Manfaat Jojoba Oil Atasi Jerawat Tak kunjung Sembuh

Manfaat Jojoba Oil Atasi Jerawat Tak kunjung Sembuh

Minyak jojoba dipercaya memiliki bnyak manfaat untuk kecantikan. Minyak jojoba dihasilkan dari olahan biji tanaman jojoba yang merupakan benih tanaman Simmondsia chinensis. Tanaman tersebut merupakan semak-semak yang biasa tumbuh di daerah beriklim kering. Ada banyak manfaat jojoba oil yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah mengatasi jerawat.

Salah satu manfaat jojoba oil adalah pengusir alami mikroba dan membantu mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit. Sehingga, apabila jojoba oil diterapkan pada kulit, ia akan membantu melindungi kulit dari masalah jerawat. 

Namun, sebelum mencoba perawatan kulit menggunakan jojoba oil ada baiknya kamu mencoba mengoleskannya terlebih dahulu pada kulit untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak.

  • Bagaimana Jojoba Oil Mampu Mengatasi Jerawat?

Jojoba oil atau minyak jojoba bersifat non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori. Jenis minyak seperti ini mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat. Minyak alami yang diperoleh dari tanaman jojoba ini kaya antioksidan yang baik untuk menangkal efek buruk radikal bebas pada kulit.

Minyak alami yang diperoleh dari tanaman jojoba ini kaya akan anti-oksidan yang baik untuk menangkal efek buruk radikal bebas pada kulit. Jojoba oil juga memiliki banyak kandungan mineral, seperti kromium, silikon, dan juga zinc. Selain kaya mineral, jojoba oil juga mengandung vitamin E dan B yang diketahui baik untuk memperbaiki kerusakan pada lapisan kulit sekaligus menutrisi sel-sel kulit yang masih aktif. 

Meski dikategorikan sebagai minyak, namun struktur jojoba oil sendiri sangat mirip dengan sebum yang diproduksi secara alami oleh kulit. Oleh karena itu, kamu tak perlu khawatir jojoba oil akan menyumbat pori-pori karena pada dasarnya teksturnya sendiri sangat mudah diserap oleh kulit.

Dengan struktur dan sifatnya yang menyerupai sebum, jojoba oil dapat melengkapi kekurangan produksi sebum sekaligus menyeimbangkannya tanpa memicu timbulnya permasalahan kulit lain. Minyak ini bahkan dapat menghalau mikroba yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri penyebab jerawat pada pori. Jojoba oil juga bersifat anti-inflamasi yang mampu mempercepat penyembuhan luka. Atas dasar itulah mengapa manfaat jojoba oil efektif untuk mengatasi jerawat.

Lebih dari itu, jojoba oil juga berfungsi sebagai pelindung wajah. Kandungan alaminya yang kaya yodium membuat jojoba oil dapat melawan pertumbuhan bakteri berbahaya penyebab jerawat.

  • Kulit Sensitif Sebaiknya Hindari Penggunaan Jojoba Oil Bersama Pengharum atau Alkohol

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya kamu menghindari pemakaian jojoba oil yang mengandung pengharum dan pewarna. Selain itu, akan lebih baik jika kamu juga tidak menggunakan jojoba oil yang mengandung alkohol. 

Penggunaan jojoba oil beralkohol akan memberikan efek mengeringkan kulit. Di samping itu, jika kamu menggunakan jojoba oil beralkohol, kamu akan merasakan kulit seperti tersengat ketika minyak tersebut diaplikasikan ke kulit. Untuk mendapatkan manfaat jojoba oil secara maksimal, lebih direkomendasikan menggunakan produk jojoba oil yang tidak menggunakan pengharum atau alkohol walaupun harganya akan lebih mahal. 

Intinya, manfaat jojoba oil sangat bagus untuk mengatasi jerawat, karena jojoba oil memiliki agen anti-inflamasi yang menenangkan, menyembuhkan, melembabkan, dan merupakan antimikroba alami. Hal ini menunjukkan kalau jojoba oil dapat membantumu menghindari serta mengatasi jerawat yang tak kunjung sembuh. 

Selain itu, jojoba oil juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah dan menenangkan kondisi kulit seperti eksim dan rosacea. Jojoba oil juga termasuk nonkomedogenik, yang berarti tidak menyumbat pori-pori kulit jadi aman untuk digunakan untuk mengatasi jerawat. Bagaimana, sudah tertarik dengan manfaat jojoba oil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *