Kekurangan Enzim Tripsin Dapat Membahayakan Tubuh

Enzim tripsin adalah sebuah enzim yang membantu tubuh dalam mencerna protein. Di usus halus, tripsin mengurai protein, melanjutkan proses pencernaan yang dimulai di perut. Enzim tripsin diproduksi oleh pankreas dalam sebuah bentuk tidak aktif yang dikenal dengan nama trypsinogen. Trypsinogen masuk ke dalam usus kecil melalui saluran empedu umum dan diubah menjadi tripsin aktif. Tripsin aktif tersebut, bersama dengan proteinase pencernaan utama yaitu pepsin dan chymotrypsin, bekerja untuk mengurai protein diet menjadi asam amino dan peptida. Asam amino ini sangat penting untuk perkembangan otot, produksi hormon, dan fungsi tubuh penting lainnya. 

Komplikasi akibat kadar tripsin yang kurang

Apabila tubuh tidak memproduksi enzim tripsin dalam jumlah yang memadai, hal tersebut dapat menyebabkan beberapa kondisi komplikasi kesehatan, seperti:

  • Malabsorsi

Apabila pankreas Anda tidak memproduksi enzim tripsin dalam jumlah yang cukup, Anda akan menderita gangguan pencernaan yang dikenal dengan nama malabsorsi, atau menurunnya kemampuan untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan. Apabila dibiarkan, malabsorsi dapat menyebabkan defisiensi beberapa nutrisi penting esensial, yang nantinya akan berujung malnutrisi dan anemia.

  • Pankreatitis

Dokter akan memeriksa kadar enzim tripsin di dalam darah sebagai bentuk pemeriksaan diagnosa pankreatitis. Pankreatitis adalah sebuah kondisi peradangan pada pankreas yang dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian tengah atau kanan atas perut, demam, detak jantung yang cepat, dan pusing. Meskipun kasus pankreatitis ringan dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari tanpa perawatan, kasus yang lebih parah dapat menyebabkan komplikasi serius seperti infeksi dan gagal ginjal, yang dapat menyebabkan kematian.

  • Fibrosis kistik

Dokter juag akan memeriksa jumlah tripsin dan chymotrypsin yang terdapat pada darah dan kotoran. Pada bayi, kadar kedua enzim pada darah yang tinggi mengindikasikan adanya gangguan genetik resesif yang disebut fibrosis kistik. Pada orang dewasa, kadar tripsin dan chymotrypsin yang rendah di kotoran merupakan indikasi fibrosis kistik dan penyakit-penyakit pankreas seperti pankreatitis.

Enzim tripsin dan penyakit kanker

Banyak penilitian dilakukan guna mengetahui hubungan antara enzim tripsin dan penyakit kanker. Beberapa studi mengindikasi bahwa enzim tripsin memilik peran menekan tumor dalam perkembangan kanker. Sementara itu, studi lain juga menunjukkan bahwa tripsin ikut meningkatkan proliferasi, invasi, dan metastasis pada banyak jenis kanker. Kesimpulan yang berbeda tersebut dapat dijelaskan pada asal enzim tripsin tersebut berasal. Penelitian yang menunukkan bahwa produksi tripsin pada jaringan selain pankreas dapat terlibat pada pertumbuhan tumor jinak sel-sel kanker.

Suplemen tripsin alami

Ada banyak jenis suplemen yang mengandung tripsin di pasaran. Kebanyakan dari produk-produk tersebut tidak membutuhkan resep dokter. Suplemen-suplemen ini mengkombinasikan enzim tripsin (yang diekstrak dari pankreas hewan) dalam beragam dosis dengan enzim-enzim lain. Adapun manfaat dari suplemen tersebut adalah merawat gangguan pencernaan, mengurangi rasa sakit dan peradangan osteoarthritis, dan mempercapat penyembuhan akibat cidera saat olahraga. Namun, penting untuk diingat bahwa sebelum Anda mengonsumsi suplemen apapun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari komplikasi dan efek samping yang dapat ditimbulkan.

Enzim tripsin penting dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna protein, komponen penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh seperti tulang, otot, kulit, dan darah. Apabila dikombinasikan dengan chymotrypsin, enzim tripsin dapat membantu proses penyembuhan luka atau cidera. Mengukur jumlah enzim tripsin dalam tubuh dapat membantu mengidentifikasi adanya gangguan kesehatan seperti pankreatitis dan fibrosis kistik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *