Manfaat Bulu Babi bagi Kesehatan yang Jarang Terungkap

Memiliki luas wilayah yang dua pertiganya berupa lautan membuat Indonesia kaya akan beragam jenis makanan laut bergizi. Salah satunya adalah bulu babi. Tidak setenar makanan laut lainnya, manfaat bulu babi bagi kesehatan tidak bisa dipandang remeh. Ini karena bulu babi termasuk jenis makanan laut tinggi nutrisi.

Beberapa kandungan nutrisi yang membuat jenis makanan laut ini kaya manfaat, seperti unsur protein yang tinggi, kandungan fosfor, melimpahnya asam amino, serta kayanya makanan ini akan vitamin Aa vitamin B, serta vitamin C. Tidak hanya manfaat bulu babi yang patut diacungi jempol, jenis hewan avertabrata ini juga lezat dikonsumsi. Menjadi olahan untuk sushi menjadi salah satu penyajian bulu babi yang paling banyak diminati.

Penasaran dengan apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh ketika mengonsumsi jenis makanan laut yang satu ini? Berikut adalah 6 manfaat bulu babi bagi tubuh yang akan membuat Anda tercengang.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Bulu babi kaya akan vitamin C yang menandakan jenis makanan laut ini memiliki antioksidan yang tidak kalah tinggi. Antioksidan berfungsi bagi imunitas tubuh serta mencegah pertumbuhan sel-sel asing yang merusak. Dengan kemampuan ini, risiko kanker pun bisa diminimalkan.  Beberapa penelitian bahkan menyebutkan, bulu babi efektif menurunkan risiko kanker otak dan kanker paru-paru.

  • Menjaga Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular, seperti jantung koroner ataupun pembengkakan jantung, masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Untuk itu, kewaspadaan untuk menjaga kesehatan jantung menjadi penting. Kombinasi vitamin A dan vitamin C pada bulu babi diklaim mampu merawat keseahatan jantung sehingga Anda bisa terhindar dari ancaman berbagai penyakit kardiovaskular.

  • Mengobati Masalah Pernapasan

Masalah pernapasan juga menjadi problem kesehatan yang mesti segera ditangani apabila tidak ingin berakhir fatal. Anda dapat mempertimbangkan manfaat bulu babi guna mengobati masalah pernapasan yang Anda atau keluarga miliki. Pasalnya, makanan laut yang satu ini tinggi akan vitamin A yang disebut efektif mengatasi berbagai masalah pernapasan, mulai dari pilek sampai asma.

  • Meminimalkan Kerusakan Mata

Bulu babi mengandung asam lemak omega-3. Menurut salah satu studi Investigative Onphthalmology and Visual Science Journal, asam lemak omega-3 yang tinggi mampu menjaga kesehatan mata. Anda bisa meminimalkan kerusakan mata yang menyebabkan kebutaan dengan mengonsumsi makanan-makanan kaya omega-3, tidak terkecuali bulu babi. Salah satu penyakit mata yang bisa dihindari dengan makan bulu babi adalah degenerasi makula.

  • Menghindarkan Masalah Ingatan

Demensia maupun alzaimer merupakan penyakit yang berhubungan erat dengan fungsi otak. Gejala awalnya mirip dengan kepikunan biasa, namun tingkat keparahannya lebih tinggi sebab penderita bahkan bisa melupakan dirinya sendiri. Manfaat bulu babi yang tidak kalah menakjubkan adalah bisa menghindarkan Anda dari risiko masalah ingatan seperti kedua penyakit tersebut. Pasalnya, asam lemak omega-3 yang terkandung dalam makanan laut ini berperan besar dalam menjaga daya ingat.

  • Menurunkan Tingkat Depresi

Bulu babi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, melainkan juga mental. Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, jenis hewan tanpa tulang belakang ini mampu menurunkan tingkat depresi bagi orang yang mengonsumsinya. Manfaat bulu babi yan satu ini bahkan disebut telah teruji dan karena itu pulalah, bulu babi kerap dijadikan obat alternatif untuk mengobati depresi yang dialami seseorang.

Dengan manfaat bulu babi yang begitu menakjubkan, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi jenis makanan laut yang satu ini. Yuk, mulai olah bulu babi menjadi makanan yang sesuai selera lidah Anda dan nikmati khasiat kesehatannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *