Catat, Beberapa Hal Berikut Sebabkan Alergi Semakin Parah

Alergi merupakan reaksi tubuh saat tubuh dimasuki oleh zat asing atau alergen yang dapat jadi pemicu alergi. Zat asing atau alergen tersebut kemudian akan mengganggu sistem kekebalan dan menghasilkan gejala alergi berupa peradangan pada saluran pernapasan seperti flu, bersin-bersin, hidung tersumbat, mata gatal serta berair, sakit kepala, gatal dan sakit pada tenggorokan, dan bahkan hingga ruam serta biduran pada kulit. 

Ada banyak hal yang dapat jadi alergen hingga mampu sebabkan  alergi terjadi, beberapa diantaranya adalah:

– Hewan

Ada banyak jenis hewan yang bulu dan kulitnya bisa jadi salah satu pemicu seperti Anjing dan kucing. Hal ini kerap terjadi jika hewan peliharaan tidak dirawat dengan baik dan pemiliknya juga memiliki riwayat alergi sebelumnya. Melakukan pembersihan dan perawatan khusus secara rutin pada hewan dinilai dapat meminimalisir terjadinya alergi akibat hewan.

– Tungau debu

Tungau debu adalah salah satu penyebab alergi yang paling umum dan sering terjadi. Tungau debu yang tak sengaja terhirup mampu menyebabkan saluran pernapasan terganggu hingga menyebabkan pilek dan bersin-bersin, mata berair, hingga demam. Pada beberapa kasus, tungau debu juga berpotensi mengakibatkan asma serta mengi terjadi pada penderita alergi. 

– Serbuk sari tanaman

Serbuk sari dari tanaman yang tak sengaja terhirup juga mampu menyebabkan alergi terjadi. Keluhan yang kerap dirasakan akibat hal ini adalah bersin secara terus menerus, hidung tersumbat atau berair, serta mata yang gatal dan berair. 

– Makanan

Alergi yang disebabkan oleh makanan terjadi apabila penderita alergi tak sengaja mengkonsumsi makanan tertentu sehingga menyebabkan tubuhnya bereaksi dengan makanan yang dimakan hingga mengakibatkan keluhan alergi terjadi. Mual dan muntah, bengkak pada wajah, gatal dan ruam di bagian kulit tertentu adalah beberapa keluhan yang kerap terjadi saat mengalami alergi akibat makanan..

– Obat-obatan

Alergi obat terjadi saat sistem imun mendapati bahwa zat yang masuk dalam tubuh dianggap berbahaya sehingga tubuh akan menunjukkan respon sehingga menunjukkan gejala alergi. Gejala alergi bisa muncul 1 jam setelah penggunaan obat atau bisa juga beberapa hari setelah penggunaan obat. 

Saat tubuh sudah terkena alergi yang dipicu oleh berbagai alergen yang disebutkan diatas, terdapat juga beberapa faktor lain yang dinilai mampu menyebabkan gejala alergi menjadi tambah parah. Beberapa diantaranya adalah:

Udara

Udara yang kurang baik akibat debu dan alergi bisa jadi penyebab alergi dapat semakin parah kondisinya. Saat penderita alergi menghirup udara yang telah terkontaminasi debu dan polusi, keluhan alergi seperti meradangnya saluran pernapasan bisa jadi semakin parah.

Pergantian musim atau alergi musiman

Pergantian musim juga mampu menyebabkan alergi menjadi semakin parah kondisinya. Tubuh akan menunjukkan respon serta reaksi berlebih saat pergantian musim seperti munculnya penyakit pernapasan, hingga infeksi. 

Sprei dan sarung bantal yang jarang dibersihkan

Semakin jarang sprei dan sarung bantal dibersihkan, semakin besar juga resiko alergi dapat jadi lebih parah akibat hal ini. Debu dan bahkan tungau akan terus menetap disana yang kemudian terhirup tiap kali beristirahat. Untuk menghindarinya, pastikan rajin mengganti sprei serta sarung bantal secara berkala agar tidak ada debu dan tungau yang terhirup.

Stres

Meski stres tidak bisa menyebabkan alergi secara langsung, namun stres dapat memicu alergi menjadi semakin kronis dan parah kondisinya. Stres juga mampu menghasilkan beberapa gejala yang sama seperti gejala alergi yaitu pusing dan sakit kepala, sehingga mengakibatkan penderita alergi semakin tidak nyaman. 

Untuk mengobati alergi yang semakin parah, dibutuhkan obat yang sesuai gejala alergi dapat pelan-pelan diringankan. Salah satu obat alergi yang dapat Anda coba untuk mengurangi keluhan alergi adalah Allohex Tablet Obat Rhinitis Alergi. Obat ini berfungsi untuk meringankan gejala alergi rhinitis berupa flu, bersin-bersin, hidung tersumbat, mata gatal dan berair, lemas, sakit kepala, dan gatal serta sakit pada tenggorokan. Tak hanya itu, obat rhinitis alergi satu ini juga dinilai mampu untuk mengatasi ruam dan gatal serta biduran yang terjadi pada kulit. Di dalam obat terdapat zat aktif Loratadine sebesar 10 mg untuk yang bekerja dengan membantu mengurangi masalah-masalah yang terjadi. Untuk menggunakannya, Anda cukup  mengkonsumsi obat alergi 1 tablet/hari saat sesudah atau makan. Kemudian, pastikan juga untuk badan tetap beristirahat dengan cukup dan jauhi alergen pemicu agar keluhan alergi dapat berangsur-angsur membaik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *