diapet anak

Ketahui Penyebab Diare Pada Anak Obati Diapet Anak

Diare adalah masalah yang sangat umum terjadi pada anak-anak di bawah usia lima tahun. Di negara berkembang, diare dapat menyebabkan masalah serius seperti malnutrisi (gizi buruk). Diare didefinisikan sebagai peningkatan jumlah tinja atau adanya tinja yang lebih longgar dari biasanya pada individu, yaitu lebih dari tiga kali buang air besar setiap hari. Diare akut adalah diare yang terjadi kurang dari 3 minggu total. Bila diare berlangsung lebih dari tiga minggu, itu dianggap kronis. Hal itu bisa Anda redakan dengan Diapet Anak. Diapet Sirup mengandung ekstrak daun jambu biji yang dapat memadatkan konsistensi feses, serta melawan bakteri penyebab diare.

Diare adalah buang air besar yang encer atau encer. Untuk beberapa anak, diare ringan dan akan hilang dalam beberapa hari. Bagi yang lain, itu bisa bertahan lebih lama. Itu bisa membuat anak Anda kehilangan terlalu banyak cairan (dehidrasi) dan merasa lemah.

Perawatan medis, seperti antibiotik dan beberapa perawatan kanker juga dapat menyebabkan diare. 

Gejala 

Diare mungkin encer atau mengandung darah. Feses bisa mengapung yang mengindikasikan adanya peningkatan lemak di dalam feses. Diare juga dapat disertai dengan:

  • Urgensi buang air besar, artinya anak merasa harus segera ke kamar mandi atau akan mengalami kecelakaan.
  • Sakit perut dan / atau kembung
  • Nyeri rektal
  • Mual dan / atau muntah
  • Penurunan berat badan
  • Demam

Minum Cairan

Anak penderita diare mudah kehilangan banyak cairan dan mengalami dehidrasi. Cairan yang hilang perlu diganti. Bagi kebanyakan anak, minum jenis cairan yang biasanya mereka miliki sudah cukup.

Sedikit air tidak apa-apa. Tetapi terlalu banyak air saja, pada usia berapa pun, bisa berbahaya. 

Anda juga dapat memberi anak Anda jus buah atau kaldu yang encer.

Jangan menggunakan obat-obatan untuk memperlambat diare anak Anda tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan anak Anda apakah menggunakan minuman olahraga diperbolehkan. 

Penyebab

  • Diare Akut
  • Diare akut mungkin disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau parasit. Diare lebih sering terjadi pada anak-anak yang menghadiri penitipan anak dan biasanya disebabkan oleh virus. Meskipun kasus diare akibat infeksi biasanya ringan dan hilang dengan sendirinya, penting untuk menghindari dehidrasi akibat kehilangan cairan tubuh dalam tinja diare.
    • Diare kronis
  • Ada banyak penyebab diare kronis. Diare kronis disebabkan oleh penyakit yang menyebabkan radang usus dan / atau malabsorpsi nutrisi.

Faktor risiko

Faktor risiko penyebab infeksi diare termasuk perjalanan ke luar negeri, berenang di danau dan kolam, kehadiran di penitipan anak, rumah asuh dan sekolah serta kontak yang sakit di rumah. Penggunaan antibiotik baru ini juga dapat membuat individu berisiko terkena diare. Penggunaan Diapet anak juga dapat meredakan Diare pada anak. Penyakit seliaka dan penyakit radang usus telah ditangani dengan gen tertentu dan keluarga dengan kerabat tingkat pertama dengan penyakit yang berada pada risiko yang lebih besar.

Diagnosa

  • Diare Akut

Diare akibat infeksi akut (gastroenteritis akut) biasanya tidak memerlukan pemeriksaan. Dalam beberapa kasus, dokter akan meminta tes darah untuk menentukan apakah seorang anak mengalami dehidrasi. Pengumpulan sampel feses (biakan feses) dapat dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab spesifik diare pada beberapa anak, terutama jika terdapat darah pada tinja. Kultur feses dapat memakan waktu 2 hingga 5 hari sebelum hasilnya tersedia. Pemeriksaan feses juga dapat dilakukan untuk mencari parasit termasuk Giardia. Dalam banyak kasus diare infeksius akut, penyebab pastinya tidak akan teridentifikasi meskipun dilakukan pemeriksaan tinja.

  • Diare kronis

Diagnosis diare kronis biasanya memerlukan tes konfirmasi. Menentukan penyebab pasti dari diare kronis mungkin memerlukan beberapa tes berbeda, beberapa di antaranya tercantum di bawah ini:

  • Tes darah untuk mencari anemia dan peradangan, menilai dehidrasi dan status nutrisi dan skrining untuk kemungkinan penyakit Celiac.
  • Pemeriksaan feses untuk mencari kemungkinan bakteri, virus atau parasit etiologi.

Pengobatan

  • Pastikan Hidrasi Yang Cukup

Anak-anak dengan dehidrasi ringan dapat dirawat di luar rumah sakit dengan larutan rehidrasi oral khusus yang dapat dibeli di apotek atau toko bahan makanan. Solusi rehidrasi oral adalah cara terbaik untuk merehidrasi anak yang sudah bisa minum dan tidak muntah. Meskipun minuman lain seperti jus, kola, dan minuman olahraga sering digunakan, minuman ini bukan pengganti oralit yang baik, dan justru dapat memperburuk diare. Pasien dengan diare yang lebih parah, muntah dan dehidrasi mungkin memerlukan cairan infus (cairan yang diberikan melalui pembuluh darah di lengan) di rumah sakit.

  • Diet

Pada anak yang dalam keadaan sehat, sangat penting untuk mulai memberi mereka makanan yang biasa mereka makan sesegera mungkin. Bayi yang diberi ASI harus dirawat secara normal selama episode gastroenteritis akut. Bayi yang diberi susu formula dapat melanjutkan pola makan biasa mereka dan anak yang lebih besar harus diperkenalkan kembali ke pola makan biasa mereka sesegera mungkin. Anak-anak yang lebih besar mungkin pada awalnya menghindari produk susu dan mencoba diet hambar yang terdiri dari pisang, saus apel, nasi, dan roti panggang.

  • Pengobatan

Antibiotik dapat diresepkan untuk anak-anak dengan penyakit bakteri atau parasit tertentu, meskipun dalam banyak kasus antibiotik tidak mengubah berapa lama diare berlangsung atau tingkat keparahannya. Probiotik (tablet atau kapsul yang diproduksi secara komersial yang mengandung “bakteri baik”) mungkin berguna dalam mengurangi keparahan gejala di hadapan ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat di usus. Obat-obatan yang memperlambat pergerakan usus tidak dianjurkan pada anak-anak dengan diare akut meskipun terkadang berperan pada anak-anak dengan diare kronis. 

Diare merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi virus atau bakteri pada saluran pencernaan akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang tercemar. Diare menyebabkan penderitanya mengalami buang air besar secara terus menerus dengan konsistensi feses yang encer. Jika terus berlanjut, diare dapat mengakibatkan dehidrasi akibat tubuh kekurangan cairan.

Diapet anak mengandung ekstrak daun jambu biji yang dapat memadatkan konsistensi feses, serta melawan bakteri penyebab diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *