Kenali Penyebab Kriptorkismus

Kriptorkismus

Pernahkan mendengar berita mengenai seseorang yang tadinya dikira sebagai perempuan, ternyata adalah laki-laki? Biasanya, kesalahan identitas ini terjadi karena ketika bayi, buah zakar atau testisnya tidak turun ke kantung skrotum. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut sebagai kriptorkismus

Kriptorkismus bukanlah suatu kondisi yang terbilang sangat langka. Pasalnya, 1 dari 25 anak laki-laki bisa terlahir dengan buah zakar yang belum turun ke kantong skrotum sehingga terlihat tidak mempunyai testis. Biasanya buah zakar akan turun dengan sendirinya ketika bayi sudah berusia 3—6 bulan. Namun dalam beberapa kasus, ada pula kondisi kriptorkismus yang menyebabkan buah zakar tidak kunjung turun hingga dewasa dan memerlukan pengobatan. 

Kondisi kelahiran dan pemeliharaan selama masa kandungan sangat berpengaruh pada kemungkinan anak laki-laki lahir dengan kondisi kriptorkismus atau tidak. Berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan anak laki-laki lahir dengan buah zakar tidak turun. 

Berat Badan Rendah 

Bayi laki-laki dengan berat badan rendah memiliki kemungkinan mengalami kriptorkismus. Semakin rendah berat badan lahir maka semakin berisiko buah zakarnya tidak turun. Ini berhubungan dengan kondisi organ-organ tubuh yang belum siap “lahir” atau bahkan mengalami kerusakan yang mesti segera diatasi. 

Lahir Prematur 

Ada alasan tersendiri mengapa anak laki-laki dengan kelahiran prematur lebih mudah lahir dengan kondisi kriptorkismus. Pertama, kondisi lahir sebelum waktunya membuat kemungkinan beberapa organ janin belum berkembang sempurna. Kedua, anak-anak dengan kelahiran prematur cenderung memiliki berat badan rendah sehingga melipatgandakan risiko terkena kondisi buah zakar belum turun ke skrotum. 

Sindrom down 

Sindrom down merupakan kondisi kelainan genetik yang disebabkan adanya pembelahan sel tambahan di kromosom 21. Bayi yang lahir dengan sindrom Down umumnya memiliki wajah yang khas. Kondisi sindrom Down juga sering disebut sebagai kecacatan intelektual, walaupun dampaknya juga bisa berpengaruh ke keterlambatan di luar kemampuan otak. Salah satu keterlambatan yang mungkin terjadi pada bayi sindrom Down adalah belum turunya buah zakar ke skrotum ketika lahir atau yang dikenal dengan kondisi kriptorkismus. 

Riwayat Keluarga 

Riwayat keluarga sangat berpengaruh terkait risiko bayi laki-laki lahir dengan atau tanpa kriptorkismus. Coba cek riwayat keluarga Anda. Apabila didapati ada keluarga yang pernah mengalami kondisi buah zakar tidak langsung turun ketika lahir, kemungkinan anak Anda lahir dengan kriptorkismus akan semakin besar. Tidak hanya itu, adanya riwayat keluarga yang memiliki masalah terkait perkembangan genital juga meningkatkan risiko bayi laki-laki lahir dengan kondisi kriptorkismus. 

Rokok 

Jika punya kebiasaan merokok, cobalah Anda berhenti merokok selama hamil. Usahakan pula selama kehamilan, Anda tidak terlalu banyak terpapar asap rokok yang mengandung tembakau. Pasalnya berdasarkan studi, ibu-ibu yang selama hamil pernah mengonsumsi rokok ataupun sering terpapar asap rokok memiliki risiko besar melahirkan bayi laki-laki dengan kondisi kriptokismus. 

Alkohol 

Tidak hanya rokok, alkohol juga merupakan zat yang tidak baik untuk ibu hamil. Banyak risiko terkait perkembangan janin yang dapat terjadi apabila Anda merokok selama masa kehamilan. Salah satu risiko yang menghantui perempuan hamil yang masih rutin mengonsumsi alkohol saat mengandung adalah kriptokismus. 

Paparan Pestisida 

Berhati-hatilah mengonsumsi makanan, khususnya buah dan sayur, ketika hamil. Memilih buah dan sayur organik yang bebas pestisida lebih baik karena bisa menurunkan tingkat risiko kelainan perkembangan kepada janin. Salah satu risiko paparan pestisida ke bayi sendiri adalah kondisi kelahiran di mana alat genitalnya belum sempurna, salah satunya dengan kondisi kriptorkismus. 

*** 

Berbagai kondisi di atas hanyalah faktor risiko dari kriptorkismus. Namun sampai saat ini, penyebab pasti terkait kondisi kelahiran di mana buah zakar bayi laki-laki belum turun ke kantung skrotum belum diketahui secara pasti. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *