Manfaat Jus Cranberry Bagi Kesehatan Tubuh

Buah cranberry merupakan salah satu “superfood” yang sangat populer. Cranberry merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Utara. Banyak orang menganggap buah ini sebagai superfood karena kandungan nutrisinya yang tinggi dan sifat antioksidan yang dimilikinya. Bahkan, penelitian telah menghubungkan nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalam buah cranberry dengan penurunan risiko infeksi saluran kemih, sebagai bentuk pencegahan beberapa jenis kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan tekanan darah. Orang biasanya mengonsumsinya dalam bentuk selai atau jus buah. Artikel ini akan membahas manfaat jus cranberry bagi kesehatan tubuh apabila Anda rutin meminumnya.

cranberry

Mengatasi infeksi saluran kemih (UTI)

Manfaat jus cranberry salah satunya adalah memainkan peran dalam perawatan tradisional infeksi saluran kemih (UTI). Akan tetapi, penelitian pada efek buah cranberry terhadap perawatan UTI memberikan hasil yang bertentangan. Misalnya saja, pada sebuah tinjauan tahun 2016 ditemukan bahwa pekerja medis profesional sering merekomendasikan cranberry untuk wanita yang memiliki infeksi saluran kemih. Selain itu, sebuah studi pada tahun 2014 pada 516 peserta menemukan bahwa mengonsumsi 1 kapsul ekstrak cranberry dua kali sehari dapat mengurangi terjadinya infeksi saluran kemih.

Kandungan level antioksidan proanthocyanidins (PAC) yang tinggi pada buah cranberry membantu mencegah bakteri tertentu menempel pada dinding saluran kemih. Dengan cara ini, PAC di dalam buah cranberry membantu mencegah infeksi. Akan tetapi, sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa meskipun kapsul cranberry dapat memberikan manfaat tersebut, jus buah cranberry tidak dapat memberikan hasil yang serupa. Ini disebabkan karena butuh konsentrasi ekstrak cranberry yang tinggi untuk dapat mencegah adhesi bakteri. Jus buah cranberry yang tersedia di pasaran tidak mengandung PAC dalam jumlah yang cukup tinggi.

Sementara itu, pada sebuah studi tahun 2019 ditemukan bahwa meskipun buah cranberry tidak dapat mengatasi bakteri yang menyebabkan UTI, mengkombinasikannya dengan ekstrak asam caprylic yang berasal dari minyak kelapa dan ekstrak minyak esensial oregano dapat membunuh bakteri Escherichia coli.

Memperlambat perkembangan kanker

Sebuah tinjauan tahun 2016 pada 34 studi pra-klinis menemukan bahwa cranberry atau senyawa yang ada pada buah cranberry memiliki efek bermanfaat dalam melawan sel-sel kanker dalam tabung tes. Manfaat jus cranberry tersebut di antaranya adalah memicu kematian sel-sel kanker, memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker, dan mengurangi peradangan. Ulasan tersebut juga menyatakan bahwa cranberry dapat memengaruhi beberapa mekanisme yang dapat meningkatkkan pertumbuhan dan persebaran kanker. Meskipun tes kanker pada manusia masih sangat terbatas, temuan tersebut memberikan hasil yang menjanjikan terhadap perawatan kanker di masa depan.

Meningkatkan kesehatan mulut

PAC yang terkandung di dalam buah cranberry juga bermanfaat untuk kesehatan mulut. PAC tersebut dapat mencegah bakteri menempel pada permukaan gigi, menurut para peneliti dari Universitas Pusat Medis Rochester di New York. Cranberry juga memiliki manfaat dalam mencegah penyakit gusi. Meskipun manfaat jus cranberry melimpah, konsumsi buah ini harus dengan penuh kehati-hatian. Mereka yang sedang meminum obat pengencer darah warfarin tidak boleh tiba-tiba meningkatkan asupan cranberry. Meskipun tidak ada bukti yang bertentangan tentang potensi buah cranberry dalam meningkatkan efek anti pembekuan, buah cranberry dapat meningkatkan pendarahan. Produk cranberry juga dapat menyebabkan pengeluaran oxalate yang lebih banyak di dalam urin. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal pada orang-orang yang rentan terhadap batu ginjal jenis kalsium oxalate. Mereka yang memiliki riwayat medis dengan kondisi batu ginjal perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan penyedia layanan kesehatan sebelum meningkatkan asupan jus buah cranberry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *