Inilah Obat Alergi Alami yang Mudah Didapatkan

Obat alergi alami tidak bisa menggantikan peran pengobatan medis.

Rasa gatal yang muncul di permukaan kulit bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan tak jarang kondisi ini menyakitkan. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ini, salah satunya karena reaksi alergi, pada saat gatal menyerang seseorang otomatis akan menggaruk permukaan kulit untuk meredakannya atau juga bisa menggunakan obat alergi.

Menggaruk kulit karena munculnya rasa gatal hanya akan membuat parah kondisi, untuk mengobati kondisi ini biasanya dapat dengan mengonsumsi obat-obatan. Perlu diketahui bahwa sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi gatal pada permukaan kulit adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami atau yang mudah didapatkan.

Obat Alergi Alami

  • Madu

Berawal dari sebuah teori populer yang menyebut bahwa mengonsumsi madu yang diproduksi secara lokal saat terkena alergi bisa menurunkan reaksi yang timbul. Sering mengonsumsi madu ini, reaksi alergi yang muncul dari waktu ke waktu akan berangsur membaik.

  • Minyak Kayu Putih

Gunakan minyak kayu putih, cara ini ampuh untuk mengatasi alergi pada kulit dan juga sebagai agen antimikroba. Cara yang harus dilakukan adalah menambahkan cairan minyak kayu putih ke dalam air dan balurkan ke bagian yang terkena alergi.

  • Oatmeal

Berbagai sifat aktif biologis, oatmeal termasuk komponen antioksidan dan anti-inflamasi, semua kandungan ini bisa membantu meredakan gatal akibat reaksi alergi yang terjadi pada kulit. Cara penggunaannya, hancurkan oatmeal dan campur ke dalam air panas lalu aduk sampai rata, setelah itu balurkan pada bagian kulit yang terkena alergi.

  • Soda Kue

Soda kue bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi ketidakseimbangan pH kulit dan berfungsi sebagai anti inflamasi dalam mengatasi alergi kulit. Cara yang dilakukan cukup mudah, campurkan soda kue dengan air panas, setelah itu aduk hingga berbentuk pasta lalu balurkan pada kulit yang mengalami alergi.

  • Lidah Buaya

Tanaman ini memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk mengobati alergi yang dialami seseorang terhadap kulitnya. Lidah buaya memiliki sifat asli yang mampu mengatasi kulit hingga membuatnya kemerahan dan bisa untuk menghilangkan rasa gatal. Cara yang dilakukan cukup mudah, yakni tinggal mengoleskan gel lidah buaya secara langsung di area alergi.

  • Mentimun

Jenis sayuran ini merupakan obat alami selanjutnya yang bisa dipakai atau digunakan untuk mengobati alergi pada kulit. Mentimun memiliki kandungan astringent yang bisa digunakan untuk meredakan ruam merah dan gatal pada kulit. Cara yang harus dilakukan adalah oleskan potongan mentimun pada kulit yang terkena alergi.

  • Es Batu

Meskipun terlihat sepele untuk sebagian orang, es batu juga merupakan obat alami untuk alergi yang bisa diandalkan. Cara yang harus dilakukan cukup mudah, hanya mengoleskan es batu pada kulit atau area yang terasa gatal secara berulang hingga rasa gatal secara perlahan mulai hilang.

  • Konsumsi Banyak Air Putih

Munculnya gatal pada area kulit juga dipengaruhi karena tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi, hal inilah yang membuat mengonsumsi air putih dengan banyak bisa dijadikan sebagai obat alergi alami. Banyak mengonsumsi air putih karena bisa membantu dehidrasi kulit, sehingga seseorang juga akan terhindar dari gatal-gatal atau masalah kulit lainnya.

Meski demikian, bahan alami sebaiknya hanya digunakan sebagai pertolongan pertama saja, jika gatal tak kunjung mereda baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter. Anjuran dokter akan sangat penting agar seseorang bisa sembuh dari alergi yang menyerang kulit seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *