7 Tips Memilih Tisu Basah Bayi yang Aman

Tisu basah bayi merupakan salah satu barang yang harus selalu ada di dalam kebutuhan untuk perawatan bayi. Karena lebih praktis, tisu basah sering jadi pilihan untuk membersihkan bayi. Misalnya menghilangkan bekas makanan, digunakan untuk membersihkan setelah buang air, atau membuat kulit bayi menjadi lebih segar. Oleh karena itu, banyak orang tua yang menjadikan tisu basah bayi barang yang wajib dibawa kemana pun. Namun, bagaimana memilih tisu basah bayi yang aman dan tepat? Begini beberapa tipsnya.

Tisu basah bayi adalah perlengkapan bayi yang praktis digunakan
  1. Pertimbangkan kandungan di dalamnya

Tips paling utama yang harus diperhatikan ketika memilih tisu basah bayi yaitu melihat kandungan yang ada di dalamnya. Apakah tisu basah mengandung bahan yang tidak cocok dengan kulit bayi atau ada bahan yang bisa menimbulkan alergi. Supaya aman, orang tua bisa membeli tisu basah bayi yang memiliki label bebas alkohol.

  1. Perhatikan ketebalan tisu basah

Sebaiknya pilih tisu basah bayi dengan ketebalan yang cukup. Kalau terlalu tipis akan mudah robek dan khawatir bisa merusak kulit bayi yang sensitif. Membeli tisu dengan bahan yang tebal juga akan mengirit pemakaian karena tidak membutuhkan banyak lembar tisu ketika membersihkan kotoran serta mampu membersihkan tubuh bayi dengan lebih baik.

  1. Hindari tisu dengan pewangi

Tisu basah bayi dengan pewangi biasanya memiliki aroma yang terlalu kuat sehingga dikhawatirkan bisa mengganggu pernapasan si Kecil. Sebaiknya pilih tisu basah tanpa tambahan aroma atau parfum tertentu. Biasanya, tisu basah bayi yang aman dan bagus memiliki lebih banyak kandungan air, wanginya akan lebih natural serta parfumnya tidak terlalu tercium.

  1. Beli sesuai dengan kebutuhan

Jangan membeli tisu basah bayi dalam jumlah banyak sekaligus. Beli sebungkus kecil terlebih dahulu untuk melihat apakah cocok dengan kulit bayi dan tidak menimbulkan alergi. Perhatikan juga varian tisu yang dibutuhkan bayi. Jika aman dan tidak menimbulkan efek samping, Anda boleh membeli sekaligus untuk stok. Sehingga Anda bisa mengirit pengeluaran.

  1. Memiliki kandungan air yang cukup

Tisu basah pada dasarnya adalah pengganti lap biasa yang dibasahi oleh air. Namun karena harus terus membasahi lap dengan air untuk membersihkan dirasa cukup merepotkan, maka digunakanlah tisu basah bayi yang lebih praktis. Oleh karena itu, pilihlah tisu basah bayi dengan kandungan air yang cukup karena bisa membersihkan dengan efektif.

  1. Penutup yang rapat

Biasanya, tisu basah di pasaran dijual dalam kemasan plastik dengan ukuran sedang. Ada juga yang dijual dalam botol dengan penutup flip-up sehingga mudah dibuka tutup. Disarankan membeli tisu basah bayi yang menggunakan penutup flip-up. Sehingga setelah menggunakan tisu bisa ditutup dengan rapat untuk mencegah tisu menjadi kering dan terkena debu.

  1. Periksa bahan yang digunakan

Tisu basah bayi yang menggunakan bahan alami tentu lebih baik digunakan untuk kulit bayi yang sensitif. Pastikan tisu yang Anda beli mengandung formula anti bakteri agar bayi tetap higienis. Ada banyak rekomendasi tisu basah bayi yang bisa Anda pilih dengan berbagai keunggulan dan manfaat, untuk menjaga kelembutan kulit bayi misalnya.

Tisu basah bayi memang praktis, tetapi alangkah lebih baiknya jika digunakan seperlunya. Gunakan tisu basah bayi jika sedang tidak sempat menggunakan air, misalnya ketika sedang bepergian. Hentikan penggunaan bila terjadi iritasi dan muncul ruam pada kulit bayi. Jangan paksakan memakai tisu basah jika memang tidak ada satupun produk yang cocok. Artinya, kulit bayi memang sensitif. Anda bisa membersihkan bayi cukup dengan lap basah saja. Kulit bayi akan tetap bersih asalkan Anda mengelapnya dengan teliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *