru lahir. Penyakit tersebut antara lain:

  • katarak
  • tuli
  • cacat intelektual (ID)
  • masalah jantung
  • kejang
  • penyakit kuning
  • kadar trombosit rendah.

Tes ini bekerja dengan cara menyaring antibodi terhadap penyakit menular. Antibodi sendiri merupakan protein yang bertugas untuk mengenali dan menghancurkan zat berbahaya, seperti virus dan bakteri. Secara khusus, pemeriksaan TORCH bekerja dengan cara menyaring dua antibodi yang berbeda: imunoglobulin G (IgG) dan imunoglobulin M (IgM).

Antibodi IgG akan hadir ketika seseorang pernah mengalami infeksi dan tidak lagi sakit akut. Sedangkan antibodi IgM hadir ketika seseorang telah memiliki infeksi akut. Seorang dokter dapat menggunakan antibodi ini bersama dengan riwayat gejala wanita untuk menilai apakah janin telah terkena infeksi.

Persiapan Pemeriksaan TORCH

Pemeriksaan TORCH yang merupakan salah satu layanan di Kimia Farma Jambi, tidak memerlukan persiapan khusus. Akan tetapi, penting untuk memberi tahu dokter jika Anda yakin telah terinfeksi virus apa pun yang tercakup dalam pemeriksaan TORCH.

Anda juga harus menyebutkan obat bebas atau resep yang sedang Anda konsumsi. Dokter kemudian akan memberi tahu Anda jika perlu untuk berhenti mengonsumsi obat tertentu atau menghindari makan dan minum sebelum tes.

Prosedur Pemeriksaan TORCH

Pemeriksaan TORCH melibatkan pengambilan sampel kecil darah. Sampel darah yang diambil biasanya darah dari vena yang terletak di lengan. Anda akan diminta masuk ke laboratorium dan phlebotomist akan melakukan pengambilan sampel darah. Petugas akan membersihkan area tersebut dan menggunakan jarum untuk mengambil darah. Kemudian, petugas akan mengumpulkan darah dalam tabung, atau dalam wadah kecil.

Saat sampel darah sedang diambil, Anda mungkin akan merasakan tusukan tajam atau sensasi menyengat. Biasanya akan ada sedikit pendarahan setelah pengambilan sampel. Petugas akan memberikan perban di atas lokasi tusukan setelah pengambilan sampel selesai dilakukan.

Risiko Pemeriksaan TORCH

Pemeriksaan atau skrining virus TORCH adalah tes darah sederhana dan memiliki risiko yang rendah. Pada umumnya usai pemeriksaan TORCH, Anda mungkin mengalami memar, kemerahan, dan nyeri di tempat tusukan pengambilan sampel darah. Dalam kasus yang sangat jarang, luka tusukan bisa terinfeksi. Akan tetapi, pemeriksaan TORCH tidak menimbulkan risiko bagi janin yang dikandung. 

Hasil Normal Pemeriksaan TORCH

Nilai normal pada hasil pemeriksaan TORCH berarti tidak ada tanda infeksi pada bayi baru lahir. Rentang nilai normal mungkin sedikit berbeda di antara laboratorium yang berbeda. Bicaralah dengan petugas medis atau dokter tentang arti dari hasil tes Anda.

Arti Hasil Pemeriksaan TORCH yang Tidak Normal 

Jika antibodi yang disebut imunoglobulin (IgM) terhadap kuman tertentu ditemukan pada bayi dalam tingkat yang tinggi, mungkin sudah terjadi infeksi. Dokter atau petugas medis mungkin memerlukan Anda untuk melakukan lebih banyak tes untuk mengonfirmasi diagnosis.

Untuk Anda yang memerlukan pemeriksaan TORCH, Anda bisa melakukannya di klinik atau rumah sakit terdekat di kota Anda yang menyediakan layanan tersebut, seperti Laboratorium Klinik Kimia Farma Jambi. Klinik Kimia Farma Jambi berlokasi di Jalan Hos Cokroaminoto No. 38-39 Kelurahan Payo Lebar, Kecamatan Jelutung 36135, dan memiliki jam operasional Senin hingga Jumat pukul 07.00 hingga 21.00, sedangkan pada hari Sabtu buka mulai jam 07.00 sampai 17.00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *