Cara Alami Untuk Mengobati Penis Gatal

Penis Gatal

Keluhan gatal pada kemaluan ada yang bisa hilang dengan sendirinya, ada juga yang perlu diobati. Rasa gatal pada kemaluan yang tak kunjung hilang tidak boleh Anda abaikan karena bisa menjadi tanda adanya penyakit tertentu. Gatal pada kemaluan, yaitu di vagina atau penis, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan kadang bisa sampai mengganggu aktivitas. Penyebab penis gatal salah satunya disebabkan karena adanya infeksi jamur. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, penis gatal ini bisa diatasi dengan menggunakan cara alami yang tidak akan menyakiti Anda.

Anda bisa mencoba meringankan permasalahan penis gatal ini secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Berikut beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi penis gatal.

  1. Menggunakan kompres dingin

Kompres dingin bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal akibat dermatitis kontak, kudis, rambut kemaluan yang tumbuh ke dalam, dan peradangan pada area kemaluan. Caranya, basahi lap dengan air dingin, lalu usapkan pada penis selama kurang lebih 5-10 menit. Dikutip dari Health Direct, jangan langsung menempelkan es batu pada area yang meradang. Sebaiknya gunakan lap bersih, lalu usapkan sama seperti sebelumnya.

  1. Menghindari penggunaan sabun

Penggunaan sabun dapat menyebabkan kulit penis menjadi kering dan menyebabkan rasa gatal. Untuk mengatasinya, hentikan sementara penggunaan sabun saat Anda membersihkan area kelamin. Sebagai gantinya, Anda cukup membersihkan penis menggunakan air hangat.

  1. Membalurkan pelembap alami

Anda dapat menggunakan pelembap alami seperti gel lidah buaya untuk meredakan gatal akibat iritasi. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area yang gatal hingga rasa gatal berkurang.

Cara alami memang dapat meringankan rasa gatal, tapi rasa gatal bisa kembali jika penyebabnya belum diatasi. Cobalah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi penis gatal ini. Dokter biasanya akan menyarankan pengobatan sebagai berikut.

  1. Obat atau krim anti-jamur

Penis gatal bisa terjadi karena area di sekitar selangkangan lembap akibat keringat. Hal ini akan memicu jamur tumbuh di sekitar area tersebut. Nah, untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan obat anti-jamur. Selain itu, Anda juga harus menjaga area penis dan selangkangan tetap kering agar jamur tidak tumbuh kembali.

  1. Antibiotik

Antibiotik dapat membantu mengatasi penis gatal yang disebabkan oleh bakteri. Perlu diingat, obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter harus digunakan sesuai anjuran supaya bisa bekerja secara efektif dan tidak menimbulkan efek samping tertentu.

  1. Menggunakan krim steroid topikal

Krim steroid topikal tidak hanya dapat meringankan gatal, tapi juga kemerahan dan peradangan pada area kemaluan pria dan sekitarnya. Oleh karena itulah krim steroid seringkali digunakan untuk mengatasi gatal akibat penyakit kulit.

  1. Menggunakan pelembap

Gesekan antara penis dengan pakaian bisa menyebabkan iritasi dan lambat laun menimbulkan rasa gatal. Guna mengatasi rasa gatal akibat iritasi, Anda dapat mengoleskan pelembap secara rutin. Cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan jenis pelembap mana yang sesuai dan cocok dengan kondisi Anda.

Penis gatal dapat Anda cegah dengan cara merawat penis dengan baik dan teratur. Ada beberapa cara untuk membersihkan dan menjaga kesehatan penis.

  • Cucilah bagian dasar penis, kantung buah zakar (skrotum), dan anus dengan air hangat dan sabun tanpa pewangi setidaknya sekali sehari
  • Selalu keringkan penis setiap kali selesai mandi atau buang air kecil
  • Kenakan celana dalam yang nyaman, tidak ketat, dan menyerap keringat, misalnya yang berbahan katun
  • Gantilah celana dalam setidaknya sekali sehari
  • Segera ganti pakaian yang basah setelah berolahraga untuk mencegah infeksi bakteri atau jamur pada penis
  • Hindari penggunaan bedak untuk penis, terutama pada balita, karena bedak dapat menumpuk di kulup dan menyebabkan iritasi
  • Hindari perilaku seks berisiko dengan cara menggunakan kondom saat akan berhubungan seksual dan tidak berganti pasangan seksual
  • Lakukan sunat untuk mengurangi risiko peradangan pada penis yang dapat menimbulkan rasa gatal

Itulah beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan penis gatal yang dialami. Setelah menggunakan cara alami tetapi Anda masih merasakan gatal, maka sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *