Apakah Arti Makanan Sehat dan Manfaatnya? Ini Penjelasannya!

Mungkin Anda sering kali mendengar atau disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Namun, apakah Anda tahu apa arti makanan sehat itu sendiri? 

Pada artikel kali ini akan dibahas apa arti dari makanan sehat yang harus kita konsumsi dan apa saja manfaat dari mengonsumsi makanan sehat tersebut. Simak terus artikelnya hingga akhir ya. 

Arti makanan sehat

Makan sehat berarti makan berbagai jenis makanan yang memberi Anda nutrisi yang Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan, merasa nyaman, dan berenergi. Nutrisi tersebut antara lain, seperti protein, karbohidrat, lemak, air, vitamin dan mineral. 

Nutrisi baik untuk semua orang. Jika dikombinasikan dengan aktif secara fisik dan menjaga berat badan yang sehat, makan dengan baik adalah cara terbaik untuk membantu tubuh Anda tetap kuat dan sehat. Dan, jika Anda memiliki riwayat penyakit kanker payudara atau sedang menjalani perawatan, makan dengan baik sangat penting. Pasalnya, apa yang Anda makan akan mempengaruhi suasana hati, sistem kekebalan, dan tingkat energi Anda.

Manfaat mengonsumsi makanan sehat

Pola makan yang biasanya akan mencakup makanan padat nutrisi dari semua kelompok makanan utama, termasuk protein tanpa lemak, biji-bijian, lemak sehat, dan buah-buahan serta sayuran dengan berbagai warna. 

Mengikuti pola makan yang sehat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk membangun tulang yang kuat, melindungi jantung, mencegah penyakit dan meningkatkan mood. Berikut beberapa manfaat dari makanan sehat yang Anda konsumsi. 

  1. Kesehatan jantung

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit jantung penyebab utama kematian pada orang dewasa. The American Heart Association (AHA) menyertakan bahwa hampir setengah dari orang dewasa AS hidup dengan beberapa bentuk penyakit kardiovaskular. 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah masalah yang berkembang di AS. Kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung, gagal jantung, dan stroke. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan sehat dapat membantu menurunkan tekanan daran dan menjaga kesehatan jantung. 

  • Makan banyak sayuran, buah-buahan dan biji-bijian
  • Memilih produk susu bebas lemak atau rendah lemak, ikan, unggas, kacang-kacangan, dan minyak nabati
  • Membatasi asupan lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging berlemak dan produk susu berlemak penuh
  • Membatasi minuman dan makanan yang mengandung gula tambahan
  • Membatasi asupan natrium hingga kurang dari 2.300 miligram per hari (idealnya 1.500 mg per hari) dan meningkatkan konsumsi kalium, magnesium dan kalsium
  1. Mengurangi risiko kanker

Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker dengan cara melindungi sel dari kerusakan. Kehadiran radikal bebas dalam tubuh meningkatkan risiko kanker, tetapi antioksidan membantu menghilangkannya untuk menurunkan kemungkinan penyakit ini. 

Makanan tinggi antioksidan meliputi:

  • Beri seperti blueberry dan raspberry
  • Sayuran berdaun gelap
  • Labu dan wortel
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Mengalami obesitas dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker dan menghasilkan hasil yang lebih buruk. Mempertahankan berat badan sedang dapat mengurangi risiko ini. Mereka juga menemukan bahwa pola makan yang kaya sayuran, buah-buahan, dan serat menurunkan risiko kanker kolorektal, sedangkan pola makan kaya serat mengurangi risiko kanker hati. 

  1. Suasana hati yang lebih baik

Beberapa bukti menunjukkan hubungan yang erat antara pola makan dan suasana hati. Pada 2016, peneliti menemukan bahwa diet dengan beban glikemik tinggi dapat memicu peningkatan gejala depresi dan kelelahan. 

Diet dengan beban glikemik tinggi mencakup banyak karbohidrat olahan, seperti minuman ringan, kue, roti putih dan biskuit. Sayuran buah utuh, dan biji-bijian memiliki kandungan glikemik yang lebih rendah. 

  1. Meningkatkan kesehatan usus

Usus besar penuh dengan bakteri alami, yang berperan penting dalam metabolisme dan pencernaan. Strain bakteri tertentu juga menghasilkan vitamin K dan B yang bermanfaat bagi usus besar. Strain ini juga membantu melawan bakteri dan virus berbahaya. 

Serat adalah prebiotik yang mudah di dapat dan berlimpah dalam kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. 

  1. Peningkatan memori

Makanan yang sehat dapat membantu menjaga kognisi dan kesehatan otak. Nutrisi dan makanan yang melindungi dari penurunan kognitif dan demensia. Para peneliti menemukan hal-hal berikut ini bermanfaat:

  • Vitamin D, vitamin C, dan vitamin E  
  • Omega-3 asam lemak
  • Flavonoid dan polifenol
  • Ikan

Jadi, pola makan yang sehat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, serta mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, obesitas dan lainnya. Dalam hal ini tentu arti makan sehat sangat penting bagi Anda, terutama bagi Anda yang memiliki beberapa penyakit tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *