8 Manfaat Kesehatan Perawatan Alternatif Chiropractic

Nyeri punggung merupakan kondisi paling umum yang banyak dialami orang-orang di seluruh belahan dunia. Bahkan, di Amerika Serikat sendiri, nyeri punggung bagian bawah adalah hal paling umum kedua alasan orang-orang menemui dokter.

Tak sedikit orang yang tertarik untuk mencari alternatif pengobatan untuk menghilangkan rasa sakit, dan salah satunya adalah perawatan Chiropractic. Apa saja manfaat yang membuat perawatan alternatif chiropractic digemari? Berikut 10 di antaranya.

Perawatan Chiropractic

Perawatan chiropractic adalah bentuk pengobatan penunjang dengan bantuan manipulasi langsung dari seorang profesional terlatih. Manipulasi ini membantu menyetel kembali persendian yang berpotensi menyebabkan hilangnya rasa sakit.

Rasa sakit yang dapat dibantu dihilangkan oleh perawatan chiropractic, yaitu pada:

  • Tulang
  • Tulang rawan
  • Jaringan ikat
  • Sendi
  • Otot

Perawatan chiropractic kebanyakan berfokus pada tulang belakang, tetapi tidak menutup kemungkinan fokus pada bagian lain dari tubuh, tergantung pada masalah tertentu yang Anda hadapi.

Manfaat Perawatan Chiropractic

  1. Meringankan nyeri leher

Sakit leher atau nyeri leher merupakan masalah umum yang dapat terjadi karena beberapa hal. Perawatan chiropractic membantu meringankan sakit leher Anda dengan menyelaraskan kembali tulang belakang dan mengurangi ketegangan pada otot leher. Ini dilakukan oleh seorang professional yang disebut chiropractor.

  1. Mengurangi ketergantungan pada pereda nyeri opioid

Orang dengan nyeri kronis sering diberi resep pereda nyeri opioid untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Obat ini bisa saja menyebabkan ketergantungan. Chiropractic adalah salah satu alternatif untuk mengurangi konsumsi dan ketergantungan pada pereda nyeri opioid sekaligus membantu meredakan nyeri. 

  1. Meringankan sakit punggung

Perawatan chiropractic dapat menjadi alternatif yang baik dari perawatan invasif lainnya seperti pembedahan atau suntikan untuk mengobati nyeri punggung jangka pendek atau kronis.

The American College of Physicians merekomendasikan bahwa dokter mendorong orang dengan nyeri punggung kronis pertama mencari perawatan non-obat sebelum mengambil obat untuk mengobati rasa sakit mereka. Beberapa pilihan pengobatan yang direkomendasikan antara lain:

  • Manipulasi tulang belakang (perawatan chiropractic)
  • Latihan
  • Akupunktur
  • Yoga
  • Tai chi
  • Relaksasi otot progresif
  • Meditasi
  1. Kemungkinan pengurangan gejala osteoartritis

Nyeri Osteoarthritis disebabkan oleh ujung tulang bergesekan karena degenerasi tulang rawan pada. Beberapa jenis penyesuaian chiropractic dapat membantu menyelaraskan sendi dan mengurangi seberapa banyak tulang bergesekan.

  1. Meringankan gejala sakit kepala

Chiropractic mungkin efektif untuk mengobati sakit kepala tegang dan sakit kepala yang berasal dari leher. Sebuah studi 2016 menemukan bahwa 6 hingga 8 sesi manipulasi tulang belakang leher dan dada bagian atas lebih efektif daripada gerakan dan olahraga untuk menghilangkan rasa sakit pada orang dengan sakit kepala kronis. 

  1. Mengurangi gejala skoliosis

Perawatan chiropractic dapat membantu meningkatkan sudut Cobb pada penderita skoliosis. Sudut Cobb adalah ukuran seberapa banyak deformitas sisi ke sisi yang ada di tulang belakang. 

Chiropractic dirancang untuk mencegah kelengkungan menjadi lebih buruk dan/atau mengelola gejala untuk meningkatkan kualitas hidup. Seorang chiropractor untuk skoliosis dapat mengembangkan rencana perawatan skoliosis non-invasif dan bebas obat yang menangani banyak gejala.

  1. Membantu memperbaiki postur tubuh

Menjalani perawatan chiropractic berpotensi membantu memperbaiki postur tubuh yang buruk, terutama jika postur tubuh yang buruk itu disebabkan oleh terlalu banyak duduk. Chiropractor dapat melakukan penyesuaian pada tulang belakang Anda, memberi rentang gerak yang jauh lebih luas dan mobilitas yang lebih baik. 

Chiropractor juga dapat merekomendasikan latihan untuk Anda dan menunjukkan cara melakukannya dengan benar. Jika Anda memiliki masalah berat badan, ia dapat memberi Anda saran tentang diet dan perubahan gaya hidup.

  1. Dapat membantu kinerja atletik

Penyesuaian tulang belakang berpotensi meningkatkan kinerja atletik Anda. Chiropractic dapat meningkatkan mobilitas sendi, mengurangi rasa sakit, dan mengurangi pembatasan jaringan. Penyesuaian chiropractic mungkin lebih efektif bila digunakan untuk mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh cedera.

Chiropractic merupakan sebuah perawatan alternatif atau penunjang yang banyak diminati untuk meredakan nyeri di bagian punggung dan leher. Chiropractic membantu tubuh Anda menyembuhkan dirinya sendiri. 

Penyesuaian chiropraktik mungkin merupakan pengobatan yang efektif untuk berbagai bentuk nyeri leher atau punggung, yang dapat menurunkan kebutuhan Anda untuk menggunakan penghilang rasa sakit atau menurunkan risiko menjalani perawatan yang lebih invasif seperti operasi.

Temukan lebih banyak informasi seputar Chiropractic lainnya di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga berdiskusi atau berkonsultasi online seputar chiropractic di aplikasi SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store dan Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *