Inilah Penyebab Mata Perih yang Harus Diperhatikan

Mata perih adalah kondisi yang bisa kita alami karena beberapa penyebab, seperti paparan sinar matahari. Oleh karena itu, bagi anda yang kerap beraktivitas di luar rumah, tentu menjadi sangat rentan merasakan sensasi perih pada mata. Hal itu bisa terjadi karena paparan sinar matahari yang terlalu lama pada mata bisa memunculkan gejala fotokeratitis atau sensasi terbakar. 

Jangan mengucek mata perih karena akan memperburuk kondisi mata Anda

Paparan Sinar Matahari

Selain membuat mata perih, paparan sinar matahari nan berlebihan juga bisa memicu mata menjadi berair. Hal lainnya, paparan sinar matahari juga dapat membuat mata kita menjadi sakit dan membikin pandangan kita seketika terganggu ketika masuk ke dalam ruangan. 

Oleh karena itu, usaha untuk menjaga intensitas terkena sinar matahari diperlukan. Jika pekerjaan atau aktivitas anda mengharuskan anda di luar ruangan, maka jangan lupa untuk menyiapkan kacamata agar sinar matahari tidak langsung menerpa bola mata. 

Alergi

Penyebab berikutnya yang membuat mata perih adalah alergi. Dirangkum dari berbagai sumber, pada dasarnya mata juga bisa mengeluarkan reaksi terhadap alergi tertentu. Secara umum, alergi pada mata ini muncul karena adanya zat asing yang masuk ke bagian bola mata. Ketika itu terjadi, mata akan meresponnya dengan mengeluarkan zat yang bisa disebut histamin. 

Setelah ditelusuri lebih lanjut, histamin memang zat yang selalu diproduksi tubuh apabila kita mengalami alergi. Jika itu terjadi pada bagian mata, maka mata kita akan terasa gatal, kemerahan, dan bahkan perih. Oleh sebab itu, agar terhindar dari alergi mata, ada baiknya kita cari tahu lebih lanjut apakah mata kita alergi terhadap zat atau benda tertentu atau tidak. 

Namun demikian, sebagai pengingat, pada umumnya alergi mata disebabkan oleh debu, parfum, bulu hewan, dan asap. Oleh sebab itu, sekalipun anda belum mengetahui apakah mata kita memiliki alergi atau tidak, ada baiknya kita menghindari paparan akan zat atau cairan yang bisa memicu alergi tersebut. 

Infeksi atau Peradangan

Penyebab mata perih berikutnya adalah peradangan atau infeksi. Kondisi itu bisa juga terjadi di area kelopak mata. Berdasarkan keterangan berbagai sumber laman kesehatan, peradangan atau infeksi ini umumnya diawali dengan munculnya tanda kemerahan, kerak, atau kulit seperti kering di area kelopak mata. 

Apabila kondisi tersebut menimpa pembaca sekalian, maka mata akan terasa perih, bahkan bisa juga membuat mata menjadi bengkak. Adapun peradangan atau infeksi ini bisa terjadi karena infeksi bakteri atau adanya masalah pada kelenjar minyak di kelopak mata. 

Kondisi Mata Kering

Hal lainnya yang membuat mata perih adalah kondisi di mana mata kita sedang kering. Adapun mata kering ini dapat terjadi apabila produksi air mata berkurang. Nah jika itu kita alami, maka mata bisa menjadi perih. Ihwal mengapa mata kering bisa membuat mata perih adalah karena air mata memiliki fungsi yang vital, yaitu menjaga kelembaban mata. Sehingga, apabila produksi air mata berkurang, maka sensasi perih pada mata bisa dialami oleh kita semua. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai penyebab mata perih. Pada umumnya, kondisi tersebut memang bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, daripada terjadi hal-hal yang tak diinginkan, ada baiknya kita semua melakukan langkah pencegahan. Sebagaimana dikatakan di awal, salah satu yang bisa dilakukan adalah mengenakan kacamata saat beraktivitas di luar rumah. 

Akan tetapi, jika mata perih disebabkan karena alergi, pembaca disarankan segera menghubungi dokter. Sebab, bukan tidak mungkin proses penyembuhannya memerlukan resep obat tertentu. Obat yang dimaksud ini bisa berupa cairan, seperti obat tetes mata, atau obat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *