Cara Melentikkan Bulu Mata dengan Trik Makeup

Bulu mata yang panjang dan lentik menjadi dambaan banyak perempuan. Terdapat berbagai cara melentikkan bulu mata, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami sampai teknik modern seperti lash lift atau keratin treatment. 

Sebenarnya, tak perlu repot-repot mencoba perawatan atau teknik modern sekalipun. Cukup dengan makeup, bulu mata lentik bisa didapatkan dengan mudah. Berikut cara melentikkan bulu mata menggunakan trik makeup dan beberapa kesalahan yang sering dilakukan.

Pemilihan penjepit bulu mata

Jika Anda belum pernah memakai penjepit bulu mata sebelumnya, jangan kaget jika satu atau dua helai bulu mata Anda jatuh setelah selesai dijepit. Sadarilah bahwa kejadian tersebut wajar terjadi. 

Bentuk mata dan bulu mata setiap orang berbeda-beda, pastikan penjepit bulu mata yang akan dipakai cocok digunakan pada tipe bulu mata yang Anda punya. Jangan gunakan penjepit bulu mata yang kecil untuk mata Anda yang besar.

Penggunaan penjepit bulu mata elektrik juga bisa dipilih untuk mendapatkan hasil maksimal dan tahan lama seharian. Namun, lakukan riset terlebih dahulu sebelum menggunakannya, sebab tingkat panas yang tidak sesuai mampu merusak bulu mata dan berpotensi merontokannya. 

Berikut merupakan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan penjepit bulu mata:

  1. Memberikan jepitan terlalu keras

Jepit bulu mata secara perlahan, tenang, dan jangan pernah sekali-kali menariknya. Apabila penjepit bulu mata memiliki kualitas baik, Anda tak perlu menjepitnya terlalu keras untuk mendapatkan hasil maksimal. 

  1. Menggunakan maskara sebelum menjepit bulu mata

Kesalahan ini seringkali dilakukan banyak orang. Alih-alih mendapatkan bulu mata lentik, panjang, dan bervolum, penggunaan maskara sebelum menjepit bulu mata justru akan membuat karet di dalamnya lengket dan merontokkan bulu mata. 

  1. Penjepit bulu mata kotor

Penjepit bulu mata setidaknya dibersihkan dua bulan sekali menggunakan pembersih makeup baik bagian metal atau karetnya. Pembersihan lebih lanjut juga bisa dilakukan menggunakan sabun dan air lalu keringkan semalaman. 

  1. Karet di dalamnya tidak berfungsi

Apabila Anda merasa karet didalamnya telah mengendur, sebaiknya ganti karet tersebut dengan segera. Idealnya, karet penjepit bulu mata diganti dalam waktu 3 bulan sekali atau tergantung frekuensi pemakaian. Anda juga bisa mengganti karet dengan silikon karena lebih tahan lama ketika digunakan.  

  1. Sedang melakukan lash lift atau keratin treatment 

Pada dasarnya, penggunaan penjepit bulu mata tetap diperbolehkan meskipun Anda sedang melakukan perawatan lash lift. Namun, jangan langsung digunakan tepat setelah menyelesaikan perawatan. Tunggu hingga bulu mata tidak terasa berat atau sekitar 1-2 minggu setela perawatan. 

Sementara keratin treatment memberikan efek bulu mata lebih lentik dan tahan lama dibandingkan dengan lash lift sehingga penjepit bulu mata cukup digunakan menjelang akhir perawatan saja. 

Pemilihan maskara

Beruntung bagi Anda yang dikaruniai bulu mata lebat dan panjang. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki bulu mata tipis, pendek, atau lurus, pemilihan maskara harus menjadi perhatian khusus. 

Bagi pemilik bulu mata tipis, sebaiknya Anda memilih masakara dengan sikat banyak dan rapat. Cairan maskara bisa terpulas dengan tebal dan bulu mata menjadi lebih bervolum. Sedangkan, untuk bulu mata pendek, pilih lah sikat maskara yang panjang namun berbulu pendek sehingga mencegah cairan maskara luber. Bulu mata pun akan terkesan lebih panjang. Sementara, bagi pemiliki bulu mata lurus, ada baiknya memilih sikat maskara berbentuk melengkung atau curly sehingga dihasilkan efek lentik yang maksimal.

Cara melentikkan bulu mata akan lebih sempurna, apabila Anda menghindari kesalahan-kesalahan saat mengaplikasikan maskara pada bulu mata, seperti berikut ini:

  1. Terlalu banyak maskara menempel di sikat

Cairan maskara yang terlalu banyak menempel di sikat justru menimbulkan noda pada kelopak atau bawah mata. Sebaiknya Anda mengoleskan kelebihan cairan maskara ke tissue atau kain daripada membuat tampilan makeup berantakan.   

  1. Tidak sadar isi maskara telah mengering  

Jika menemukan produk maskara yang telah mengering, jangan dipaksa untuk digunakan karena hasilnya akan menggumpal atau bahkan tidak bisa menempel. Rendam maskara ke dalam air hangat, maka aliran panas akan membantu mencairkan formula di dalamnya sehingga bisa digunakan kembali.

  1. Mengocok maskara terlalu sering

Kedalahan ini paling banyak dan sering dilakukan. Mengocok maskara secara berlebihan untuk mendapatkan cairan di dalamnya justru akan memberikan kontaminasi udara dan bakteri. Anda cukup mengoleskannya secara lembut ke dasar maskara sebelum mengaplikasikannya ke bulu mata. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *