Cari Highlighter Terbaik? Awas Hindari 7 Kesalahan Ini

Bagaimana caranya menentukan highlighter terbaik? Pertanyaan ini mungkin pernah membuat Anda bingung karena ada begitu banyak pilihan produk highlighter dengan kualitas yang mirip.

Nah sebenarnya ada beberapa metode sederhana dalam memilih highlighter. Intinya Anda harus memilih shade yang tepat, sesuai dengan warna dasar kulit dan make-up.

Highlighter terbaik antara lain Wet n Wild, Emina, Focallure, Maybelline, dan NYX

Meski mudah, masih ada saja beberapa kesalahan mendasar dalam memilih dan menggunakan highlighter terbaik. Setidaknya ada 7 kesalahan yang sering terjadi, apa saja sih?

7 kesalahan dalam memilih highlighter

Memilih highlighter tidak sesederhana menggunakan merek terbaik. Anda bisa saja menggunakan merek terbaik dengan harga mahal tapi masih gagal mendapatkan look yang memuaskan.

Kesalahan dalam memilih dan menggunakan highlighter terbaik sangat mudah terjadi. Berikut 7 hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Salah pilih highlighter

Ada banyak jenis highlighter, mulai serbuk hingga krim, shades yang ditawarkan juga berbeda-beda. Artinya, memilih highlighter terbaik harus memahami formula yang tepat dan shade yang cocok dengan skin tone Anda.

Memilih shade yang keliru justru akan membuat penampilan jadi lebih buruk. Make up yang sudah bagus bakal tampak mengerikan jika salah memilih shade highlighter.

Secara umum, rumusnya adalah: memilih highlighter dengan ukuran dua shades lebih terang dari skin tone Anda. Biasanya pilihan ini dapat memberikan efek tampak natural.

2. Salah pakai highlighter

Setelah memilih shade highlighter terbaik yang tepat, Anda masih mungkin melakukan kesalahan mendasar dalam memakai highlighter. Pada intinya highlighter diperlukan untuk membuat wajah tampak lebih cerah dan awet muda.

Artinya, highlighter harus digunakan di area wajah yang tepat, kesalahan bakal membuat make-up Anda tampak buruk. Berikut panduan singkat menggunakan highlighter.

  • Pipi – Aplikasikan highlighter di atas tulang pipi, jangan di bawahnya.
  • Hidung – Anda dapat membuat hidung tampak lebih ramping dengan menerapkan highlighter di garis hidung.
  • Mata – Sentuhan highlighter di sudut dalam mata dapat membuat pandangan Anda tampak lebih tajam.
  • Bibir – Anda bisa membentuk ilusi bibir tampak lebih penuh dengan mengaplikasikan highlighter di area filtrum (cekungan di bawah ujung hidung)

3. Salah penggunaan

Jangan salah, highlighter terbaik tidak akan ada gunanya jika digunakan secara berlebihan dan terlalu mencolok. Anda mungkin ingn tampak glowing, tapi mengenakan highlighter berlebihan justru buruk.

Ingat, make-up bukan soal seberapa tebal dan seberapa banyak, tapi menemukan sentuhan yang pas dan padu.

4. Salah alat

Memilih highlighter yang tepat seharusnya sudah jadi langkah awal yang sangat bagus. Namun, bakal jadi masalah jika Anda keliru memilih kuas dan alat rias yang tepat.

Dalam menggunakan highlighter, Anda bisa memilih fan make-up brush yang terbukti efektif. Bentuk brush ini cukup unik yang berfungsi memberikan olesan lembut pada wajah Anda.

Jika Anda memilih highlighter cair atau krim, coba gunakan produk dengan spons rias, bukan kuas.

5. Salah mempertimbangkan pencahayaan

Dalam mengenakan highlighter, Anda harus selalu memperhatikan pencahayaan. Highlighter untuk acara di siang hari seharusnya berbeda dengan acara di malam hari.

Di siang hari, misalnya dalam acara di luar ruangan, pilih highlighter yang lebih halus dan tidak terlalu mencolok di bawah sinar matahari.

Sebaliknya, di malam hari Anda bisa memilih highlighter yang lebih cerah untuk membantu tekstur wajah Anda tampak lebih menonjol.

6. Salah memilih foundation

Perlu diingat, highlighter yang tepat harus disesuaikan dengan foundation yang tepat. Tidak ada gunanya memilih highlighter sempurna jika foundation saja sudah keliru.

Singkatnya, Anda harus memadukan formula yang sama. Jika Anda menggunakan foundation powder maka highlighter powder juga seharusnya jadi opsi aman.

Sebaliknya, jika anda menggunakan liquid foundation, berarti Anda harus memilih liquid highlighter pula.

7. Salah penyesuaian make-up.

Highlighter adalah salah satu bagian dari make-up wajah secara menyeluruh. Artinya, Anda harus memperhatikan make-up lain yang digunakan bersama dengan highlighter.

Jika Anda ingin menggunakan highlighter cool-toned, make-up yang tampak warm dan merona jelas tidak cocok, demikian pula sebaliknya.

Catatan

Demikian 7 kesalahan dalam memilih highlighter terbaik. Nah dengan pengetahuan tersebut, seharusnya Anda bisa menghindari kesalahan di kemudian hari ya.

Highlighter memang tidak banyak digunakan dalam make-up sehari-hari, tapi justru karena itu  Anda harus menentukan produk yang tepat setiap kali menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *