Jangan Dikucek, Begini Cara Atasi Mata Gatal yang Benar

Jangan Dikucek, Begini Cara Atasi Mata Gatal yang Benar

Mata gatal seringkali membuat tidak nyaman. Tak sedikit orang yang langsung mengucek mata ketika mata terasa gatal, padahal kebiasaan ini malah bisa menyebabkan iritasi, lho!

Mata gatal bisa disebabkan karena beberapa hal seperti, alergi, mata kering, dan juga infeksi. Ketika benda seperti debu, jamur, atau serbuk sari masuk pada mata, pembuluh darah akan membengkak dan menyebabkan mata gatal dan juga memerah. 

Berikut ini beberapa cara yang tepat untuk mengatasi mata gatal yang cukup mengganggu. 

Penyebab mata gatal

Berikut beberapa penyebab utama mata terasa gatal:

  • Alergi yang disebabkan oleh masuknya benda asing seperti serbuk sari, debu, dan bulu hewan
  • Mata kering karena terus menatap gadget
  • Rinitis alergi atau alergi musiman
  • Infeksi mata
  • Pemakaian lensa kontak yang tidak pas
  • Eksim

Mata yang terasa gatal bisa menimbulkan beberapa gejala seperti mata merah, iritasi, rasa gatal, berair, kelopak mata bengkak, nyeri, dan juga sensitif jika melihat cahaya yang terang. 

Mengatasi mata gatal yang tepat

Mata gatal dengan gejala yang ringan bisa diobati dengan treatment rumahan yang cukup mudah. Berikut beberapa caranya. 

  • Obat tetes mata

Kamu bisa meredakan mata gatal dengan memberikan obat tetes mata. Pastikan kamu sudah memilih obat tetes dengan bahan yang aman, ya. Pilih obat tetes mata khusus untuk mengatasi mata gatal

  • Kompres mata dengan air dingin

Kompres dingin pada mata bisa meredakan gatal dan juga menenangkan pada mata. Caranya dengan mengambil kain bersih dan rendam dengan air es, lalu oleskan pada bagian mata yang gatal. 

  • Mengonsumsi obat antihistamin

Jika mata gatal disebabkan karena alergi, biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin. Konsumsi sesuai dengan resep dokter, ya.

  • Mengonsumsi antibiotik dan obat antiradang

Jika gatal disebabkan karena bakteri, dokter akan meresepkan beberapa obat seperti antibiotik dan juga anti peradangan

  • Menjaga kebersihan

Ketika mata terasa gatal, sebaiknya bersihkan dulu tangan dan usap menggunakan tisu atau kain yang bersih. Usap secara lembut di bagian yang gatal dengan hati-hati. Hal ini akan menghindari terjadinya infeksi serius karena mengucek mata dengan tangan kotor. 

Jaga kesehatan mata dengan kebiasaan yang sehat ini

Meskipun mata gatal bisa disembuhkan dengan mudah, namun kamu tetap wajib menjaga kesehatan mata dengan melakukan kebiasaan sehat ini. 

Mengonsumsi makanan bergizi

Kurangi makanan junkfood dan konsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran hijau. Jangan lupa juga mengonsumsi ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi seperti tuna. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A sepertu wortel. 

Berhenti merokok

Merokok juga bisa menyebabkan gangguan pada mata karena asap dan abu rokok yang membuat mata perih. Merokok juga bisa meningkatkan risiko penyakit seperti katarak. 

Gunakan kacamata pelindung

Gunakan kacamata khusus untuk melindungi mata selama beraktivitas, seperti saat bekerja di depan layar komputer, bekerja di luar rumah, hingga saat terkena sinar matahari langsung. Menggunakan kacamata bisa mencegah masuknya benda asing atau bakteri. 

Jaga kebersihan lensa kontak

Seperti yang sudah dibahas, jika pemakaian lensa kontak yang tepat bisa menimbulkan mata gatal dan iritasi. Sebaiknya tetap jaga kebersihan lensa kontak dan gunakan dengan benar, ya. 

Segera pergi ke dokter jika mata gatal terus terjadi dan tidak juga membaik. Semoga lekas pulih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *