15 Penyebab Jari Tangan Kesemutan, Waspada Diabetes

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami kesemutan di bagian-bagian tubuh tertentu, salah satunya jari tangan. Bukan hanya karena ada masalah pada aliran darah, namun jari tangan kesemutan biasanya menunjukkan kondisi medis tertentu.

Kesemutan di jari tangan atau jari kaki sebenarnya umum terjadi. Gejal ayang muncul bisa dalam jangka waktu lama maupun sementara. Meski begitu, jari tangan kesemutan tidak boleh dianggap sepele.

Penyebab Jari Tangan Kesemutan

Terdapat berbagai macam penyebab jari tangan seseorang mengalami kesemutan. Bisa karena gaya hidup tidak sehat, adanya kondisi medis tertentu, hingga efek samping obat. Berikut lebih jelasnya.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Pada pergelangan tangan, terdapat lorong karpal, di dalamnya banyak terdapat saraf yang mengendalikan jari dan tangan. Berlebihannya aktivitas yang melibatkan pergelangan tangan bisa membuat lorong karpal menjadi iritasi dan membengkak. Inilah kondisi yang disebut CTS.

CTS ini dapat membuat saraf Anda terjepit sehingga jari tangan akan kesemutan. Gejala lain yang juga akan dirasakan seperti genggaman melemah, terasa nyeri di tangan dan jari, hinnga sering menjatuhkan barang tanpa alasan.

  • Diabetes

Seiring berjalannya waktu, penderita diabetes akan mengalami kerusakan saraf akibat kadar gula darah yang tinggi. Lama kelamaan, kerusakan saraf ini memunculkan gangguan baru yang dikenal dengan istilah neuropati perifer.

Salah satu gejala neuropati perifer adalah jari tangan mengalami kesemutan. Selain itu, ada juga gejala-gejala lain seperti otot tubuh melemah, mengalami kram pada anggota tubuh, memburuknya keseimbangan tubuh, kesemutan di kaku dan lengan, hingga terasa nyeri pada anggota tubuh tertentu.

  • Fibromyalgia

Kelainan fibromyalgia ini juga dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan, maupun nyeri di bagian tubuh tertentu termasuk jari. Meski belum diketahui penyebabnya hingga sekarang, namun diyakini fibromyalgia ini terjadi karena ada masalah pada cara otak ketika menangani sinyal nyeri.

  • Cubital Tunnel Syndrome

Cubital tunnel syndrome ini adalah kondisi ketika saraf ulnaris tertekan secara berlebihan. Kondisi ini menyebabkan terjadinya kesemutan di jari manis dan juga kelingking tangan.

  • Tekanan pada Saraf

Tekanan pada saraf bisa menyebabkan terjadinya jari tangan mengalami kesemutan. Kondisi ini dipicu oleh cedera saraf, terjadinya pembengkakan otot, kista, hingga pembengkakan pembuluh darah.

Saat terjadi tekanan pada saraf ini, biasanya gejala yang yang mengikuti bisa berupa rasa nyeri dan jari tangan akan melemah.

  • Raynauds’ Disease

Kondisi ini akan membuat arteri kecil di jari tangan mengalami kejang dan menyebabkan arteri ini menutup dan membuka dengan cepat. Hal ini akan membuat jari tangan kesemutan serta adanya gangguan dirkulasi darah.

  • Rheumatoid Arthritis

Ini adalah kondisi kelainan autoimun yang dapat menimbulkan nyeri, pembengkakan pada persendian, dan tekanan. Selain itu muncul juga gejala berupa kesemutan, rasa terbakar, hingga mati rasa di tangan, termasuk jari.

  • Myofascial Pain Syndrome (MPS)

MPS ini merupakan gangguan pada muskuloskeletal yang menyebabkan rasa nyeri di bagian tubuh tertentu. Kondisi ini juga menyebabkan kesemutan di tangan dan lengan bawha.

  • Efek Pengobatan

Kesemutan juga bisa disebabkan oleh adanya efek dari pengobatan seperti kemoterapi yang dapat merusak saraf neuropati perifer. Sehingga salah satu gejala yang muncul berupa kesemutan jari tangan.

Belum ditemukan cara mencegah agar tidak terjadi kerusakan akibat dari kemoterapi ini. Efek samping yang muncul ini bisa sementara maupun permanen.

  1. Konsumsi Alkohol Secara Berlebihan

Konsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat memicu terjadinya kerusakan saraf tubuh sehingga dapat menyebabkan jari tangan kesemuutan.

Selain itu muncul juga gejala-gejala lain seperti kejang, kram, melemahnya otot, sulit menelan makanan, terasa nyeri di kaki dan lengan, hingga kesemutan di lengan dan kaki.

  1. Terpapar Bahan Kimia atau Racun

Berbagai bahan kimia dan racun dapat membahayakan sistem saraf dana memicu terjadinya sejumlah gejala, salah satunya jari tangan mengalami kesemutan.

Bahan-bahan yang berbahaya bagi sistem saraf seperti:

  • Akrilamida, yaitu bahan kimia untuk keperluan industri
  • Logam berat, seperti arsen, merkuri, maupun timbal
  • Ethylene glycol
  • Hexacarbons yang terdapat dalam pelarut dan perekat
  1. HIV

Terinfeksi virus HIV juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi rusak. HIV juga emmengaruhi sistem saraf yang menyebabkan terjadinya kesmeutan, nyeri, hingga mati rasa di tangan dan kaki.

  1. Kekurangan Vitamin

Tubuh yang kekurangan vitamin bisa menyebabkan jari mengalami kesemutan. Maka penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang baik untuk saraf seperti vitamin B-6, B-12, B-1, dan vitamin E.

  1. Vaskulitis

Vaskulitis adalah kondisi terjadinya peradangan di pembuluh darah yang berpotensi terjadi gangguan aliran darah pada bagian tubuh tertentu. Saat aliran darah mengalami gangguan, maka bisa menyebabkan terjadinya kesemutan, mati rasa atau masalah saraf lainnya.

  1. Guillain-Barre Syndrome

Kelainan ini membuat sistem kekebalan tubuh justru menyerang sistem saraf seseorang. AKibatnya, akan muncul gejala awal berupa kesemutan. Namun, belum ditemukan penyebab pasti dari kondisi Guillain-Barre syndrome ini.

Selain itu, pemicu lain jari tangan kesemutan adalah karena kebiasaan sehari-hari yang buruk. Seperti kurangnya asupan makanan bergizi, posisi tidur yang salah, melakukan gerakan berulang dengan sering, dan konsumsi alkohol berlebihan. Jadi mulai sekarang, perhatikan gaya hidup Anda dan ubahlah menjadi lebih sehat. Temui dokter jika Anda mengalami berbagai keluhan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *