5 Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil Beserta Manfaatnya

Sayur dan buah adalah makanan yang paling direkomendasikan untuk dimakan ibu hamil setiap hari. Sayur dan buah menyediakan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh ibu hamil serta mendukung kehamilan yang sehat. 

Namun ada banyak jenis sayuran di dunia, dan tidak semuanya aman dikonsumsi selama kehamilan. Ibu harus tahu betul mana sayuran yang bagus untuk ibu hamil dan mana yang membahayakan. Karena itu berikut kami rangkumkan 5 sayuran terbaik untuk ibu hamil beserta manfaatnya.

Sayuran terbaik untuk ibu hamil

  1. Brokoli

Brokoli dianggap sebagai makanan super (superfood) karena penuh dengan nutrisi, antioksidan, dan fitokimia. Memakan brokoli saat hamil juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mencegah sembelit dan anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memperkuat tulang. 

Brokoli juga kaya akan folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6 yang berfungsi mendukung tumbuh kembang janin dan menjauhkannya dari risiko cacat lahir. Tak heran jika brokoli merupakan salah satu sayuran yang bagus untuk ibu hamil. Agar bisa mendapat manfaatnya dengan maksimal, disarankan untuk mengonsumsi 3-5 porsi brokoli setiap hari.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran dengan sumber protein nabati terbaik. Sayur berdaun hijau ini juga diperkaya dengan asam folat, kalsium zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, sodium, kalium, dan magnesium. Kombinasi nutrisi tersebut memiliki peran penting dalam tumbuh kembang bayi dalam kandungan. 

Ibu hamil rentan mengalami perubahan suasana hati, dan mengonsumsi bayam saat hamil dapat menstabilkan suasana hati sekaligus menurunkan risiko depresi. Bayam juga sangat baik untuk menstabilkan kadar kolesterol dan tekanan darah pada ibu hamil sehingga terhindar dari risiko preeklamsia.

  1. Paprika

Makanan pedas berbahaya untuk ibu hamil adalah sebuah mitos belaka. Faktanya, paprika termasuk superfood yang memiliki banyak khasiat bagi ibu hamil. Paprika merah, hijau, atau kuning kaya akan vitamin C, antioksidan kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu selama kehamilan. 

Mengonsumsi paprika juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengatasi berbagai masalah seperti kembung dan kram. Selain itu, paprika juga mengandung sejumlah asam folat yang cukup untuk melindungi bayi dari risiko cacat lahir, seperti cacat tabung saraf.

Namun berhati-hatilah ketika mengonsumsi paprika karena sayuran ini mengandung alergen. Ibu dengan perut yang sensitif juga sebaiknya menghindari paprika karena bisa terkena masalah lambung.

  1. Turnip

Turnip adalah sayuran akar sejenis lobak yang biasa disebut dengan lobak Cina. Turnip dikenal akan kandungan vitamin C yang tinggi, yang baik untuk melindungi tubuh ibu hamil dari paparan radikal bebas dan penyebab penyakit. 

Turnip juga memiliki kandungan zat besi, vitamin A, asam folat, vitamin K, fosfor, dan magnesium. Mulai dari mencegah osteoporosis, menurunkan risiko diabetes, mengatasi sembelit, hingga mencegah cacat lahir, semua manfaat tersebut bisa didapat dari mengonsumsi turnip selama kehamilan. 

  1. Asparagus

Asparagus mungkin terdengar asing bagi orang Indonesia, namun manfaatnya bagi kesehatan membuat sayuran yang satu ini tak boleh dilewatkan. Sayuran dari keluarga tanaman lily ini mengandung folat, vitamin K, kalsium, dan serat yang sangat baik bagi kesehatan ibu dan janin. 

Disarankan memakan asparagus dalam jumlah sedang karena serat dan enzim raffinose dalam asparagus dapat menyebabkan perut kembung. Asparagus juga dapat membuat urin lebih berbau. 

Selain kelima sayuran tadi, kangkung, kubis, kembang kol, kale, dan sayuran berdaun hijau lainnya juga termasuk dalam daftar sayuran yang bagus untuk ibu hamil. Sayuran hijau kaya akan kandungan antioksidan, serat, vitamin, folat, dan zat besi. Mencampurkan sayuran hijau dalam satu jenis hidangan seperti salad akan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi ibu dan janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *