5 Manfaat Sabun Aloe Vera Untuk Kulit Lebih Sehat

Tanaman lidah buaya dikenal juga sebagai aloe vera yang memiliki berbagai kandungan di dalamnya. Beberapa di antaranya sangat baik bagi kulit seperti vitamin A, C, E, B12, asam folat, dan kolin. Tanaman aloe vera banyak diolah kemudian dijadikan berbagai produk seperti sampo, losion, serta sabun. Selain itu, aloe vera juga dapat dibuat makanan seperti puding atau minuman seperti es buah aloe vera. Semua produk tersebut dipercaya baik bagi kulit termasuk sabun aloe vera. Berikut ini akan dijelaskan tentang 5 manfaat sabun aloe vera untuk kulit Anda. 

  1. Menjaga kulit awet muda

Manfaat pertama dari sabun aloe vera yaitu dapat membantu menjaga kulit agar awet muda. Penggunaan secara teratur akan menutrisi kulit sehingga efek penuaan bisa dilawan. Efek yang mungkin diberikan salah satunya yaitu kulit menjadi lebih kencang. Selain itu, sabun aloe vera juga bisa meningkatkan produksi kolagen yang sangat baik bagi kulit sehingga mengurangi munculnya kerutan. Saat sabun aloe vera digunakan, sirkulasi darah meningkat dan membuat nutrisi tersalurkan dengan baik. Hal itu memicu regenarasi sel lebih cepat sehingga kulit akan selalu tampak muda. 

  1. Mencegah kerusakan kulit

Kerusakan yang terjadi pada kulit dapat berpengaruh pada kesehatan. Untuk itu, perlu dilakukan pencegahan dengan berbagai upaya salah satunya yaitu menggunakan sabun aloe vera. Kandungan antioksidan dalam sabun aloe vera mampu menangkal radikal bebas. Hal itu sekaligus membantu menurunkan risiko Anda terkena kanker kulit, lho!

  1. Melembapkan kulit

Manfaat sabun aloe vera lainnya yaitu dapat membantu melembapkan kulit. Manfaat aloe vera yang satu ini sudah cukup terkenal. Banyak pemilik kulit kering memilih produk-produk yang mengandung aloe vera sebab dapat membantu melembapkan kulit, termasuk produk berupa sabun. Uniknya, sabun aloe vera dapat melembapkan tanpa membuat kulit menjadi lebih berminyak. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak dan sensitif pun bisa menggunakan sabun aloe vera dengan aman dan tetap mendapatkan berbagai manfaatnya.  

  1. Mengatasi kulit bermasalah

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat, tentu akan lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan bagi kulit. Jika salah, bisa saja jerawat malah semakin parah dan meradang. Penggunaan sabun aloe vera dapat menjadi pilihan untuk kulit berjerawat. Sabun aloe vera membantu menyembuhkan peradangan pada kulit. Tidak hanya kulit berjerawat, kulit dengan bekas luka maupun kulit terbakar bisa diatasi menggunakan sabun aloe vera. 

  1. Mencerahkan kulit

Sabun aloe vera dapat membantu mencerahkan kulit Anda yang terlihat kusam. Kandungan dalam sabun aloe vera akan membantu mengangkat tumpukan sel-sel mati. Sabun aloe vera akan mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit sehingga permukaan kulit menjadi lebih halus. Selain itu, bagi Anda yang memiliki stretch mark dan ingin menghilangkannya dapat menggunakan sabun aloe vera secara teratur. 

Sabun aloe vera hadir dalam dua pilihan berbentuk cair dan batang untuk digunakan sesuai selera Anda. Meski memberi berbagai manfaat bagi kulit, sabun aloe vera dapat menyebabkan iritasi apabila Anda memiliki alergi. Hentikan segera pemakaian apabila muncul tanda alergi seperti gatal, kulit memerah, perih, serta  muncul ruam. Anda dapat berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter melalui aplikasi SehatQ untuk mencegah kemungkinan risiko penggunaan sabun aloe vera atau berbagai produk kecantikan yang mengandung aloe vera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *