Kombinasi ASI dengan Susu Bubuk, Apakah Baik?

Kombinasi ASI dengan Susu Bubuk, Apakah Baik?

ASI masih menjadi opsi terbaik bagi bayi anda. ASI mengandung lemak esensial yang mendukung perkembangan otak bayi dan bagus menjadi sumber energi.

Meski begitu, tidak semua Ibu mendapatkan karunia ASI melimpah. Jika Anda mengalami masalah dalam produksi ASI, Anda tidak perlu masa bersalah atau merasa kecewa.

Setiap Ibu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. ASI tetap jadi opsi terbaik, tapi susu bubuk alias susu formula juga tidak bisa dipandang remeh.

Selain itu, Anda tidak perlu membuat pilihan sulit, sebab sebenarnya ASI dan susu formula bisa digunakan bersamaan.

Anda tetap bisa memberi nutrisi maksimal untuk bayi Anda dengan mengombinasikan ASI dengan susu formula.

Bisakah mengombinasikan ASI dan susu formula?

Tidak perlu dibantah lagi bahwa ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk bayi Anda. ASI berkembang dan menyesuaikan kebutuhan nutrisi bayi yang juga berubah.

Terlebih, menyusui juga baik untuk Ibu dengan anak pertama. Menyusui bisa mempercepat proses pemulihan, membantu melawan depresi pasca-persalinan, dan mengurangi risiko kanker.

ASI direkomendasikan untuk bayi selama 6 bulan pertama. Namun, terkadang orang tua tidak bisa memberikannya dengan maksimal karena kesibukan lain.

Tuntutan menyusui juga bisa mengganggu kesehatan mental seorang ibu. Padahal, susu formula juga sama baiknya untuk seorang anak.

Riset membuktikan bahwa konsumsi susu formula dengan kombinasi ASI justru bagus untuk Ibu dan anaknya.

Intinya, benar bahwa ASI yang paling ideal, tetapi Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa memberikan ASI dengan maksimal.

Susu formula mengandung vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, dan protein yang dibutuhkan bayi.

Kapan harus memilih kombinasi ASI dan susu formula?

  • Ketika produksi ASI tidak cukup

Tidak perlu berkecil hati jika produksi ASI anda tidak maksimal, setiap wanita memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda.

Kesehatan bayi Anda lebih penting. Artinya, memilih susu formula dan mengombinasikannya dengan ASI bisa jadi langkah terbaik.

  • Anak lebih dari satu

Jika Anda diberkati dengan anak kembar, entah kembar dua atau tiga sekaligus, tentu produksi ASI Anda kemungkinan besar tidak akan cukup.

Terlalu memaksakan diri juga buruk. ASI Anda bisa mengering lebih cepat dan bayi Anda tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Karena itu, memilih kombinasi dengan susu formula bisa jadi langkah terbaik.

  • Anda butuh istirahat lebih

Menjadi orang tua baru dan menghadapi pengalaman anak pertama tentu sangat melelahkan, khususnya bagi seorang Ibu.

Karena itu, ketika si Ibu butuh istirahat malam, susu formula bisa jadi opsi terbaik ketika si bayi terbangun di tengah malam.

Catatan

ASI tidak harus eksklusif, susu formula pun demikian. Bayi dapat tumbuh dengan baik, entah dengan ASI, susu formula, atau kombinasi keduanya.

Sesuaikan dengan gaya hidup Anda. Anda bisa mengombinasikan keduanya, memompa ASI, menyimpan ASI, apa pun yang cocok dan tepat untuk Anda dan bayi Anda.

Bagaimanapun, yang terpenting adalah kesehatan dan keselamatan bayi Anda. Lebih baik memberikan susu formula daripada membiarkan bayi Anda kekurangan nutrisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *