6 Manfaat Tidak Terduga dari Cabe Jalapeno

6 Manfaat Tidak Terduga dari Cabe Jalapeno

Jenis cabai di dunia sangat beraneka ragam. Di Indonesia, istilah cabe merah keriting ataupun cabe rawit sudah sangat identik sebagai bumbu berbagai masakan nusantara. Anda pun pasti sudah mengenal kedua jenis cabe tersebut. Namun, pernahkan Anda mendengar mengenai cabe jalapeno?

Cabe jalapeno merupakan cabe khas Meksiko. Anda akan mudah menemukannya di berbagai masakan meksiko, seperti pada saus salsa. Sepintas jenis cabe ini sangat mirip dengan cabe hijau atau merah besar, namun dengan ukuran yang lebih pendek dan gemuk. Akan tetapi soal kepedasan, cabe jalapeno disebut-sebut bisa menyaingi cabe rawit karena mengandung capsaicin yang tinggi. 

Selain rasanya yang pedas, cabe jalapeno kian populer di dunia karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Jenis cabe yang satu ini termasuk bumbu dapur yang menyediakan kebutuhan vitamin C, B, hingga fosfor untuk tubuh Anda. Berbagai manfaat luar biasa seperti di bawah ini pun bisa Anda peroleh dengan rajin mengonsumsi cabe jalapeno ini. 

  1. Mencegah Kanker 

Bukan hanya cabe jalapeno, sebenarnya segala jenis cabe yang memiliki kandungan capsaicin tinggi mampu menjadi bahan alami untuk mencegah kanker. Menurut sebuah penelitian laboratorium, capsaicin pada cabe mampu membunuh lebih dari 40 jenis sel kanker tanpa merusak sel normal. Karena inilah, cabe jalapeno mampu menghentikan pertumbuhan dan pembelahan sel kanker. 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung 

Pernahkah Anda menyangka bahwa cabe jalapeno bisa menjaga kesehatan jantung Anda? Nyatanya, sudah banyak penelitian yang membenarkan kaitan antara kesehatan jantung dengan kebiasaan mengonsumsi cabe jalapeno maupun jenis cabe lainnya. Pasalnya, cabe jalapeno mampu menstabilkan kadar gula darah sampai menurunkan kadar kolesterol. Di mana kedua kadar pada darah tersebut merupakan faktor risiko terbesar untuk penyakit jantung. 

  1. Meredakan Nyeri 

Mengoleskan krim dengan kandungan cabe jalapeno nyatanya mampu meredakan nyeri di tulang ataupun otot. Karena itulah, Anda tidak perlu heran apabila melihat merek-merek krim untuk pemijatan yang mengandung capsaicin ataupun cabe jalapeno secara khusus. Namun harus diingat, jangan mencoba mengoleskan cabe jalapeno secara langsung ke kulit karena hanya menimbulkan efek panas dan terbakar. 

  1. Mengurangi Gejala Sinusitis 

Bagi penderita sinusitis, musim hujan sangatlah tidak bersahabat karena akan membuat gejala gangguan pernapasan ini makin kuat. Pada udara dingin, umumnya lendir di rongga hidung semakin banyak, namun tidak mampu tersaring baik oleh dinding sinus. Mengonsumsi cabe jalapeno mampu merangsang dinding hidung untuk membersihkan lendir lebih cepat sehingga Anda bisa bebas dari kondisi pernapasan tersumbat. Capsaicin pada cabe jalapeno juga memiliki sifat antibakteri yang membantu Anda melawan infeksi sinusitis kronis. 

  1. Menurunkan Tekanan Darah 

Kombinasi vitamin C, vitamin A, dan bioflavinoid mampu memperkuat sekaligus membuat pembuluh darah lebih elastis. Pembuluh darah yang elastis tak ayal mampu membuat tekanan darah bisa lebih disesuaikan dan dikontrol. Karena itu jika Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, tidak ada salahnya menjajal manfaat cabe jalapeno yang satu ini. 

  1. Menghindarkan Sakit Maag 

Sampai saat ini pandangan mengenai cabe yang terasa pedas akan merangsang gejala maag masih sangat tinggi. Padahal sebenarnya, tidak ada hubungannya gejala maag dengan capsaicin yang menjadi penyebab rasa pedas pada cabe. Justru dengan rajin mengonsumsi cabe, termasuk cabe jalapeno, dengan jumlah terkontrol; Anda bisa terhindar dari berbagai masalah sakit perut, tidak terkecuali dari gejala sakit maag. 

*** 

Menguntungkan bukan mengonsumsi makanan dengan campuran cabe jalapeno? Anda bisa mendapatkan pedas dan enaknya jenis cabe yang satu ini, sekaligus merengguh manfaatnya yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *