Manfaat, Kandungan, dan Aturan Pakai Obat Stop Cold

Stop Cold tablet obat untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala dan hidung tersumbat

Obat Stop Cold menjadi obat bebas terbatas yang populer untuk meredakan gejala flu seperti obat Paramex, Panadol, Inzana, dan lainnya. Beberapa tahun lalu, sempat beredar pesan berantai yang mengatakan Stop Cold dicabut izin edarnya atau tidak boleh dikonsumsi.

Namun, POM (Pengawas Obat Makanan) membantah pesan tersebut dan mengatakan bahwa hal tersebut adalah informasi palsu atau hoax. Untuk lebih jelasnya tentang obat Stop Cold, berikut ada manfaat dan kandungan serta aturan pakai obat Stop Cold. 

Apa Itu Obat Stop Cold?

Obat Stop Cold adalah obat berbentuk tablet yang masuk dalam golongan obat bebas terbatas dan memiliki kegunaan untuk meringankan gejala flu, mulai dari demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin, serta batuk.

Anda bisa menemukannya secara bebas dan didaptkan tanpa perlu resep dokter tapi harus memperhatikan peringatan yang tercantum dalam kemasannya. Obat Stop Cold masuk dalam kelas terapi analgesik, antipiretik, dan dekongestan. 

Obat ini masuk dalam klasifikasi analgesic non-opinoid dan diproduksi oleh Pharos Chemie. Stop Cold dijual dalam kemasan strip yang berisi 4 tablet per strip-nya. 

Manfaat dan Kandungan Obat Stop Cold

Seperti kegunaannya, obat Stop Cold memiliki manfaat untuk meredakan gejala flu yang seringkali mengganggu, seperti demam, skait kepala, bersin dan batuk. Dalam obat Stop Cld terkandung komposisi:

  • Paracetamol 500 mg

Paracetamol atau acetaminophen adalah obat yang digunakan untuk mengobati nyeri ringan hingga sedang dari sakit kepala, menstruasi, sakit gigi, sakit punggung, osteoartritis, atau sakit dan nyeri pilek/flu dan untuk menurunkan demam. Ini merupakan obat analgesic paling umum yang digunakan di seluruh dunia. 

  • Phenylpropanolamine 20 mg

Phenylpropanolamine merupakan obat yang digunakan sebagai dekongestan (pengobatan hidung tersumbat), kontrol inkontinensia urin, priapismus dan obesitas atau sebagai penekan nafsu makan.

  • Triprolidine 2,5 mg

Triprolidine adalah antagonis histamin H1 atau antihistamin generasi pertama yang digunakan pada rinitis alergi, asma, dan urtikaria. Ini juga merupakan komponen obat batuk dan pilek yang dapat menyebabkan kantuk.

Kandungan ini kerap dikombinasikan dengan pseudoefedrin dan guaifenesin dalam berbagai jenis obat flu dan alergi untuk meredakan gejala alergi, demam, dan gejala flu biasa, serta membantu tidur.

  • Glyceryl guaiacolate 50 mg

Glyceryl guaiacolate atau guaifenesin adalah ekspektoran yang biasa ditemukan dalam produk OTC (over the counter) atau obat bebas untuk meredakan gejala sesak dada dan batuk yang berhubungan dengan pilek, bronkitis, dan/atau penyakit pernapasan lainnya.

Mereka mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan sehingga dapat melegakan pernafasan dan membersihkan hidung yang tersumbat.

  • Vitamin C 50 mg

Mengutip dari WebMD, kata para ahli, vitamin C menjadi salah satu nutrisi paling aman dan paling efektif. Meskipun mungkin bukan obat untuk flu, manfaat vitamin C dapat mencakup manfaat yang ditawarkan obat medis, seperti perlindungan terhadap defisiensi sistem kekebalan, penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan pralahir, penyakit mata, dan bahkan kerutan kulit. 

Tapi ada batas konsumsi vitamin C perhari untuk setiap orang, di mana orang dewasa hanya dapat mengonsumsi maksimal 2000 mg vitamin C sehari. Obat Stop Cold sendiri hanya memiliki kandungan 50 mg vitamin C dalam tiap tabletnya. Anda masih bisa mendapatkan tambahan vitamin C dari menu makanan Anda.

Aturan Pakai Stop Cold

Stop Cold hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dengan dosis 3 kali sehari 1 tablet. Stop Cold dapat dikonsumsi dengan makan atau tanpa makan. Stop Cold merupakan jenis tablet salut gula, lapisan ini biasanya digunakan untuk menutupi rasa dan bau tidak enak dari obat. Oleh karenanya telan langsung obat saat diminum dengan air. 

Obat Stop Cold merupakan obat yang berkhasiat meredakan gelaja flu yang menganggu aktivitas. Ada 5 bahan utama di Stop Cold yang akan segera melegakan pernafasan Anda dan meredakan gejala lain terkait flu. Stop Cold aman digunakan selama dalam dosis yang tepat dan izin edarnya masih berlaku. 

Temukan informasi seputar obat Stop Cold di aplikasi kesehatan keluarg SehatQ dan dapatkan obatnya di Toko SehatQ. Dijamin asli!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *