Anemia? Atasi dengan Hemobion dan Berbagai Makanan Ini

Sering merasa kelelahan, telapak kaki dan tangan dingin, sampai tiba-tiba merasa jantung berdetak sangat cepat pada beberapa kondisi? Jangan-jangan Anda mengalami anemia. Ini merupakan kondisi ketika tubuh Anda tidak mampu memproduksi sel darah merah atau hemoglobin secara maksimal sehingga berpengaruh pada tidak optimalnya aliran oksigen ke seluruh bagian tubuh dan organ. 

Tidak perlu panik. Saat ini sudah banyak obat yang dijual bebas untuk mengatasi gejala anemia. Salah satunya adalah Hemobion yang mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin B12 yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Hemobion sendiri merupakan jenis obat anemia yang juga direkomendasikan dan aman digunakan bagi ibu hamil dan menyusui. 

Selain Hemobion atau obat sejenis lainnya, sebenarnya banyak makanan alami pula yang dapat Anda andalkan untuk meredakan gejala anemia. Berikut ini adalah beberapa makanan yang sangat dianjurkan bagi Anda yang tengah dirudung masalah anemia. 

Buah Bit 

Bit adalah salah satu obat paling efektif untuk mengobati anemia. Buah ini sangat membantu bagi orang-orang yang mengalami anemia karena kekurangan zat besi. Pasalnya, buah ini sangat kaya akan zat besi. Bit juga mengandung serat, kalium, belerang, kalsium dan vitamin. Di mana semua paduan nutrisi tersebut dapast membantu memasok lebih banyak oksigen dan meningkatkan sel darah merah dalam tubuh Anda.

Pisang

Pisang mengandung nutrisi penting untuk mengatasi gejala anemia. Mulai dari vitamin C, folat, kalium, sampai zat besi dimiliki oleh buah tropis yang satu ini. Tentu saja semua nutrisi tersebut sangat membantu untuk memproduksi sel darah merah dan memulihkan kondisi anemia Anda. Mengonsumsi pisang untuk mengatasi gejala anemia tidak kalah hebatnya dibandingkan Anda mengonsumsi obat-obat anemia, tidak terkecuali Hemobion. 

Kurma dan Kismis 

Kismis dan kurma merupakan sumber vitamin C dan zat besi yang sangat baik. Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu tubuh Anda menyerap zat besi dengan lebih efisien. Sementara itu, zat besi sendiri berperan sentral dalam pembentuk hemoglobin dalam tubuh Anda. Mengkonsumsi segenggam kurma atau kismis setidaknya tiga kali seminggu di pagi hari diklaim dapat meningkatkan kadar hemoglobin Anda dengan signifikan.

 Jeruk 

Jeruk adalah buah yang sangat kaya vitamin C. Jenis vitamin ini sendiri sangat baik untuk membantu tubuh dalam penyerapan zat besi. Dengan demikian, gejala anemia bisa dicegah lebih dini. Anda pun bisa beraktivitas maksimal tiap harinya. 

Sayuran Hijau 

Jumlah klorofil yang tinggi yang terkandung dalam sayuran hijau, seperti bayam, seledri, sawi dan brokoli merupakan sumber zat besi yang baik. Namun, lebih baik masak berbagai sayuran hijau tersebut sebelum dikonsumsi. Ini karena daun sayuran hijau mentah cenderung mengandung asam oksalat yang dapat mencegah penyerapan zat besi dalam tubuh. Ujung-ujungnya, anemia Anda justru bisa bertambah parah. 

Delima

Delima sangat efektif untuk mengobati anemia. Buah sangat kaya zat besi dan mineral seperti kalsium dan magnesium. Vitamin C yang ada dalam Delima juga membantu menyerap zat besi dalam tubuh. Ini dapat meningkatkan sel darah merah dan kadar hemoglobin. Anda bisa makan buah delima dalam bentuk apapun untuk meningkatkan aliran darah yang sehat dalam tubuh.

*** 

Tidak ada salahnya mengonsumsi Hemobion atau obat anemia lainnya. Namun, menjadi bijak juga jika dibarengi dengan mengonsumsi makanan alami untuk menuntaskan masalah kadar hemoglobin yang rendah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *