Daftar Jus Sebagai Suplemen Batu Ginjal & Batu Empedu Alami

Daftar Jus Sebagai Suplemen Batu Ginjal & Batu Empedu Alami

Batu ginjal dan batu empedu sudah tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari bagi para penderitanya. Maka biasanya, jika periksa ke dokter, mereka akan direkomendasikan beberapa suplemen batu ginjal & batu empedu. Atau jika sudah parah, kamu akan disarankan dokter untuk operasi.

Bagi yang takut, pasti akan mencari alternatif lain pengganti suplemen batu ginjal & batu empedu serta operasi. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa jus yang bisa membantu menghancurkan batu ginjal maupun batu empedu. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Jus Penghancur Batu Ginjal

Jika didiagnosis menderita batu ginjal dan dokter belum menganjurkan untuk operasi, kamu bisa mencoba beberapa jus buah dan sayur di bawah ini untuk membantu menghancurkan batu ginjal:

1. Jus Jeruk

Jus jeruk yang mengandung sitrat dalam bentuk alami dapat menjadi salah satu jus penghancur batu ginjal. Sitrat mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengurangi keasaman pada urine.

Perlu diketahui juga, jus jeruk merupakan buah sitrat yang paling ampuh untuk menghancurkan batu ginjal dibandingkan buah sitrat lainnya, seperti lemon.

2. Jus Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat membantu melarutkan batu ginjal. Tak hanya itu, cuka apel juga membantu mengurangi nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal.

Kamu dapat meminum cuka apel sekali dalam sehari. Untuk mengonsumsinya, tambahkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam air sebanyak 250 ml.

Meski terkesan sedikit, jangan mengonsumsi jus cuka apel lebih dari dosis tersebut. Konsumsi cuka apel secara berlebih dapat mengurangi kadar potasium dalam tubuh, serta memicu osteoporosis.

Selain itu, bagi penderita diabetes, perhatikan kadar gula darah saat mengonsumsi jus yang baik untuk kesehatan ginjal ini. Konsumsi cuka apel juga tidak disarankan bagi yang sedang mengonsumsi obat golongan digoxin, diuretik, dan insulin.

3. Jus Seledri

Jus seledri adalah salah satu jus penghancur batu ginjal. Jus ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional dan dapat membantu batu ginjal dibawa keluar melalui urine.

Untuk mengonsumsi jus seledri, campurkan 1 atau lebih batang seledri ke dalam air. Kamu dapat mengonsumsi satu gelas jus seledri sehari.

Hindari minum jus seledri apabila kamu memiliki gangguan pembekuan darah, tekanan darah rendah, serta operasi yang dijadwalkan dalam waktu dekat.

Begitu pula jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti levotiroksin, lithium, isotretinoin, serta alprazolam.

Jus Penghancur Batu Empedu

Batu empedu biasanya menyerang wanita yang sudah berumur, khususnya yang menderita diabetes atau yang menjalani diet dengan penurunan berat badan yang cepat. Kebanyakan orang yang memiliki batu empedu tidak menunjukkan gejala tertentu.

Sementara itu, lainnya menunjukkan gejala seperti nyeri, mual, dan sakit kuning. Perawatan medis standar untuk batu empedu simtomatik adalah operasi. Namun, pasien yang tidak ingin menjalani operasi dapat mengonsumsi obat tertentu untuk melarutkan batu empedu. Nah, berikut adalah tiga jus yang bisa membantu mengeluarkan batu empedu, seperti dilansir positivemed.com.

1. Apel dan garam Epsom

Minum dua gelas jus apel setiap hari selama dua minggu untuk melunakkan batu empedu. Selanjutnya, larutkan satu sendok makan garam Epsom dalam segelas air. Minum dua atau tiga gelas larutan garam Epsom dalam sehari.

Garam Epsom dapat membuka saluran-saluran empedu untuk mengeluarkan batu empedu yang sudah melunak. Kebanyakan orang akan mengalami diare yang cukup parah setelah menenggak garam Epsom.

2. Jus lemon

Campur setengah cangkir jus lemon dengan setengah cangkir minyak zaitun. Minum ramuan itu dalam sekali tenggak. Kamu mungkin akan merasa mual dan mengalami diare setelahnya.

Minyak zaitun dapat memicu pengosongan kandung empedu dan asam sitrat dapat mengurangi kadar kolesterol dalam empedu, yang membantu dalam melarutkan batu empedu.

3. Jus apel

Kamu bisa mencampur satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas jus apel dan meminumnya setiap pagi. Asam malat yang ditemukan dalam jus apel dapat melunakkan batu empedu, dan cuka sari apel dapat mengurangi kadar kolesterol dalam empedu, yang juga ikut melarutkan batu empedu secara perlahan. Cuka sari apel juga bisa mencegah pembentukan batu empedu.

Demikian beberapa jus untuk pengganti suplemen batu ginjal & batu empedu yang bisa kamu konsumsi. Semoga menambah wawasanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *