Cara Membuat Squishy dari Spons

Cara membuat squishy yang mudah di rumah

Squishy merupakan suatu jenis mainan lembut yang kerap dimainkan oleh anak-anak. Hal ini karena squishy terasa lembut dan bisa kembali ke bentuk semula setelah ditekan atau diremas. Tidak heran jika anak Anda suka bermain dengan squishy. Namun, daripada harus terus menerus membelikan squishy untuk anak, sebaiknya Anda mencari tahu soal cara membuat squishy untuk anak Anda.

Meskipun squishy merupakan salah satu mainan yang menyenangkan dan menggemaskan, ada kontroversi mengenai keamanan squishy sendiri. Ada yang berpendapat bahwa squishy dapat membahayakan kesehatan anak-anak sehingga sebaiknya para orangtua mencoba mencari cara membuat squishy yang aman untuk kesehatan anak-anak.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 12 sampel squishy yang ada di Denmark, menunjukkan ada bahan-bahan kimia yang berbahaya seperti styrene, toluene, dan dimethylformamide di dalam mainan ini. Zat kimia ini diketahui dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak, menimbulkan kerusakan pada organ hati, memicu timbulnya infertilitas, memicu timbulnya kanker, dan mengiritasi mata.

Selain itu, penggunaan busa PU atau Polyurethane untuk membuat squishy sering ditentang oleh organisasi yang bergerak dalam bidang pelestarian lingkungan. Hal ini karena bahan PU dapat membuat mainan anak menjadi mudah terbakar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih squishy yang terbuat dari bahan seperti polyester, wool, atau katun.

Agar lebih hemat dan menjaga anak Anda dari bahan kimia berbahaya dari penyusun squishy, Anda bisa membuat squishy di rumah. Berikut beberapa cara membuat squishy dari spons yang bisa Anda lakukan di rumah untuk anak Anda.

Untuk membuat squishy dari spons, Anda perlu mempersiapkan beberapa peralatan sebagai berikut.

Alat Membuat Squishy dari Spons

  • Anda bisa menggunakan spons atau busa yang sama dengan yang digunakan untuk mencuci piring
  • Gunting untuk memotong spons
  • Lem, bisa gunakan lem silikon atau lem akrilik, yang penting lem yang digunakan tidak akan kaku saat menjadi kering.
  • Cat, Anda bisa memilih cat timbul atau puffy paint yang warnanya bisa disesuaikan dengan selera yang Anda inginkan
  • Kuas, untuk mengaplikasikan cat pada squishy spons.

Cara Membuat Squishy dari Spons

Pertama, Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu pola atau desain squishy yang ingin Anda buat. Jika Anda masih pemula dan hanya memiliki alat yang terbatas, Anda bisa membentuk squishy yang berbentuk simpel seperti roti tawar. Saat di akhir pembuatan, Anda bisa memberikan sedikit variasi pada karakternya.

Kemudian jika sudah memiliki desain atau pola squishy yang sudah Anda inginkan, selanjutnya potong busa atau spons menggunakan gunting menjadi bentuk yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan lem untuk menggabungkan beberapa spons, namun tunggulah sampai spons sudah kering.

Sebelum mengecat squishy, pastikan spons yang digunakan sudah dalam keadaan bersih dan tidak terlalu basah. Hal ini agar hasil cat yang dioleskan di spons lebih menempel dengan kuat dan merata.

Setelah cat kering, Anda tinggal menusukkan gantungan kunci pada spons tersebut lalu berilah lem agar bisa melekat dengan kuat.

Squishy yang Anda buat sudah selesai, selamat mencoba!

Tidak hanya menggunakan spons cuci piring, Anda juga bisa menggunakan spons makeup untuk membuat squishy. Anda juga bisa menggunakan squishy ini sebagai gantungan kunci yang bisa digantung di tas atau kunci rumah. Cara membuat squishy dari spons makeup adalah sebagai berikut.

Pertama, siapkan bahan-bahan yang akan Anda gunakan untuk membuat squishy, yaitu spons makeup, gunting, kuas cat, dan cat akrilik.

Cara membuat squishy dari spons makeup juga sangat mudah, yaitu pertama potong spons makeup sesuai dengan bentuk atau desain yang Anda inginkan. Kemudian, oleskan cat menggunakan kuas pada spons makeup. Tunggu sampai catnya sudah kering lalu squishy Anda sudah bisa digunakan untuk bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *