Atasi Ruam Popok Dengan B&B Kids Body Powder

Ruam popok tumbuh di daerah yang lembap dan hangat. Popok bayi merupakan salah satu tempat di mana ruam ini paling sering muncul. Ruam tersebut dapat terlihat seperti bercak merah pada pantat bayi atau sisik merah pada daerah kemaluan. Ruam popok dapat terjadi akibat iritasi akibat feses dan air seni, makanan atau produk baru, kulit yang sensitif, ataupun popok yang dipasang dengan terlalu ketat. Biasanya, orang tua akan menggunakan bedak bayi seperti B&B Kids Body Powder untuk mencegah dan mengatasi ruam popok. Artikel ini akan membahas hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mencegah ruam mengganggu pada buah hati ini. 

Pembersihan dan penggantian popok

Cara terbaik dan terpenting dalam mencegah dan merawat ruam popok adalah dengan menjaga popok bayi kering dan bersih, serta memastikan popok tidak terpasang dengan terlalu ketat. Anda juga bisa menggunakan bedak bayi seperti B&B Kids Body Powder. Kapan saja bayi tidak mengenakan popok, baringkan dia di atas handuk. Selain itu, beri beberapa waktu untuk bayi tidak memakai popok pada siang hari. Hal ini akan menjaga daerah popok tetap kering. Saat Anda mengganti popok bayi, bersihkan daerah popok dengan lembut dan perlahan menggunakan kain lembut atau semprotkan air lewat botol. Tisu basah boleh digunakan, namun pilihlah jenis tisu basah yang tidak mengandung alkohol atau pewangi tambahan karena dapat mengiritasi kulit sensitif bayi. Selain itu, jangan terlalu keras menggosok kulit bayi. Gunakan sabun yang ringan atau pembersih bebas sabun saat Anda memandikan si kecil. Tepuk-tepuk alus, dan bukan menggosok, daerah tubuh bayi hingga kering. 

Saat bayi Anda memiliki ruam popok, Anda harus berhati-hati dalam mengganti popok. Sangat penting untuk sering mengganti popok si kecil, idealnya ketika popok kotor. Jika Anda menggunakan popok kain, bilas popok dua atau tiga kali agar semua sabun yang Anda gunakan untuk membersihkannya hilang. Hal ini disebabkan karena beberapa bayi sensitif terhadap detergen atau pewangi yang ada di dalamnya. Selain itu, menggunakan popok sekali pakai yang dapat menyerap dengan cepat dapat menjaga kulit bayi tetap kering dan terhindar dari ruam popok yang mengganggu. 

Krim dan jeli

Selain bedak seperti B&B Kids Body Powder, Anda bisa menggunakan pasta atau krim pelindung yang mengandung zinc untuk menenangkan kulit dan mencegah kontak dengan feses dan iritan lainnya. Oleskan dalam lapisan yang tipis untuk mencegah kotoran dan urin menyentuh kulit bayi. Jeli seperti Vaseline dapat menjadi pilihan yang ideal, karena harga yang terjangkau dan biasanya mengandung lebih sedikit pewangi ataupun pewarna. Namun, penting untuk diingat bahwa produk seperti jeli dapat menempel pada popok kain dan sulit untuk dibersihkan. Jeli juga tidak menawarkan pelindung sekuat krim lainnya. 

Perawatan yang perlu dihindari

Saat Anda mencoba untuk mencegah dan merawat ruam popok, hindari menggunakan produk yang mengandung pewangi dalam jumlah besar, termasuk pelembut kain dan lapisan pengering. Produk yang hypoallergenic dan bebas pewangi seperti B&B Kids Body Powder tidak akan mengiritasi kulit bayi yang sangat sensitif. Namun, berhati-hatilah saat menggunakannya dan jangan sampai si kecil menghirup bedak bayi. Selain itu, pakaikan si kecil pakaian yang “breathable”, karena pakaian yang ketat dapat menyebabkan daerah sekitar popok menjadi lembap, dan lingkungan yang panas dan lembap menjadi tempat ideal bagi kuman dan bakteri untuk menyebabkan iritasi dan ruam popok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *