Cara Efektif Mengatasi Perut Kembung agar Tak Jadi Masalah Berkelanjutan

Permasalahan seputar perut kembung sudah bukan hal yang asing lagi bagi orang Indonesia. Masalah perut kembung sudah umum di masyarakat. Walaupun kedengarannya sepele, namun permasalahan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Tenang! Tidak perlu sampai ke dokter apabila masalah ini berlangsung dalam sehari saja. Ada cara-cara alami yang efektif untuk mengatasi perut kembung lho. Yuk, simak penjelasannya berikut!

  1. Kurangi konsumsi makanan yang meningkatkan kadar gas dalam lambung, seperti kacang-kacangan, kol, bawang, brokoli, kembang kol, jamur, atau makanan yang terbuat dari gandum utuh. 
  2. Hindari makanan berlemak. Lambung memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berlemak. Ketika proses pencernaan, makanan berlemak akan berada lebih lama di dalam lambung dan mengakibatkan meningkatnya produksi gas dalam lambung.
  3. Hindari makanan berserat tinggi. Makanan-makanan dengan serat yang tinggi, pada umumnya memiliki kandungan gas yang relatif besar. 
  4. Kentut dan sendawa. Ketika perut kembung sedang melanda, jangan ragu untuk membuang bersendawa atau kentut. Kedua cara ini dapat mengeluarkan gas berlebih yang terperangkan terperangkap dalam lambung.
  5. Jangan tunda dan menahan hasrat untuk buang air. Siapa sangka bahwa kebiasaan menunda atau menahan buang air dapat mengganggu kinerja usus besar? Dengan tidak menahan dan menunda untuk buang air, usus besar dapat bekerja secara optimal sehingga, mampu membuang gas lebih cepat.
  6. Minum teh. Proses pembuangan gas yang tertumpuk dalam lambung dapat dilakukan dengan minum teh, khususnya yang terbuat dari jahe, peppermint, dan kembang lawang.
  7. Cobalah untuk mengompres perut dengan handuk hangat atau bantal pemanas. Hal ini dilakukan agar otot-otot di saluran pencernaan menjadi lebih rileks.
  8. Olahraga ringan rutin. Berolahraga secara rutin dapat membantu untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat penumpukan gas di lambung. Aktivitas olahraga secara rutin dapat membantu pencernaan kamu kok.
  9. Tarik napas secara teratur dengan menggunakan diafragma.
  10. Memijat perut secara perlahan ternyata dapat mengurangi rasa kembung, lho. Walaupun begitu, apabila sedang mengandung, lakukanlah secara hati-hati, ya.
  11. Buang kebiasaan makan sambil bicara. Kebiasaan berbicara ketika sedang makan ternyata dapat membawa masuk banyak gas ikut masuk ke dalam lambung.
  12. Konsumsi probiotik secara rutin. Minuman probiotik mengandung bakteri baik yang bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan, seperti yogurt, tempe, kefir, dan kimchi.
  13. Konsumsi rempah-rempah, seperti jahe, daun basil, atau jintan dapat mengatasi perut kembung secara alami.
  14. Hindari makanan yang mengandung garam berlebih. Konsumsi makanan asin dan gurih ternyata merupakan salah satu faktor penyebab perut kembung. Hal ini terjadi karena sodium yang ada di dalam garam memaksa tubuh untuk menahan air secara berlebihan.
  15. Batasi kebiasaan mengunyah permen karet. Ketika mengunyah permen, secara tidak sadar kita mengonsumsi gula dan menelan udara pada saat yang bersamaan.
  16. Hindari minum soda. Kandungan karbon dioksida, gila, dan pemanis buatan lainnya, yang terkandung dalam minuman bersoda akan mengisi perut kita penuh dengan gas.
  17. Perhatikan porsi makan. Makan dengan porsi yang terlalu besar akan membuat kita merasa cepat kembung. Menyiasati porsi makan dengan mengatur porsi menjadi lebih kecil, namun dalam jeda waktu lebih sering, dianggap sebagai alternatif yang baik untuk mengurangi dan mencegah perut kembung.

Nah, apabila cara-cara di atas tidak berhasil dalam mengatasi perut kembung yang kamu alami, maka sudah sebaiknya untuk konsultasikan masalah tersebut dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *