Daftar Makanan untuk Sakit yang Boleh Dikonsumsi, Tidak Hanya Bubur, Lho!

Saat sakit gigi menyerang akan membuat kebanyakan orang jadi tidak suka makan karena rasa sakit yang luar biasa. Padahal dengan adanya asupan makanan dapat memperingan kondisi gigi Anda. Namun, tentu tidak boleh sembarang mengkonsumsi makanan juga. Ada beberapa makanan untuk sakit gigi yang bisa dikonsumsi, ada pula yang sebaiknya dihindari.

Makanan untuk sakit gigi sebaiknya adalah makanan yang lunak, lembut, dan dapat menghilangkan rasa lapar di perut. Hal ini agar tidak menyebabkan rasa nyeri di gigi menjadi semakin parah. 

Lalu, apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika gigi terasa sakit?

Makanan untuk Sakit Gigi yang Bisa Dikonsumsi

Berikut beberapa jenis makanan untuk sakit gigi yang dapat Anda nikmati dan tidak menyebabkan rasa nyeri gigi Anda semakin parah.

  1. Sup Ayam dan Ikan

Daging ayam bisa diolah menjadi sup agar menjadi lunak sehingga nyaman untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi jenis makanan ini juga membantu mencukupi kebutuhan protein tubuh Anda. Bisa juga menikmati ikan kukus ketika sakit gigi melanda.

  1. Mashed Potato

Anda juga bisa menikmati olahan kentang yang sudah dibuat menjadi lembut dan lunak. Bisa menjadi mashed potato, atau menjadi kentang panggang. Tentu masakan ini tidak membuat Anda bosan.

  1. Oatmeal

Untuk menu sarapan ketika sakit gigi, Anda bisa memilih oatmeal. Oatmeal bisa diolah dengan menambahkan berbagai bahan pelengkap seperti yoghuurt dan juga pisang agar rasanya semakin nikmat dan tentu saja nyaman dikonsumsi.

  1. Tahu

Sumber protein nabati seperti tahu ini juga bisa menjadi pilihan makanan untuk sakit gigi. Selain lembut, olahan dari tahu juga dapat membuat rasa kenyang dan menyehatkan karena kaya nutrisi.

  1. Pisang

Seperti diketahui, tekstur pisang memang lembut sehingga tidak perlu usaha yang besar untuk mengunyah. Buah ini tentu saja cocok untuk menjadi makanan ketika Anda sakit gigi.

  1. Telur

Makanan lembut dan lunak lainnya adalah telur. Anda dijamin tidak akan merasa bosan mengkonsumsi telur karena bisa dikreasikan menjadi berbagai olahan, seperti telur rebus, ceplok, scrambled egg, omelet, hingga poached egg.

  1. Pasta

Anda bisa mendapatkan karbohidrat dari pasta yang diolah dengan keju atau bahan lainnya yang lembut. Bisa diolah menjadi mac and cheese atau menu olahan pasta yang mudah dibuat lainnya.

  1. Bubur Ayam

Menu ini barang tentu sudah menjadi menu andalan ketika sakit gigi melanda. Selain lembut dan lunak, rasanya juga enak. Mungkin saat sakit gigi, Anda tidak perlu menambahkan bahan pelengkap yang teksturnya keras, seperti kacang ataupun kerupuk misalnya, agar gigi Anda tidak menjadi semakin sakit.

  1. Puding

Dessert sehat juga tetap bisa dinikmati ketika Anda sedang sakit gigi. Puding bisa menjadi pilihan karena teksturnya lembut dan nyaman saat dimakan. 

  1. Makanan Olahan Susu

Makanan untuk sakit gigi lain yang tetap menyehatkan adalah makanan olahan susu sapi seperti yoghurt dan keju cottage. Makanan ini akan mencukupi kebutuhan kalsium dan protein tubuh Anda.

  1. Sayuran yang Dimasak hingga Lunak

Tubuh juga butuh vitamin dan antioksidan yang didapat dari sayuran. Sayuran tersebut haruslah diolah hingga benar-benar lunak agar mudah dikonsumsi. Atau bisa diolah dengan buah serta yoghurt menjadi smoothie.

Sebenarnya makanan untuk sakit gigi bisa apa saja asalkan teksturnya lembut dan lunak sehingga tidak memperparah kondisi nyeri gigi yang Anda alami. Hindari juga makanan yang pedas dan asin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *